5 Cara Mudah Membuat Artikel SEO Friendly untuk Pemula

Share

Artikel SEO Friendly akhir-akhir ini menjadi perbincangan banyak penulis. Tidak heran, karena prinsip penulisan SEO membuat mesin pencari dapat mengenali isi artikel dengan cepat. Bagusnya, artikel kita bisa berada pada rekomendasi pencarian utama.

Jika ingin membuat website atau blog Anda ramai dikunjungi banyak orang, mempelajari Artikel SEO Friendly adalah solusi tepat. Lantas apa yang harus Anda lakukan untuk mulai mempelajari SEO? Sebelum itu, simak penjelasan mengenai pengertian SEO berikut ini!

Pengertian Artikel SEO Friendly

Artikel SEO friendly merupakan artikel yang dibuat sesuai dengan aturan algoritma google terbaru untuk menarik pembaca. Membuat artikel SEO tentu tidak cukup dengan menulis artikel yang baik saja.

Baca juga : 7 Tips Menulis Artikel Menarik untuk Pemula

Anda perlu memastikan riset keyword, keyword density, judul, sub-judul, serta gambar yang ada dalam artikel Anda benar-benar teroptimasi dengan baik.

Meskipun penerapannya terbilang sulit, hasil dari penulisan SEO ini tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, trafik pengunjung terus mengalami kenaikan. Lalu bagaimana cara menulis artikel SEO yang baik? Berikut Penjelasannya!

Cara Mudah Membuat Artikel SEO Friendly

Inilah cara mudah membuat artikel seo friendly yang dapat Anda terapkan

1. Melakukan Riset Kata Kunci

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat artikel seo friendly yaitu melakukan riset kata kunci. Riset ini untuk mendapatkan keyword yang paling banyak dicari oleh pembaca. Pastikan bahwa keyword yang Anda pilih sesuai dengan niche website.

Pemilihan kata kunci sesuai dengan niche bertujuan agar website Anda tetap konsisten. Selain itu, website dengan niche yang konstan akan memudahkan pembaca untuk menghafal. Sehingga pembaca lebih mudah mencari website Anda kembali dengan tema yang sama.

2. Artikel SEO Friendly Harus Memahami Intent Pembaca

Intent merupakan informasi yang dicari pengguna pada google. Bahkan, salah satu faktor penilaian SEO google diambil dari intent pengguna. Oleh karena itu, penting bagi penulis artikel memahami intent pembaca sebelum mengeksekusi tulisan.

Baca juga : Rekomendasi 10 SEO Tools Terbaik Gratis Terbaik

Mendapatkan intent pembaca, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Google. Anda hanya perlu meneliti pembahasan yang paling sering muncul pada topik yang dicari. Kemudian, Anda dapat melakukan rewrite dengan tema yang sama tetapi dengan judul yang lebih spesifik.

3. Buat Artikel Fokus Pada satu Topik

Penggunaan artikel yang fokus pada satu topik merupakan salah satu cara menulis artikel seo friendly. Selain itu, penulisan artikel akan memudahkan pembaca mendapatkan informasi lebih detail.

Dalam penulisan website, penentuan suatu topik dapat membuat satu artikel dengan artikel lain berhubungan. Menggunakan internal atau eksternal link, akan membuat artikel Anda lebih mudah dikenal. Selain itu, dari pihak Google jadi lebih mengerti struktur website Anda.

4. Gunakan Internal dan Eksternal Link

Pada sebagian blogger dan pemilik website, internal dan eksternal link bukan lagi hal asing. Penggunaan link ini dapat membuat pembaca lebih mudah untuk mencari artikel bersangkutan. Selain itu, penggunaan internal link dalam SEO akan memudahkan Google untuk memahami konteks artikel pada website kita.

Internal link merupakan link yang mengarah pada artikel lain dalam satu website yang sama. Sedangkan eksternal link mengarah pada website halaman lain. Biasanya link eksternal untuk menampilkan data berupa fakta, atau kerjasama antar blogger.

5. Density Keyword Wajib Ada di Artikel SEO

Density keyword merupakan persentase penyebutan kata kunci dari jumlah kata dalam satu artikel. Umumnya persentase paling bagus berada pada 1-2%. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengulangan kata terlalu banyak di dalam artikel.

Baca juga : Cara Daftar Google News untuk Blogger Terbaru 2022

Penggunaan kata kunci dalam artikel juga perlu diatur agar menjadi SEO. Dalam judul artikel, kata kunci wajib ada. Selain itu, pada 160 kata paragraf pertama, jika terdapat kata kunci maka akan menjadi poin bagus dalam penilaian SEO artikel.

Setelah mengikuti pembahasan cara mudah membuat artikel seo friendly diatas. Apakah Anda memutuskan untuk mulai belajar banyak mengenai SEO? Jika iya, Anda dapat menerapkan cara-cara di atas sambil terus banyak berlatih dan mengikuti update terbaru dari tutorialae.com terkait blogging.

Tinggalkan komentar