Begini 8 Cara Investasi Emas Agar Untung Maksimal

Share

Cara investasi emas agar untung seringkali dicari oleh beberapa orang. Pasalnya memiliki passive income di era digitalisasi saat ini sangat penting untuk dilakukan. Terutama dengan cara investasi yang tepat, utamanya dalam bentuk emas.

Tindakan investasi sendiri bertujuan untuk menjamin masa depan lebih baik dengan kepemilikan dana darurat. Teknik sederhana dari konsep ini adalah dengan membeli produk investasi pada saat harga rendah, dan menjualnya ketika harga telah naik.

Baca juga : Kenali 8 Jenis Investasi Paling Menguntungkan

Melakukan investasi mungkin saja terkesan menyeramkan. Tetapi ketika Anda mampu mempelajarinya dengan bijak. Bentuk investasi emas ini dapat menjadi alternatif sebab bentuknya likuid serta tidak mudah tergerus inflasi.

Cara Investasi Emas Agar Untung

Jika Anda ingin mulai mendapatkan passive income dengan cara investasi. Maka, investasi emas online dapat menjadi pilihan. Beberapa cara investasi emas agar untung dapat Anda simak dengan lengkap pada pembahasan berikut ini :

1. Pilih Jenis Investasi Emas yang Tepat

Mengapa Anda harus memilih investasi emas dengan tepat? Sebab, emas fisik yang umum diminati memiliki dua jenis. Pertama Anda dapat menjumpainya dalam bentuk Batangan atau logam mulia, berikutnya yaitu jenis perhiasan.

Namun, jika Anda ingin memanfaatkannya sebagai media investasi jangka panjang. Memilih logam mulia adalah pilihan paling tepat. Pasalnya, harga emas perhiasan cenderung mengalami penurunan harga ketika Anda menjualnya kembali.

2. Melihat Pergerakan Pasar

Meskipun emas merupakan salah satu jenis investasi menguntungkan dengan persentase kenaikan di tiap tahunnya. Namun, harga ini bersifat fluktuatif. Sehingga, terdapat pergerakan harian dari grafik penjualan.

Baca juga : Rekomendasi 13 Tools Digital Marketing Terbaik 2022

Salah satu cara investasi emas agar untung yaitu dengan sering melihat pergerakan pasar. Hal ini sangat berfungsi dalam melakukan estimasi keuntungan yang mungkin Anda dapatkan dari hasil investasi ini. Selain itu, Anda juga bisa menentukan kapan waktu paling tepat untuk melakukan penjualan.

3. Investasi Dengan Rutin

Berikutnya, Anda bisa melakukan investasi secara rutin agar jumlah emas semakin bertambah. Berbagai platform saat ini memberikan fasilitas menabung emas untuk memudahkan calon investor mendapatkan emas yang diinginkan.

Anda bisa melakukannya dengan cara membuka akun tabungan emas digital. Di mana harganya sangat terjangkau dan variative. Bahkan, calon investor bisa melakukan minimal pembelian 1 gr untuk logam mulia atau Batangan.

Jika Anda tabungan telah mencapai batas yang diinginkan, Anda bisa menukarnya dengan emas logam mulia secara fisik. Caranya cukup mudah sebab banyak platform mulai memberikan fasilitas ini. Namun meski begitu, tetap pastikan bahwa platform tersebut telah terdaftar resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Perhatikan Kadar Emas dan Harga Terkini

Tentu bukan hal asing lagi apabila mendapati Emas dengan jumlah karat yang berbeda. Untuk mendapatkan keuntungan besar dari harga jual emas yang Anda miliki, maka mencari tahu berapa kadar emas beserta harga terkini adalah pilihan tepat.

Sebab, jika Anda mengetahui berapa estimasi harga jual terkini. Akan minim sekali potensi penipuan terjadi. Pasalnya sekarang ini, penipuan berkedok jual emas secara instan sangat marak terjadi, terutama dengan penawaran yang lebih rendah.

5. Perhatikan Jarak Beli dan Jual

Emas menjadi salah satu bentuk investasi jangka panjang yang banyak diminati oleh sebagian orang. Pasalnya, jenis ini bisa memberikan keuntungan cukup besar apabila Anda menyimpan investasi sekitar 5-10 tahun.

Sehingga dalam konsep investasi emas agar untung, Anda sangat wajib menentukan jangka waktu yang tepat. Sebab, periode perhitungan ini menjadi faktor yang akhirnya mempengaruhi nilai keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

6. Lakukan Perbandingan Harga Emas

Untuk mendapatkan keuntungan lebih besar daripada saat membelinya. Salah satu cara membuat Emas memberikan nilai keuntungan lebih adalah dengan membandingkan harganya terlebih dahulu pada beberapa toko emas.

Baca juga : Rekomendasi Investasi Emas Digital yang Aman dan Mudah untuk Pemula

Konsep ini mengajarkan Anda untuk tidak tergesa-gesa dalam melakukan penjualan. Tujuannya agar nilai investasi semakin besar, sehingga keuntungan pun meningkat. Anda bisa menanyakan harga per 1 gram emas kepada berbagai toko terlebih dahulu. Jika dirasa harga mencukupi, maka menjualnya juga tidak menjadi masalah.

7. Melakukan Penjualan di Toko yang Sama Saat Membeli

Anda juga bisa melakukan investasi emas agar untung maksimal ini apabila menerapkan sistem jual beli dengan tepat. Salah satunya yaitu dengan melakukan penjualan pada toko awal yang gunakan untuk membelinya.

Sebab, kios telah memiliki pemahaman tersendiri dari karakteristik emas yang dimiliki. Selain itu, penjualan juga akan dibuktikan dengan adanya berkas atau surat resmi pembelian.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki sebuah emas. Pastikan bahwa keseluruhan surat dan nota pembelian juga lengkap untuk pengecekan start pembelian. Sehingga pihak toko akan lebih mudah menerima, dan perhitungan keuntungan Anda dapat segera dilakukan.

8. Lakukan Penyimpanan dengan Aman

Mengapa Anda disarankan untuk mencari lokasi aman dan strategis dalam melakukan penyimpanan? Sebab emas merupakan sebuah benda yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan aman seperti lemari yang memiliki kunci sehingga tidak bisa terbuka kecuali menggunakan alat tersebut.

Namun sebenarnya langkah penyimpanan ini lebih terkesan jadul. Hal ini juga memiliki nilai minus apabila jumlah emas yang dimiliki cukup banyak. Sehingga, Anda bisa mempertimbangkan beberapa lokasi penyimpanan lain yang lebih kuat dan aman.

Beberapa rekomendasi tempat penyimpanan sebagai berikut :

a. Brankas

Mungkin lemari adalah tempat strategis ketika menyimpan emas di dalam rumah. Tetapi sayangnya dari segi penjagaan dan sistem keamanan, lemari kurang begitu bisa diandalkan. Pasalnya, benda satu ini sangat mudah terdobrak oleh perampok atau beberapa orang lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari tempat dengan bahan dasar cukup kuat.

Baca juga : Rekomendasi 5 KTA Online Proses Cepat

Salah satunya adalah bahan baja yang bisa Anda temukan pada benda brankas. Di mana, era saat ini keberadaan brankas cukup penting bagi banyak orang. Sebab, brankas memiliki sistem keamanan dan tingkat pembobolan yang cukup sulit.

b. Gadai Emas

Solusi lain dari penyimpanan emas dengan lokasi aman adalah pada gadai emas. Anda bisa menitipkannya pada sebuah perusahaan ini untuk kemudian ditebus. Langkah ini dapat menjadi solusi apabila Anda ingin berlibur tetapi takut dengan sistem keamanan emas di dalam rumah.

c. Safe Deposit Box (SDB)

Safe Deposit Box atau yang bisa disebut sebagai SBD merupakan layanan penyimpanan barang berharga yang keberadaannya disediakan langsung oleh beberapa bank. SBD ini dapat Anda sewa dengan harga serta luas bervariasi sesuai kebutuhan calon pengguna.

Mengapa harus Safe Deposit Box? Sebab, peralatan satu ini lebih kuat dan aman apabila Anda gunakan sebagai brankas dalam rumah. Meski begitu, Anda juga wajib melakukan pembaharuan sewa SDB setiap tahunnya kepada bank.

Investasi Emas Agar Untung?

Beberapa pembahasan di atas merupakan rangkuman yang telah Tutorialae pelajari secara maksimal. Di mana, konsep cara investasi emas agar untung sangat berbanding lurus dengan tujuan awal pelaksanaan investasi.

Baca juga : 12 Layanan Pinjaman Online Bunga Rendah Terpercaya

Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih apabila memahami bagaimana poin jual beli dengan benar, sistem pengelolaan aset, tujuan berinvestasi, dan penyesuaian kebutuhan terhadap emas.

Sehingga, pastikan untuk mempelajari konsep berinvestasi secara tepat dan akurat lebih dahulu sebelum terjun langsung. Selain itu, pastikan untuk mengikuti setiap perkembangan terbaru dari pembahasan mengenai bisnis, financial, teknologi, dan juga tips and trik bersama Tutorialae.

Tinggalkan komentar