8 Bahasa Pemograman Populer Yang Wajib dipelajari di tahun 2022

Share

Seiring berjalanya waktu teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat. Banyak teknologi-teknologi baru terlahir dari berbagai bahasa pemograman. Lantas bahasa pemograman mana yang paling layak untuk dipelajari pada tahun 2022 ?

Seperti yang bisa dilihat, permintaan tenaga kerja di bidang IT atau software development terus meningkat setiap tahunya. mengutip dari bls.gov pekerjaan di bidang pemograman akan meningkat sebesar 21% pada tahun 2028. Selain itu jumlah orang yang tertarik untuk belajar bahasa pemograman juga meningkat setiap tahunya.

Pada artikel ini akan membahas 8 bahasa pemograman yang populer di tahun 2022!

1. Python

Python dapat dikatakan sebagai bahasa masa depan pemograman. berdasarkan stastik terbaru python merupakan bahasa pemograman yang sering digunakan oleh developers. kehadiran library yang sangat banyak menjadikan python mendukung berbagai aspek seperti kecerdasan buatan, data science, dan machine learning. sebagai pemula python sangat direkomendasikan untuk dipelajari karena kemudahan penulisan syntaknya dan open source.

salah satu kelebihan dari javascript adalah :

  1. mudah untuk dipelajari
  2. mudah untuk diimplementasikan
  3. Support untuk dukungan IoT, AI, dan machine learning
  4. Free dan opensource

2. Javascript

Saat ini Javascript adalah salah satu bahasa pemogrman “frontend” untuk merancang aplikasi web lebih interaktif. Contoh implemantiasi javascript adalah ketika Anda mengklik tombol yang akan membuka sebuah popup

Saat ini, banyak organisasi atau startup yang menggunakan Node.js, yang memungkinkan script javascript dapat berjalan di sisi server untuk menghasilkan halaman web dinamis sebelum halaman ditampilkan pada sisi client. Javascript menjadi bahasa pemograman terlpopuler karena pembuatan aplikasi web sekarang dapat menggunakan javascript baik dari sisi server maupun client.

  1. Mudah dipelajari
  2. Mudah untuk dikembangkan
  3. Tidak membutuhkan resource memory yang besar
  4. support untuk semua kebutuhan(frontend, backend, IoT, dan Desktop)

3. Java

Sampai sekarang ini Java masih menjadi bahasa pemograman yang paling populer.

Meskipun namanya hampir sama seperti javascript, Java merupakan bahasa pemograman yang berbasis object orientasi yang telah menjadi standart untuk aplikasi yang dapat berjalan di windows, Mac, Linux, Android. dll). Seperti yang sudah dijelaskan javascript sendiri merupakan scripting languange, sedangkan Java merupakan salah satu bahasa pemograman yang berbasis object.

Java juga banyak sering digunakan pada pengembangan aplikasi android. Hampir semua aplikasi android yang ada di Google playstore menggunakan. Ini akan memberikan peluang yang besar bagi Anda yang ingin mempelajari Java untuk menjadi Mobile developers.

Keuunggulan bahasa pemograman Java:

  1. Mudah untuk dikembangkan
  2. Bersifat multiplatform
  3. Bahasa pemograman yang berorientasi object
  4. Library/ perpustakaan yang lengkap

4. Go

Selanjutanya bahasa pemograman yang tidak kalah populer adalah Go yang biasa disebut Golang merupakan bahasa pemograman yang dikembangan oleh Google pada tahun 2007 yang memiliki kelebihan dari sisi kecepatan,  keandalan dan skalabilitas. Berkat stuktur dan sintakisnya yang sederhana dan modern Go menjadikan salah satu bahasa pemograman yang populer di 2022.

Beberapa kelebihan Golang :

  1. Mudah untuk dipelajari
  2. Lebih cepat secara performance
  3. Memiliki concurrency

5. C/C++

C dan C++ merupakan bahasa pemograman tertua. hampir semua sistem seperti sistem operasi(windows, linux, mac) ditulis menggunakan bahasa C/C++. Jika Anda ingin membuat sistem Operasi sendiri kami sarankan Untuk mempelajari C/C++..

C/C++ juga banyak digunakan oleh programmer karena peformanya yang sangat cepat dan stabil. Dengan adanya dukungan yang library dan kecepatanya menjadikan C/C++ bahasa yang populer di kalangan programmer hingga saat ini.

Beberapa kelebihan dari C/C++ adalah:

  1. memiliki skalabilitas yang baik
  2. mudah untuk dipelajari
  3. Eksekusi yang lebih cepat
  4. Bahasa yang dapat dijalankan pada semua sistem operasi

6. C#

berbeda dari C/C++, C# merupakan bahasa pemogoraman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# banyak digunakan untuk pemgoraman backend, membuat game(unity) dan membuat aplikasi desktop. Jika Anda ingin membuat aplikasi dekstop sebaiknaya Anda belajar C#.

berikut adalah kelebihan dari bahasa C#:

  1. Memiliki keamanan tingkat tinggi
  2. Banyak Library untuk digunakan seperti .NET
  3. Sering digunakan untuk aplikasi bisnis atau enterprise

7. Kotlin

Sama halnya seperti Java Kotlin juga merupakan bahasa pemograman berorientasi object yang dikembangkan oleh JetBrains pada tahun 2011.

Kotlin sendiri sering digunakan untuk pembuatan aplikasi Android saat ini. Hak ini karena manfaat yang diberikan seperti ringkas, cepat dan aman.

Selain itu, sifatnya yang interoperability membuat deveoper bisa beralih dari java ke kotlin dengan cepat.

Kelebihan dari Kotlin adalah :

  1. Lebih ringkas dibandingkan Java
  2. Kode yang digunakan Kotlin lebih Aman
  3. Mudah untuk dipelajari

8. PHP

Bahasa pemograman yang tidak kalah populer selanjutnya adalah PHP. sama halnya seperti javascript PHP adalah scripting languange yang dibuat pada tahun 1990. beberapa programmer beranggapan mempelajari PHP merupakan hal yang sangat penting, terutama di indonesia. Karena hampir 80% situs web atau aplikasi dikembangan menggunkan bahasa PHP.

PHP sering digunakan untuk menulis code dari sisi server, tetapi developers juga dapat menggunakan bahasa PHP ini untuk pengembangan aplikasi dekstop juga.

Sama halnya seperti python, PHP sendiri merupakan bahasa pemograman yang mudah untuk dipelajari oleh pemula. selain mudah untuk dipelajari komunitas PHP juga sangat ramai, sehingga jika Anda mempelajari PHP akan sangat mudah untuk mendapatkan dukungan dan jawaban atas kesulitan yang dialami.

Keunggulan dari bahasa pemograman PHP adalah :

  1. Bersifat Opensource
  2.  Lebih fleksibel
  3. Memiliki Community yang besar
  4. Mudah dipelajari

 

Tinggalkan komentar