Site icon tutorialae.com

9 Tips Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah Cukup Lama

Share

 

Selama pandemi Anda tentu membutuhkan tips tetap produktif saat bekerja di rumah. Sebab, sistem perusahaan yang mengharuskan WFH terkadang membuat jadwal dan cara kerja menjadi berantakan. Namun, tidak perlu khawatir sebab selalu ada solusi dari permasalahan yang tengah terjadi.

Jadwal kerja yang tidak teratur, terkadang membuat Anda menjadi bingung mengatur waktu. Pasalnya beberapa perusahaan tidak mengharuskan karyawan untuk bekerja dengan jam yang sama seperti ketika on site. Banyak yang memberikan waktu luang kepada pekerja dengan tujuan lebih produktif dalam melakukan tugas.

Tidak masalah jika pekerjaan dilakukan dengan berlibur. Asalkan deadline tepat waktu dan hasil sesuai dengan keinginan. Mungkin terdengar simpel, namun sistem kerja seperti ini mengharuskan Anda untuk lebih produktif agar kinerja tidak mengalami penurunan.

Peningkatan produktivitas adalah cara atau langkah Anda untuk terus berkembang dan bekerja dengan baik meskipun diberlakukan sistem work from home. Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti tips tetap produktif saat bekerja di rumah sehingga potensi kerja tidak mengalami penurunan.

Inilah Langkah Cerdas Tips Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah

Melakukan pekerjaan dari rumah dengan suasana yang berbeda. Tentu membuat Anda bingung bagaimana mengatur dan menyesuaikan diri agar lebih fokus dan tetap konsisten melakukan pekerjaan.

Beberapa langkah berikut ini dapat Anda jadikan gambaran agar bekerja dari rumah menjadi sebuah profesi menyenang baik selama pandemi maupun setelah pagebluk tersebut hilang.

1. Membuat To Do List

Tips tetap produktif saat bekerja di rumah yang pertama dan terbukti efektif adalah membuat to do list. Cara ini akan memacu produktifitas sebab memberi pemahaman kepada Anda terkait tugas harian.

Dengan membuat to do list harian, otak akan otomatis terproses untuk mengerjakan tugas agar segera selesai. Sehingga, pastikan untuk memperhatikan poin ini jika ingin aktivitas kerja Anda selama di rumah tetap produktif seperti di kantor.

Selain itu, melakukan to do list akan membuat Anda memiliki gambaran terkait kebutuhan waktu untuk mengerjakan. Anda juga bisa memasang timer agar dapat melakukan perkiraan di project berikutnya.

2. Konsisten Terhadap Jam Kerja

Tetap produktif di masa pandemi, harus Anda tekankan agar tidak menurunkan persentase kerja selama di rumah. Hal ini sedikit banyak juga menjadi penilaian tersendiri bagi perusahaan. Jika melihat kinerja Anda menurun, maka hal buruk bisa saja terjadi seperti pemberian teguran terkait kinerja selama beberapa waktu terakhir.

Oleh karena itu, tips tetap produktif saat bekerja di rumah lain yang dapat Anda coba adalah membuat jam kerja yang konsisten. Meskipun tidak sepenuhnya seperti ketika bekerja on site, Anda dapat membuat jam kerja sendiri untuk menyelesaikan tugas.

Pasalnya, nilai produktivitas Anda terlihat dari seberapa cepat dan tanggap dalam memberikan respon terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab. Semakin cepat dan hasil yang diperoleh bagus, maka hal tersebut menjadi kesempatan bagi Anda untuk dapat naik ke jenjang karir lebih tinggi lagi.

3. Membatasi Sosial Media Selama Mengerjakan Project

Sosial media saat ini memang seperti gaya hidup setiap orang. Anda bisa memperoleh berbagai informasi penting di sana. Namun, tidak jarang juga nilai fungsi ini disalahgunakan dengan pembuatan konten kurang berkualitas. Hal tersebut tentu saja kembali pada pribadi masing-masing dalam menyaring setiap konten yang ada.

Beberapa orang juga menggunakan sosial media sebagai media untuk memberikan hiburan. Tetapi, Anda harus memberi batasan ketika terdapat pekerjaan atau project yang menjadi tanggungjawab. Sebab, menggunakan sosial media terlalu lama dapat menghambat Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Tips Tetap Produktif saat Bekerja di Rumah dengan Memiliki Skala Prioritas

Setelah membuat to do list, Anda akan memiliki gambaran pekerjaan apa yang harus Anda prioritaskan. Hal ini membuat pekerjaan Anda menjadi lebih terinci. Sehingga, tidak lagi khawatir terhadap beberapa tugas yang mungkin bertabrakan.

Tips tetap produktif saat bekerja di rumah yaitu dengan memberikan prioritas terhadap jenis pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal seperti deadline, tingkat urgent tugas, dan seberapa banyak kebutuhan terkait waktu untuk mengerjakannya.

5. Beri Jeda Pekerjaan

Menjadi produktif tidak melulu tentang pekerjaan dan project. Anda juga membutuhkan jeda atau waktu rehat untuk mengembalikan energi positif. Terlalu lama bekerja dengan aktivitas monoton setiap harinya, dapat menghambat pertumbuhan cara berpikir. Selain itu, hal tersebut juga membuat Anda menjadi cepat bosan.

Tips tetap produktif saat bekerja di rumah bisa Anda lakukan bersamaan dengan liburan. Berada pada suatu tempat dengan suasana yang berbeda akan menumbuhkan perasaan bahagia. Mood yang terbentuk secara tidak langsung akan memberikan energi baik terhadap pekerjaan.

6. Dengarkan Kalimat Inspiratif Ketika Merasa Lelah

Mencari motivasi untuk meningkatkan semangat kerja merupakan tips tetap produktif saat bekerja di rumah yang sangat efektif. Sebab, sering kali Anda merasa lelah dan jenuh dengan beban kerja setiap harinya. Namun, dengan mendengarkan kalimat inspiratif, pikiran Anda akan kembali terbuka bahwa apa yang Anda keluhkan bisa jadi merupakan suatu kebutuhan bagi banyak orang.

7. Membuat Ruang Kerja Pribadi agar Lebih Produktif

WFH mungkin terdengar enak dan menguntungkan. Tetapi sayangnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar sebab Anda akan semakin repot dalam mengatur suasana dan bagaimana ruang kerja yang nyaman.

Tips tetap produktif saat bekerja di rumah dapat Anda lakukan dengan membentuk ruang kerja pribadi. Tidak harus membangun sebuah ruang khusus. Anda bisa memanfaatkan meja kamar dengan desain sedemikian rupa untuk membentuk suasana kerja nyaman dan sejuk.

Tidak bisa dianggap sepele, pasalnya tempat kerja yang mendukung juga sangat berpengaruh terhadap produktivitas pekerjaan. Ketika nyaman dan merasakan ketenangan, Anda akan lebih fokus mengerjakan project meskipun dari rumah.

8. Menjaga Mood

Suasana hati seseorang memberi pengaruh sangat besar terhadap efektivitas pekerjaan yang dilakukan. Oleh karena itu, untuk produktif pastikan mood Anda terjaga dengan baik. Sehingga, suasana ini tidak akan merusak daily activity pekerjaan.

9. Memastikan Kebersihan Ruang Kerja dan Kesehatan Tubuh

Setelah membentuk ruang kerja yang nyaman dan sesuai kebutuhan. Pastikan untuk selalu membersihkan lokasi sehingga tidak merusak suasana dan mood hati. Anda bisa melakukan aktivitas bersih-bersih sebelum memulai pekerjaan.

Selain itu, perlu Anda pahami bahwa membentuk produktivitas sebagai seorang pekerja tidak bisa Anda samakan dengan cara menjadi produktif bagi pelajar. Sebab, pada anak sekolah fokus utamanya hanya pada pekerjaan tugas sekolah, sedangkan Anda berefek terhadap mata pencaharian.

Baca juga : Cara Meningkatkan Soft Skill

Rekomendasi Jenis Pekerjaan agar Tetap Produktif di Rumah

Melakukan pekerjaan dari rumah mungkin terkesan membosankan. Namun, jika Anda dapat mengatur waktu dan kegiatan selama di rumah maka jenis pekerjaan ini sangat menjanjikan. Selain hemat dari segi akomodasi transport, tingkat stress yang dimiliki juga tidak sebesar pekerja kantoran.

Jika Anda ingin memulai karir dengan bekerja dari rumah. Berikut beberapa jenis pekerjaan WFH yang direkomendasikan dan dapat Anda coba.

1. Content Creator

Rekomendasi pekerjaan WFH yang banyak dilakukan beberapa anak muda sekarang adalah content creator. Berbekal rasa percaya diri untuk tampil di depan layar, pekerjaan ini dapat memberi keuntungan kepada Anda.

Selain gaji yang ditawarkan besar, Anda bisa menikmati berbagai pengalaman dan pengetahuan baru. Sebagai content creator tips tetap produktif saat bekerja di rumah dapat Anda lakukan sambil liburan.

2. Desainer Grafis

Pekerjaan sebagai seorang desainer tidak mengharuskan Anda untuk datang ke kantor. Perkembangan teknologi membuat peluang kerja atau bisnis desain dapat dilakukan secara online. Melalui berbagai media seperti email, maupun kontak sosial media.

3. Bekerja Produktif dari Rumah dengan Menjadi Blogger

Bagi beberapa orang, pekerjaan blogger mungkin terlihat biasa saja. Namun, jika Anda menekuni dengan sungguh-sungguh. Menjadi blogger bisa memberikan Anda banyak keuntungan. Seperti gaji dalam bentuk dollar, Anda juga mendapatkan ilmu dan informasi terbaru.

4. Reseller

Jika belum bisa membuka bisnis karena modal belum mencukupi. Anda bisa mendaftarkan diri menjadi reseller pada sebuah brand. Pekerjaan ini cukup mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal besar.

5. Web Development

Perkembangan teknologi, membuat seorang web development diburu banyak pihak. Terutama perusahaan startup yang sedang mengembangkan nama dan juga brand. Anda bisa menawarkan jasa secara online dan memilih pekerjaan full remote dengan deadline pengerjaan yang sudah menjadi kesepakatan bersama.

Pekerjaan dari rumah setelah era pandemi, memiliki banyak peminat. Pasalnya, Anda tidak perlu bepergian dan hanya berbekal alat pokok seperti laptop dan juga wifi. Namun, ketika merasa jenuh dan lelah dengan pekerjaan harian, pastikan Anda mengikuti tips tetap produktif saat bekerja di rumah agar sistem kerja tetap stabil dan memberikan hasil maksimal kepada client.

Exit mobile version