Apa itu Programming ? Pengertian dan Penjelasanya

Share

Apa itu programming ? merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang-orang yang baru saja atau mau terjun ke dunia IT atau Teknologi. Akhir-akhir mendengarkan kata programming sangat popularitas di kalangan anak zaman sekarang atau yang bisa disebut generasi Z. kebanyakan dari anak generasi sekarang sangat tertarik terjun ke dunia programming karena beberapa pekerjaan di bidang tersebut gajinya sangat besar dan beberapa juga tertarik untuk terjun langsung ke dunia pemrograman karena mereka ingin membuat startup sendiri. 

programming

Apa itu Programming ?

Pada postingan ini, tutorialae.com akan menguraikan tentang programming dan memahami penggunaannya dan beberapa tips menjadi programmer

Programming secara garis besar 

“Programming adalah cara untuk “menginstruksikan komputer untuk melakukan berbagai tugas ” 

Masih bingung ?  mari kita definisikan satu persatu dari istilah diatas 

Simplenya programming itu adalah sebuah proses membuat atau ,merangka perintah perintah yang akan dijalankan atau diinstruksikan ke komputer sehingga jika semua sudah disatukan akan lahir sebuah aplikasi android, aplikasi desktop, web, dsb.

Selanjutnya bagaimana cara memulai Belajar programming ? Untuk membuat program diperlukan beberapa tools programming yang kita gunakan untuk proses penulisan, pengujian, dan revisi sampai sebuah program dapat berjalan sesuai kemauan yang kita inginkan. 

Baca juga: 6 Penghasilan Sampingan Programmer

Seperti halnya bahasa komunikasi sehari-hari seperti bahasa inggris, bahasa spanyol dll. Bahasa pemrograman juga mempunyai beberapa bahasa pemrograman untuk programming 

Bahasa Pemrograman Populer pada tahun 2022

1. Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang populer yang dibuat pada tahun 1995 yang diciptakan oleh James Gosling. Java sendiri dikembangkan oleh Oracle dengan pengguna lebih dari 3 milyar device yang berjalan menggunakan bahasa pemrograman java 

Java biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi mobile(android), aplikasi desktop, aplikasi web, game, dan masih banyak lagi. 

2. Python 

Python juga merupakan bahasa pemrograman yang populer akhir dekade ini karena kemudahannya untuk dipelajari dan sangat simple untuk di implementasikan. Python merupakan bahasa pemrograman open source yang berarti python dapat dijalankan secara gratis dan dapat digunakan untuk aplikasi komersial. Python dapat berjalan pada Mac, Windows dan Unix System(Linux). 

3. C++ 

C++ adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup at Bell Labs circa pada tahun 1980. Sama seperti Java C++ termasuk bahasa pemrograman yang berorientasi object. Hampir sama dengan bahasa pemrograman C namun C++ sangat kompatibel dari pada bahasa pemrograman C. C++ sendiri banyak digunakan untuk pembuatan Sistem Operasi seperti Linux, Aplikasi Desktop, dan Game.

4. Javascript 

Berbeda dengan Java,Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis script yang berjalan di browser dan dapat juga berjalan pada local environment  dengan Node JS. dengan Javascript Anda dapat membuat Website lebih Interaktif dan dengan Node  JS Anda dapat membuat webserver sendiri.

5. PHP

Tidak kalah berbeda dengan javascript, PHP juga merupakan bahasa pemrograman scripting untuk pengembangan web. PHP sendiri diciptakan pada tahun 1994 oleh Rasmus Lerdorf dari Denmark. Perbedaan yang signifikan dari PHP dan Javascript adalah code PHP yang telah dibuat akan dijalankan pada server sedangkan javascript dapat berjalan di server dan browser.

Kenapa harus belajar Programing ? 

Selanutnya, setelah mengetahui banyak tentang programing, ada sebuah pertanyaan yang harus dijawab yaitu kenapa kita harus belajar Programming ?

Berikut adalah manfaat mempelajari bahasa pemrograman :

Programing is Fun : Ya tentunya belajar pemrograman sangat menyenangkan, Anda dapat membuat game, startup, toko online, aplikasi canggih, website dan mesin pencari seperti google. Dari mana menyenangkan belajar pemrograman ? Sekarang Bayangkan jika Anda dapat menguasai sebuah bahasa pemrograman selanjutnya Anda dapat membuat game dan game tersebut Anda Upload ke playstore, terlebih lagi ada ribuan atau bahkan jutaan yang mengunduh hasil karya tersebut. Sangat menyenangkan bukan ? 

Pondasi dari Perusahaan Teknologi : Akhir dekade ini perusahaan teknologi sangat ramai diperbincangkan di Indonesia. Banyak startup-startup bermunculan setiap tahun di indonesia seperti tokopedia, bukalapak, Sayur Box, dan masih banyak lagi. Lantas siapa yang membuat aplikasi tersebut ? tentunya adalah seorang programmer. Jadi tidak usah ragu lagi untuk belajar bahasa pemrograman karena lapangan kerja sangat luas dan banyak dicari di perusahaan. 

Gaji yang tinggi : Kabar baik bagi kalian yang sedang belajar atau sudah menguasai bahasa pemrograman karena sebagian besar pekerjaan sebagai programmer memiliki gaji yang sangat relevan. Dikutip dari website id.indeed.com gaji rata-rata programmer di Indonesia kisaran  Rp. 4.473.414 perbulannya. Sudahkah tertarik untuk belajar programming 

Penutup 

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dari programming dan kenapa Anda harus belajar Programming. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa share konten-konten bermanfaat dari kami. 

5 pemikiran pada “Apa itu Programming ? Pengertian dan Penjelasanya”

Tinggalkan komentar