4 Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel

Share

Ketika Anda mendapatkan tugas atau sedang membuat rencana laporan, tentu membutuhkan tabel data. Di mana, nantinya dibutuhkan penomoran secara urut.

Apabila harus mengetiknya dengan total cukup banyak tentu sangat merepotkan, oleh karena itu Anda membutuhkan cara membuat nomor urut otomatis di Excel.

Jika Anda sedang mencari bagaimana cara membuat nomor urut otomatis di Excel dengan mudah dan cepat agar tidak memakan waktu cukup lama. Maka, kali ini tutorialae akan membagikan setidaknya 4 cara yang bisa Anda ikuti.

Bagaimana Membuat Nomor Berurutan di Excel?

Untuk melakukan pekerjaan penomoran menjadi lebih mudah dan cepat, Anda bisa mengikuti beberapa cara yang akan tutorialae berikan berikut ini.

1. Membuat Nomor Berurutan di Excel Secara Manual

cara membuat nomor urut otomatis di Excel yang pertama adalah dengan menuliskan urutan angka secara manual satu persatu. Langkah ini sangat dasar bagi pemula yang baru mempelajari Excel maupun komputer.

Baca juga : Rekomendasi 12 Tools Terbaik Peningkat Produktivitas

Namun, jika Anda seorang pekerja terutama di bagian administrasi. Mengerjakan dengan cara ini tentu sangat melelahkan, oleh karena itu sebaiknya Anda hindari. Sebab, selain memakan waktu cara ini juga cukup melelahkan.

2. Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel dengan Fitur Autofill

Berikutnya, untuk lebih praktis dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan Anda dapat menggunakan fitur autofill sebagai salah satu cara membuat nomor urut otomatis di Excel.

Sebab, Anda hanya perlu mengetikkan satu atau dua nomor awalan pada tabel excel. Setelah itu, Anda bisa melakukan dragging ke bawah hingga nomor yang dikehendaki.

Cara ini paling banyak digunakan oleh pengguna excel sebab membuat penomoran otomatis di Microsoft excel.

Namun, jika pada saat mempraktikkannya Anda tidak bisa. Maka, Anda dapat menyalakan dulu fitur Autofill. Caranya dengan menggunakan tombol Auto Fill yang bisa Anda temukan pada group Editing di bagian tab Home.

3. Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel dengan Menu Fill

Bagaimana cara membuat penomoran otomatis dengan menu fill excel? Anda dapat menyimak langkah-langkahnya berikut ini :

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Rapi

  1. Pertama, Anda bisa menulis nomor awalan secara manual.
  2. Kemudian, Adna bisa mengklik tabel nomor awalan tersebut atau melakukan select cell
  3. Jika sudah, Anda dapat membuka tab Home
  4. Pilih Group Editing > Fill > Series
  5. Setelah itu, Anda akan ditampilkan Option Box > Series
  6. Apabila Anda ingin membuat penomoran otomatis ke bawah, maka Anda dapat memilih Columns. Namun, jika ingin membuat penomoran ke arah kanan maka dapat memilih Rows
  7. Klik type dengan pilihan Linear
  8. Pada bagian step value, default penomorannya adalah 1
  9. Pada bagian stop value, Anda dapat mengisi nomor terakhir yang diinginkan. Misalnya adalah 1000
  10. Klik Ok, maka otomatis penomoran urut bisa Anda dapatkan pada tabel excel.

Menggunakan cara membuat nomor urut otomatis di Excel dari menu Fill akan memudahkan Anda dalam mengerjakan laporan. Sehingga pekerjaan bisa selesai dengan cepat.

4. Cara Menggunakan Rumus Excel Dalam Penomoran Otomatis

Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan rumus excel SUM dalam membuat penomoran otomatis. Lantas bagaimana cara menggunakan rumus SUM?

Poin ini sebenarnya merupakan gabungan dari Autofill. Di mana Anda nantinya akan membuat awalan nomor kemudian mengetikkan rumus di tabel kedua. Setelah itu, baru dragging hingga nomor yang diinginkan.

Caranya sebagai berikut :

  1. Ketikkan nomor 1 pada kolom A1
  2. Jika sudah, klik kolom A2 dan masukkan rumus (=) kemudian Anda arahkan kursor pada kolom A1
  3. Jika sudah, maka Excel akan membaca rumus dan fungsi akan berubah menjadi (=A2)
  4. Apabila Excel pada kolom A2 sudah berubah biru yang menunjukkan rumus bekerja. Anda bisa menambahkan (+1) dibelakang rumus.
  5. Sehingga nantinya rumus akan menjadi (=A2+1)
  6. Jika pada kolom rumus Anda sudah melihat perubahan ini, maka Anda bisa menekan Enter
  7. Maka otomatis angka 2 akan muncul.
  8. Berikutnya, Anda bisa melakukan dragging dari nomor 2 atau A2 hingga nomor urut yang diinginkan.
  9. Selesai

Penutup

Cara membuat nomor urut otomatis di Excel sangat mudah, bukan? Anda bisa memilih beberapa langkah di atas untuk menerapkannya saat membuat penomoran pada Microsoft excel.

Baca juga : Tutorial Input Data di Excel Otomatis

Pastikan Anda memahami detail prosesnya sehingga pelaksanaannya menjadi lebih mudah. Kini pekerjaan atau tugas laporan yang membutuhkan banyak penomoran bisa Anda kerjakan dengan cepat.

Jangan lupa untuk terus mengikuti Tutorialae sebagai salah satu situs yang memberikan informasi penting mengenai perkembangan teknologi, bisnis, dan pengembangan diri. Semoga informasi di atas membantu dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar