15 Cara Menjadi Content Writer Handal dan Profesional 2022

Share

Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara menjadi content writer? Pasalnya, profesi ini cukup banyak diminati oleh generasi muda. Terutama bagi Anda yang memiliki minat dan bakat di bidang kepenulisan.

Pergerakan digital yang semakin luas ini, membuat beberapa profesi baru bermunculan. Salah satunya content writer atau penulis lepas. Tujuannya sebagai salah satu penggerak serta pemilihan konten terbaik.

Baca juga : Pengertian, Jenis, dan Tugas Utama Content Writer

Apalagi berbagai kerja sama dalam hal pembuatan konten mengaitkan beberapa divisi. Salah satunya divisi marketing yang bergerak sebagai promotor dalam sebuah brand atau produk.

Inilah Cara Menjadi Content Writer yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin beberapa diantara kalian telah memiliki bakat tersendiri dalam dunia tulis menulis. Namun, sayangnya rasa tidak percaya diri seringkali mengikuti. Sehingga, Anda membutuhkan tips untuk dapat mengembangkannya dengan lebih baik.

Oleh karena itu, Anda dapat menyimak pembahasan cara menjadi content writer secara lengkap berikut ini :

1. Menjadi Content Writer Dengan Memiliki Tekad yang Kuat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang content writer handal dan professional adalah tekat. Sebab, keyakinan dan tekad yang kuat akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.

Jangan hanya karena Anda memiliki bakat di bidang kepenulisan, menjadikan profesi ini sebagai sampingan saja. Mungkin hal tersebut tidak sepenuhnya terlarang, tetapi jika penghasilan Anda di masa depan cukup baik, mengapa tidak mencobanya secara serius?

Pastikan Anda tidak melakukan pekerjaan ini hanya dalam kondisi mood saja. Sebab profesionalitas dan kehebatan seseorang dinilai berdasarkan kerja keras yang dilakukan dalam menggapai impian.

2. Pahami Penguasaan Niche Tulisan Content Writer

Meskipun Anda memiliki bakat dalam bidang kepenulisan, namun tentu terdapat beberapa tema yang benar-benar dikuasai. Hal tersebut bisa Anda jadikan acuan untuk memilih tema dominan.

Sehingga nantinya Anda akan lebih mudah dalam membahas terkait materi yang akan disampaikan. Hal tersebut juga akan memicu pembahasan lebih mengalir. Penguasaan ini membuat pembaca menjadi semakin paham dengan penjelasan yang Anda berikan

3. Kenali Gaya Bahasa Content Writer

Dalam dunia kepenulisan, terdapat yang namanya gaya bahasa. Untuk membuat pembaca mengenali siapa Anda, pastikan agar gaya bahasa dapat dipahami dengan mudah. Munculnya ciri khas yang membuat pembaca mau mengingat siapa Anda.

Misalnya, dalam sebuah konten dengan tema kecantikan. Bahasa yang Anda gunakan tentu lebih luwes dibanding pada konten dengan tema pendidikan atau hukum. Sehingga, ciri khas ini nantinya akan memunculkan mindset pembaca, siapa Anda dan bagaimana cara penyampaian yang Anda pilih.

4. Lakukan Kegiatan Membaca Sesering Mungkin

Keluwesan seseorang dalam mengolah kata saat menjadi content writer. Tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dari seberapa sering seseorang membaca. Sebab, dengan melakukan kegiatan membaca Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan.

Baca juga : Berapa Gaji Freelancer? Inilah 12 Perkiraan Berdasarkan Profesi

Tentunya bersamaan dengan gaya bahasa baru yang lebih ringan. Sehingga hal tersebut bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk membuat tulisan terbaru dengan pemilihan kata dan gaya bahasa yang lebih enak dibaca.

Selalu ingat bahkan, keberhasilan Anda sebagai seorang content writer sangat ditentukan dari pemahaman pembaca. Sebagus apapun tulisan yang dibuat jika tidak membuat pembaca memahami maksudnya, maka karya tersebut telah gagal di mata audiens.

5. Memunculkan Ide Fresh dan Menarik

Seringkali Anda menemukan banyak pembahasan ketika akan menulis sesuatu. Pasalnya hal tersebut mungkin saja membuat Anda merasa tidak lagi bersemangat sebab kalah start dengan kompetitor.

Namun, Anda tidak perlu merasa rendah hati. Gunakan beberapa toosl pendukung untuk menemukan topik terupdate dan cek kompetitor. Dengan begitu, Anda dapat melakukan analisa terkait topik dan kekurangan apa saja yang dimiliki.

Sehingga, Anda bisa menonjolkan sisi unik yang tidak ada pada kompetitor. Anda bisa mencari sudut pandang lain yang lebih friendly, dengan nada dan format yang berbeda. Selain itu, penambahan informasi lain akan membuat karya Anda lebih bernilai.

Analisis konten bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat SEO. Khususnya pada penggunaan keyword dan long-tail keyword. Anda juga bisa memanfaatkan headline generator untuk menemukan beberapa ide topik dalam waktu cepat.

6. Content Writer Tidak Boleh Lupa Untuk Melakukan Riset

Internet menyuguhkan banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dari mana saja. Sehingga, sebagai content writer Anda harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Terutama untuk keperluan riset dan analisa.

Cara riset yang benar harus Anda mulai dari konteks tulisan, serta format terhadap target audiens. Jika Anda memiliki kredibilitas informasi yang cukup populer, maka konten bisa saja meledak.

Anda bisa menyimpan berbagai catatan riset menggunakan alat online dengan akses mudah. Google search hack menjadi salah satu fasilitas untuk mempermudah proses riset. Terlebih penyimpanan bisa Anda lakukan pada beberapa tools seperti Evernote.

7. Membuat Outline yang Baik Merupakan Cara Menjadi Content Writer

Jika Anda bersungguh-sungguh ingin membangun karir sebagai content writer. Pastikan untuk konsisten membuat outline agar proses penulisan menjadi lebih ringkas. Selain itu, hal tersebut dapat meminimalisir blocking mind.

Baca juga : Rekomendasi 13 Pekerjaan Freelance Online di Era Digitalisasi

Cara untuk menuliskan outline secara efektif bisa dengan menjawab judul dan gagasan utama pada awal artikel. Jangan lupa beri pemahaman siapa saja target audiens yang Anda inginkan, serta rencana atau tujuan pembuatan.

Buat alur secara detail, mulai dari poin utama, pendapat, serta solusi akhir. Pastikan artikel memiliki materi yang akan menjawab pertanyaan audiens. Jika Anda bingung akan menyimpannya di mana, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Workflowy.

8. Menjadi Content Writer yang Mudah Beradaptasi

Untuk menjadi seorang content writer professional, Anda membutuhkan sikap mudah beradaptasi. Sebab, Anda akan berhadapan dengan lingkungan luar yang sangat luas. Maka, kemampuan ini harus Anda miliki sejak dini.

Kemudahan Anda dalam membuat konten atau materi yang sesuai dengan topik. Biasanya berasal dari cerita dan pengalaman seseorang. Sehingga, jika Anda mudah bergaul, untuk mendapatkan informasi terbaru bukanlah hal yang sulit.

9. Terbuka Terhadap Kritik dan Saran dari Content Writer Lain

Menjadi pribadi yang tidak takut untuk dikritik merupakan hal wajib untuk Anda miliki. Sebab, jika Anda hanya berpendapat kebaikan pada diri sendiri, ilmu kepenulisan tidak akan berkembang.

Pasalnya, dalam dunia kerja ini Anda membutuhkan peningkatan skill agar dapat mengikuti pergerakan media. Oleh karena itu, pastikan untuk mudah menerima terhadap kritik dan juga saran. Tanamkan saja bahwa hal tersebut sebagai salah satu bentuk untuk membuat Anda lebih berkembang kedepannya.

10. Menjadi Pribadi Tidak Mudah Bosan

Terkadang melakukan kegiatan rutin setiap harinya akan menimbulkan rasa bosan? Hal ini merupakan kategori wajar terutama bagi Anda pekerja. Namun, jangan sampai datangnya perasaan mudah bosan ini berlangsung lama.

Selain menurunkan produktivitas Anda terhadap bidang yang dikerjakan. Juga bisa mempengaruhi kestabilan Anda dalam bekerja. Oleh karena itu, meskipun sudah menekuni bidang sesuai dengan selera berdasarkan hobi. Pastikan Anda sudah memiliki cara untuk mengatasi perasaan bosan ketika tiba-tiba datang.

11. Menjadi Content Writer Butuh Ketelitian

Menjadi seorang content writer professional, tingkat ketelitian adalah penilaian utama. Sebab hal tersebut menjadi inti dari kualitas tiap individu. Selain itu, tingkat ketelitian akan membuat Anda lebih detail memasukkan informasi di dalam konten.

Anda bisa membaca ulang artikel atau konten yang sudah selesai dibuat. Kemudian, lakukan kroscek terhadap kosa kata maupun kesalahan tanda baca. Hal tersebut sangat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tulisan berbobot serta informasi relevan yang sesuai.

12. Disiplin Waktu

Menjadi content writer mengapa harus disiplin waktu? Bukankah profesi tersebut bisa dikerjakan di rumah dan bebas? Pertanyaan tersebut memang benar, tetapi jika Anda ingin membangun profesionalitas, maka menanamkan pada diri sendiri terkait kedisiplinan akan menjadi poin plus.

Baca juga : Rekomendasi 15 Aplikasi Bisnis Terbaik 

Terlebih hal ini akan berpengaruh pesat terhadap tingkat produktivitas Anda. Sehingga pekerjaan tidak akan tercecer. Dan Anda bisa mengatur waktu dengan lebih baik lagi setiap harinya.

13. Konsisten Menulis

Kunci utama untuk menjadi seorang penulis adalah dengan membiasakan diri membuat konten secara konsisten. Jika dalam bentuk tulisan, Anda bisa mencari berbagai informasi terkait bidang atau materi yang akan dijadikan konten.

Pastikan memilih topik yang unik dan menarik. Tentunya sesuai dengan kesenangan dan penguasaan terhadap materi. Sehingga tingkat konsistensi akan semakin bertambah apabila Anda mengerjakan sesuatu yang disukai.

14. Rajin Editing Ulang Kesalahan Pada Artikel

Melakukan editing merupakan salah satu hal wajib bagi Anda penulis lepas. Mengapa demikian? Sebab, hal tersebut menjadi salah satu penilaian seberapa tinggi tingkat kepahaman Anda terhadap materi dan juga kesalahan tanda baca.

Editing juga menjadi salah satu cara untuk meminimalisir konten kurang berkualitas. Seperti kesalahan tanda baca, typo, serta pemilihan kalimat kurang tepat. Oleh karena itu, pastikan untuk lebih berhati-hati dalam kepenulisan dengan melakukan editing.

15. Mau Mempelajari Banyak Hal Baru

Sebagai content writer, Anda tentu membutuhkan banyak wawasan yang luas. Sebab materi akan terus berkembang. Sehingga jika stuck pada satu pengetahuan saja akan membuat Anda mengalami ketertinggalan materi.

Beberapa hal baru yang bisa Anda pelajari cukup banyak. Mulai dari hasil riset kompetitor dan Anda lakukan analisa. Atau perkembangan teknologi yang membuat Anda ingin mempelajarinya untuk menambah wawasan dan ilmu baru.

Tertarik Menjadi Content Writer?

Beberapa cara menjadi content writer di atas hanya beberapa poin. Masih banyak pengetahuan dan aturan baru yang harus Anda miliki untuk membentuk profesionalitas. Namun tidak perlu khawatir, sebab semuanya bisa dipelajari.

Baca juga : 15 Situs Freelance Online Terbaik dan Menguntungkan 2022

Pastikan untuk mengambil karir dibidang ini sebab Anda menyukai dan ingin bekerja berdasarkan kenyamanan. Sebab, menjadi content writer bukanlah hal susah jika Anda merasa enjoy dan menikmatinya.

Untuk berbagai jenjang karir terbaru di era digital. Serta banyaknya informasi terkait perkembangan teknologi, bisnis, maupun tutorial. Pastikan untuk tetap mengikuti update terbaru hanya di tutorialae.

Tinggalkan komentar