5 Cara Mudah Berinvestasi Bagi Calon Investor Pemula

Share

Mengetahui cara mudah berinvestasi dapat membuat langkah calon investor pemula menjadi lebih gampang. Pasalnya dengan mengikuti trend invest di era saat ini dapat membuat Anda memiliki gaya hidup produktif.

Saat ini untuk melakukan sebuah investasi pada perusahaan tidak hanya dilakukan oleh golongan orang dewasa saja. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya demografi anak muda yang turut andil dalam perkembangan ekonomi di bidang investment.

Pada tahun 2020 lalu, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) memiliki data dengan catatan jumlah Single Investor Identification (SID) mencapai 3,87 juta investor. Jumlah ini mengalami peningkatan drastis dari data tahun sebelumnya.

Baca juga : Kenali 8 Jenis Investasi Paling Menguntungkan

Perkembangan teknologi memiliki dampak baik dalam pergerakan ekonomi Indonesia. Pasalnya,cukup banyak anak muda mulai menelisik cara mudah berinvestasi sejak dini. Hal ini dilakukan dengan tujuan bebas finansial di masa mendatang.

Pandungan Cara Mudah Berinvestasi Bagi Pemula

Apabila Anda adalah salah satu dari banyaknya pemuda yang mulai ingin terjun dalam dunia invest. Pastikan untuk mempelajari panduan berikut ini :

1. Memahami Konsep dan Resiko yang Bisa Terjadi

Cara mudah berinvestasi pertama yang wajib Anda pahami adalah mengenal konsep dan resiko. Setiap keputusan yang diambil tentu saja memiliki resiko. Namun, jika anda memahami konsepnya dengan baik, maka resiko dapat diminimalisir.

Dalam sebuah investasi, hasil yang didapat tidak selalu mengalami kenaikan. Sebab, nilai dari invest tergantung pada nama baik dan prospek kerja perusahaan. Jika perusahaan melakukan kinerja dengan baik, maka harga saham akan melonjak.

Anda juga perlu memahami konsep investasi dengan baik. Mulai dari mencari profit perusahaan selama 5 tahun terakhir, hingga prospek kedepannya. Hal ini akan membawa dampak baik jika analisis Anda tepat.

2. Memiliki Tujuan yang Jelas

Dalam mempelajari cara mudah berinvestasi, pastikan Anda sudah memiliki tujuan yang jelas. Langkah ini akan membuat Anda semakin teliti dalam menganalisis perusahaan. Sehingga, dalam beberapa periode target finansial Anda akan terpenuhi.

Selain itu, cara ini akan membuat langkah Anda semakin terarah dengan strategi yang jelas. Jika masih bingung karena pemula dalam bidang ini, Anda bisa mengambil perusahaan yang bergerak cepat dengan mengambil invest jangka pendek.

Baca juga : Begini 8 Cara Investasi Emas Agar Untung Maksimal

Pada sebuah investasi sendiri terdapat pembagian target waktu bagi investor. Jangka pendek akan memudahkan investor mendapatkan pengembalian dana dalam waktu kurang dari 3 tahun. Hal ini tentu berbeda dengan jangka menengah dan panjang.

Pada invest jangka menengah, biasanya dana dikumpulkan dalam kurun 3-5 tahun. Namun, bagi investor yang sudah berpengalaman, umumnya memilih prospek jangka panjang. Target finansialnya didapat setelah lebih dari 5 tahun.

3. Cara Mudah Berinvestasi dengan Menentukan Instrumen

Cara mudah berinvestasi selanjutnya yaitu menentukan instrumen. Penentuan instrumen ini disesuaikan dengan time horizon dari tujuan keuangan dan resiko profil. Dimana time horizon ini sangat berpengaruh pada penilaian risiko suatu instrumen.

Pengelompokan risiko berdasarkan time horizon sendiri sesuai dengan penjelasan sebelumnya, yaitu tujuan keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang. Cara ini terbilang efektif untuk penilaian instrumen.

Meskipun begitu, Anda juga wajib untuk tetap memperhatikan profil risiko. Pastikan untuk selalu mengisi lembar risiko setiap akan melakukan investasi. Kategorinya sendiri dibagi menjadi investor konservatif, moderat, dan agresif.

4. Buka Rekening Sekuritas

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, cara mudah berinvestasi yang tidak boleh tertinggal adalah pembukaan rekening sekuritas.  Sebab, rekening ini nantinya yang akan Anda gunakan untuk berinvestasi di pasar modal.

Pembukaan rekening dapat dilakukan secara online maupun offline. Namun, beberapa perusahaan mengharuskan calon nasabah untuk datang ke lokasi. Beberapa perusahaan sekuritas yang dapat ditemui adalah Mandiri, BRI, dan Philips.

Syarat untuk pengajuan rekening juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti data pribadi dan rekening bank. Pembukaan awal rekening sekuritas pada beberapa perusahaan mulai dari Rp. 100.000.

5. Cara Mudah Berinvestasi dengan Pelaksanaan Secara Teratur

Terjun di dunia investasi, Anda harus menyisihkan uang secara disiplin untuk hasil memuaskan kedepannya. Cara mudah berinvestasi ini terbilang cukup efektif. Apalagi jika menggunakan strategi dollar cost averaging (DCA).

Baca juga : Rekomendasi Investasi Emas Digital yang Aman dan Mudah

Prinsip ini dilakukan dengan secara berkala setiap bulan. Biasanya hal ini dilakukan oleh investor yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pengecekan setiap hari. Sehingga analisis dilakukan sebulan sekali.

Selain itu juga terdapat beberapa jenis strategi lain. Namun, apapun jenis strategi yang dipilih, pastikan untuk tetap mengevaluasi hasil kinerja minimal 3-6 bulan sekali. Cara mudah berinvestasi ini dapat memberikan hasil memuaskan jika dilakukan secara rutin.

Penutup

Untuk Anda yang baru ingin terjun ke dalam dunia investasi. Pastikan mengikuti setiap cara mudah berinvestasi yang telah kami jelaskan secara detail di atas.

Tutorialae akan terus membagikan informasi terbaru mengenai financial, teknologi, dan beberapa tips lengkap untuk memudahkan audiens. Oleh karena itu, jangan lupa untuk terus mengikuti update terbaru dari situs resmi tutorialae.com.

Tinggalkan komentar