7 Tips Menulis Artikel Menarik Untuk Pemula

Share

Tips menulis artikel sangat penting diketahui di jaman sekarang. Khususnya untuk para content writer ataupun yang berkeinginan menjadi seorang penulis artikel. Lalu bagaimanakah cara untuk menulis artikel yang baik dan menarik ?

Artikel merupakan sebuah rangkaian kalimat yang disusun untuk menyampaikan suatu informasi tertentu. Beberapa orang juga berkesempatan menyampaikan opini dalam artikel yang dibuat.

Oleh karena itu penting mengetahui tips menulis artikel yang menarik, agar tujuan penulisan dapat tersampaikan dengan baik.

Tips Menulis Artikel yang Menarik untuk Pemula

Menulis artikel bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya dalam membuat sebuah artikel agar terlihat menarik, terdapat beberapa tips yang harus dipelajari.

Baca juga : 6 Cara Mendapatkan Uang dari Blog untuk Pemula

Bagi Anda yang baru memulai belajar menulis artikel, berikut 5 Tips Menulis Artikel Menarik yang dapat Anda jadikan referensi :

1. Memilih Topik yang Menarik

Tips menulis artikel pertama yang harus ketahui pemula adalah memilih topik. Dalam sebuah artikel, pemilihan topik yang menarik akan memberikan nilai plus. Selain itu, topik juga penting diperhitungkan untuk menggolongkan niche artikel.

Sebelum memilih topik, Anda disarankan untuk melakukan observasi. Hal ini bertujuan agar artikel yang Anda buat memiliki dasar yang kuat. Selain itu, memilih topik yang selaras dengan hobi atau passion akan memudahkan Anda untuk membuat artikel lebih bernilai.

2. Perbanyak Referensi

Referensi selalu diperlukan sebelum kita memutuskan membuat artikel. Karena referensi dapat memberi gambaran informasi apa yang dapat kita sampaikan.  Anda dapat mencari referensi dari banyak hal, mulai dari buku, website, jurnal maupun informasi elektronik lainnya.

3. Perhatikan Format Penulisan

Tips menulis artikel selanjutnya yang perlu diketahui pemula adalah format penulisan. Pasalnya, masih banyak penulis yang kerap mengabaikan ketentuan penulisan satu ini. Padahal standar penulisan artikel harus disesuaikan dengan permintaan klien.

Beberapa format yang umum dipakai dalam penulisan artikel yaitu menggunakan jenis teks calibri. Selain itu, masih terdapat format lain seperti justify, ukuran font pada judul, sub-judul, dan H3. Di mana format penulisan ini merupakan hal dasar yang harus pemula ketahui.

4. Gunakan Bahasa yang Santai tapi Sopan

Bahasa santai dan sopan menjadi ciri penulisan artikel yang disukai banyak orang. Pemilihan tata bahasa yang ringan seperti ini dapat membuat pembaca kecanduan. Apalagi jika dalam kalimat pembuka awal disisipi beberapa kata menarik.

5. Sisipkan Foto Pada Artikel

Jarang diketahui oleh kebanyakan penulis. Menyisipkan foto pada artikel dapat menambah poin ketertarikan pembaca. Pasalnya dengan menambahkan foto, membuat para pembaca dapat memiliki gambaran mengenai artikel yang akan dibaca.

Baca juga : Cara Meningkatkan Soft Skill di Era Digitalisasi 2022

Dalam hal ini, menambahkan foto pada artikel yang Anda buat dapat menjadi pilihan yang tepat.  Tetapi jangan lupa untuk tetap memiliki foto dengan kualitas yang bagus.

Anda juga harus mencantumkan link jika foto yang Anda tampilkan dalam artikel di dapat dari google.

6. Buat Artikel Menjadi Beberapa Sub-bab

Salah satu tips menulis artikel berikutnya adalah membuat artikel menjadi beberapa sub-bab. Hal ini akan memudahkan pembaca memahami masing-masing poin yang disampaikan.

Sebab, pembaca dapat langsung fokus pada poin-poin artikel tanpa harus membaca narasi yang terlalu panjang.

7.  Cek Plagiasi

Pengecekan plagiasi merupakan SOP dasar sebelum artikel diterbitkan. Tujuan dari pengecekan ini untuk menghindari klaim bahwa artikel yang dibuat merupakan hasil copy-paste.

Jika hasil pengecekan artikel Anda unique 100%, maka artikel yang Anda buat telah lolos plagiasi.

Baca juga : Cara Membuat Jadwal Post Artikel di WordPress 2022

Bagi penulis pemula yang ingin melakukan pengecekan plagiasi. Anda bisa menggunakan beberapa tools gratis seperti smallseotools, duplichecker, dan prepostseo. Jangan lupa untuk melakukan editing kembali jika hasil yang keluar belum unique 100%.

Nah itu tadi beberapa tips menulis artikel menarik bagi pemula yang dapat Anda terapkan. Jangan lupa untuk terus melatih skill menulis Anda agar semakin berkembang.

Anda dapat menerapkan tips-tips di atas sambil mempelajari ilmu-ilmu kepenulisan terbaru tentunya hanya bersama tutorialae.com.

Tinggalkan komentar