Berapa Gaji Freelancer? Inilah 12 Perkiraan Berdasarkan Profesi!

Share

Bagi pemula yang baru terjun dalam dunia kerja lepas, barangkali sering bertanya-tanya berapa gaji freelancer? Sebab, secara kalkulasi nilainya tidak bisa ditentukan sama secara keseluruhan.

Hal tersebut dikarenakan tiap perusahaan memiliki pembagian dana yang berbeda. Selain itu, hal tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, Anda perlu pahami bahwa gaji freelancer di Indonesia cukup besar meskipun nilainya tidak bisa dibandingkan dengan pekerja lepas dari luar negeri.

Freelance sendiri merupakan salah satu pekerjaan fleksibel yang banyak disukai oleh generasi milenial. Salah satu faktornya karena pekerjaan lebih banyak sesuai passion. Sehingga, pekerja lepas menjadi lebih enjoy dalam mengerjakan proyek.

Inilah Kisaran Gaji Freelancer Berdasarkan Profesi

Melihat minat dunia kerja dengan sistem online atau work from home semakin meningkat. Beberapa perusahaan bahkan memberikan kelonggaran pegawai untuk menjadi seorang freelancer.

Namun, perlu dipahami bahwa kemungkinan sistem kerja akan sangat berbeda dengan on site. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum memutuskan untuk benar-benar mengambil project freelancer berjangka lama. Anda harus memahami terlebih dahulu kinerja dan sistem yang ada di perusahaan.

Jika Anda masih bingung terkait berapa gaji freelancer. Berikut ini kami telah merangkaum beberapa gaji berdasarkan profesi seorang pekerja lepas yang dapat Anda jadikan ancuan.

1. Freelancer Programmer

Bagi Anda yang sedang berusaha menjadi seorang programmer, mungkin sering dibuat bingung berapa gaji freelancer programmer. Pasalnya, profesi ini menjadi salah satu bidang yang banyak dibutuhkan di era digitalisasi.

Apalagi perkembangan teknologi yang semakin meluas. Tentu saja minat dan kemudahan menemukan pekerjaan pada bidang ini menjadi lebih mudah. Namun, bukan tidak mungkin untuk mencoba memulai karir dengan menjadi pekerja lepas.

Baca juga : 6 Penghasilan Sampingan Programmer di 2022

Pada persaingan informasi dan marketing saat ini, membuat web developer dan programmer menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan. Untuk sistem gaji, biasanya akan diberikan berdasarkan proyek yang berhasil dikerjakan.

Umumnya untuk pemula, Anda bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 4 jutaan per bulan. Namun, besaran nilai ini dapat terus bertambah sesuai dengan skill yang dimiliki. Terlebih pada kesepakatan bersama klien.

Memulai pendapatan sebagai pemula dengan nilai Rp. 4 juta tentu sangat baik. Apabila Anda terus mengasahnya dengan baik dan menjadi seorang programmer senior.

Perusahaan tidak akan segan memberikan kisaran gaji lebih dari Rp. 10 juta perbulannya. Hal tersebut, tentu membutuhkan effort dengan minimal pengalaman 3-5 tahun.

2. Freelance Content Writer or Copy Writing

Profesi berikutnya yang banyak diminati oleh kalangan muda saat ini adalah content writer atau copywriter. Secara konsep dan cara kerja kedua bidang tersebut sebenarnya tidak bisa disamakan.

Namun, bagi Anda pecinta dunia tulis menulis, menjalani profesi tersebut dapat dipertimbangkan. Content writer akan fokus pada pembuatan artikel untuk kebutuhan content pada pencarian seperti google dan firefox.

Namun, copywriting fokus utamanya lebih kepada pengiklanan. Anda akan diminta untuk membuat rangkaian kalimat menarik dengan tujuan soft selling pada media atau produk tertentu. Sebab, tujuannya adalah menawarkan brand, pengenalan perusahaan, atau penjualan.

Meskipun inti kerja dari keduanya tidak sama. Selisih gaji yang diterima tidak begitu jauh. Sebab sistem freelance perhitungan gaji berdasarkan jumlah proyek yang dikerjakan. Anda bisa mengkalkulasikannya dari total proyek yang ada.

Namun, secara perhitungan umum per bulannya. Setiap penulis lepas bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 2 hingga Rp. 4 jutaan setiap bulannya. Penetapan ini tetap dipengaruhi oleh berbagai faktor.

3. Videografer atau Editor Video

Perluasan konsep konten untuk kebutuhan upload di sosial media saat ini, membuat berbagai profesi baru terbentuk. Beberapa contohnya adalah fotografer, videographer, maupun editor freelance.

Pengembangan profesi ini berdasarkan pada kebutuhan konten media sosial yang semakin bertambah. Biasanya gaji untuk freelance videographer dan sejenisnya ini berdasarkan proyek yang berhasil diselesaikan.

Perkiraan fee yang bisa didapatkan adalah Rp. 1 juta hingga Rp. 5 jutaan per proyeknya. Hal tersebut tergantung dari kualitas editan, dan kepuasan pelanggan. Semakin baik skill yang Anda miliki sebagai editor video, maka klien tidak akan segan untuk memberikan gaji dalam rate besar.

4. Digital Marketer

Jika Anda memiliki skill public speaking yang bagus. Pandai bernegosiasi dan memiliki aura memikat dalam memasarkan sebuah brand atau produk. Maka, memulai profesi sebagai freelancer digital marketer dapat Anda coba.

Baca juga : Rekomendasi 13 Pekerjaan Freelance Online di Era Digitalisasi

Sistem kerja freelance kebanyakan secara daring atau online. Lantas bagaimana sistem gaji yang diberikan? Biasanya tergantung pada kesepakatan awal atau tanda tangan kontrak awal yang telah dilakukan.

Digital marketer memiliki konsep kerja berbeda dengan beberapa freelance lain. Sebab, jenis pekerjaan ini tidak bisa hanya dikerjakan satu atau dua hari saja. Membutuhkan banyak effort hingga mencapai titik keberhasilan tertentu.

Untuk gaji, secara umum nilainya mencapai Rp. 2,5 juta hingga Rp. 10 juta. Perkiraan ini berdasarkan pada skill dan keberhasilan Anda dalam menjalankan proyek.

5. Desainer dan Illustrator

Mempunyai hobi menggambar bukan tidak mungkin untuk membangun karir sebagai pekerja lepas. Pasalnya, di perkembangan era saat ini desainer dan ilustrator menjadi kebutuhan banyak perusahaan.

Bahkan, Anda bisa menjual hasil karya yang telah dibuat kepada klien dari berbagai negara. Untuk sistem gaji, Anda harus mulai memberikan standar jika sudah terjun cukup lama dan memiliki portofolio sangat baik.

Sebab nilai fee yang akan diterima akan bergantung pada jenis desain dan juga kualitas. Biasanya, komisi seorang desainer dan ilustrator sekitar Rp. 3 hingga Rp. 5 jutaan setiap bulannya.

6. Memulai Kerja Freelance Sebagai Data Entri

Penduduk Indonesia mungkin menjadi salah satu pekerja lepas data entri terbanyak dalam bidang freelance. Terlebih pada generasi muda yang masih bingung untuk mencari pekerjaan tetap.

Sebab, konsep pengerjaannya sendiri terbilang mudah bagi Anda yang terampil mengoperasikan laptop atau PC. Keterampilan yang perlu Anda miliki sebenarnya hanya terkonsep pada Microsoft Excel dan beberapa aplikasi input data lainnya.

Untuk Anda yang tertarik memulai karir sebagai freelancer data entri. Kisaran gaji yang bisa Anda dapatkan adalah 10 hingga 30 dollar. Nilai ini tergantung pada seberapa banyak data yang berhasil Anda kerjakan. Bahkan, pekerjaan ini sering melakukan penawaran dengan perhitungan gaji per jam pengerjaan.

7. Analis dan Konsultan Bisnis

Apakah Anda salah satu lulusan manajemen bisnis? Maka, belajar memulai karir sebagai freelance analis dan konsultan dapat menambah portofolio Anda dalam dunia kerja. Bahkan penawaran gaji dari perusahaan tidak bisa dikatakan rendah.

Namun, setiap pekerjaan tentu tergantung pada kualitas dan hasil yang berhasil Anda selesaikan. Untuk mendapatkan gaji dalam jumlah besar, pastikan Anda memiliki skill sesuai dengan nilai fee yang akan Anda peroleh.

Pada kalkulasi umum, besaran gaji analis dan konsultan bisnis mencapai Rp. 100 jutaan per tahunnya. Jadi, apakah memulai freelancer analis dan konsultan bisnis sudah membentuk mindset Anda untuk mencobanya?

8. Data Scientist

Jika Anda masih baru dalam dunia digitalisasi, mungkin mengenal profesi data scientist belum begitu familiar. Namun, pada kenyataannya profesi ini terus mengalami perkembangan setiap tahunnya.

Tidak hanya pada dunia kerja nyata, menjadi seorang freelancer juga bisa Anda rasakan. Pasalnya, konsep profesi ini menyuguhkan bidang pengolahan data dengan basis digital kepada klien. Tentunya pekerjaan tersebut tidak sedikit.

Hal ini sesuai dengan kisaran gaji yang bisa Anda dapatkan. Profesi data scientist ini cukup tinggi berdasarkan perhitungan fee per proyek. Kisarannya mencapai Rp. 12 juta.

9. Admin Sosial Media

Bukan hal asing lagi jika mengetahui sosial media terus mengalami kemajuan. Pasalnya, berbagai perusahaan induk terus melakukan inovasi terhadap aplikasi buatannya tersebut.

Hal ini membuat profesi admin sosial media muncul dan banyak menjadi incaran. Khususnya bagi pemilik toko online yang tidak bisa mengontrol usahanya di sosial media. Secara konsep pekerjaan ini tidak berbeda jauh dari konsep marketing atau promosi.

Baca juga : 8 Cara Menjadi Freelancer Online Pemula Terbaru

Namun, untuk mengisi waktu luang dan meningkatkan kreativitas. Anda bisa membangun karir sebagai admin sosial media untuk menambah portofolio. Kisaran gajinya kurang lebih Rp. 700 ribu hingga Rp. 2,5 juta per bulan. Tentunya pekerjaan ini bisa Anda lakukan di rumah dan tidak perlu ngantor.

10. Translator atau Penerjemah

Memiliki skill berbahasa yang bagus, bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh penghasilan. Salah satunya dengan menjadi translator atau penerjemah. Biasanya profesi ini banyak menjadi incaran khususnya pada bahasa Internasional seperti Bahasa Inggris, mandarin, dan spanyol.

Jika memiliki salah satu dari beberapa jenis bahasa tersebut. Anda dapat membangun karir dengan gaji cukup besar. Sebab, perkembangan era saat ini Anda bisa mendapatkan gaji penerjemah mencapai Rp. 6 juta hingga Rp. 11 juta rupiah per bulannya.

11. Perencana Keuangan

Memiliki skill akuntan yang baik, juga bisa Anda manfaatkan untuk menjadi freelancer perencana keuangan. Cara kerjanya tidak begitu susah jika Anda memahami konsep keuangan secara menyeluruh.

Sebab, nantinya Anda akan mendapat permintaan dari klien untuk mengevaluasi seluruh data keuangan klien. Mulai dari perhitungan hutang, besar pendapatan, berapa total kepemilikan aset, serta pemberian saran terbaik dari segi financial planning kedepannya.

Progress pekerjaan ini sangat baik. Sebab, biasanya perusahaan besar selalu membutuhkan penasehat keuangan untuk memastikan pengelolaan administrasinya berjalan dengan baik.

Memiliki tanggung jawab cukup besar sebab menyangkut data keuangan. Menjalani profesi sebagai perencana keuangan akan memberikan keuntungan sangat besar. Hingga saat ini data tercatat pendapatan perencana keuangan mencapai nilai Rp. 1 miliar per tahun.

12. Voice Over

Akhir-akhir ini mungkin Anda sering menemukan lowongan kerja freelance sebagai voice over atau pengisi suara. Bidang pekerjaan ini biasanya menjadi incaran perusahaan iklan, film, maupun content creator dengan niche tertentu.

Sistem penawaran gaji oleh perusahaan biasanya sesuai dengan jumlah kata. Jadi, semakin banyak kata yang sesuai dan berhasil terekam. Akan terhitung sebagai fee untuk Anda.

Nilainya memang tidak begitu besar bagi pemula. Namun, jika Anda sudah menjadi seorang voice over professional, mendapatkan 100 dollar per 100 kata bukan lagi hal tidak mungkin.

Penutup

Beberapa data berdasarkan pertanyaan berapa gaji freelancer di atas mungkin saja sudah mendapat pembaharuan. Mengingat banyaknya kebutuhan profesi dalam lingkup teknologi di era digitalisasi saat ini.

Baca juga : 15 Situs Freelance Terbaik dan Menguntungkan 2022

Bagi anak muda mungkin hal tersebut dapat menjadi poin positif. Sebab, dapat mengaplikasikan ilmu dengan sistem kerja fleksibel. Tentunya dengan gaji yang cukup besar untuk seseorang yang melakukan pekerjaan dari rumah.

Jadi bagaimana, sudah memiliki cita-cita untuk memulai karir sebagai freelancer? Tentunya dengan kisaran gaji yang telah di sebutkan di atas. Namun sebelum itu, pastikan untuk terus upgrade skill dan ikuti informasi digital terbaru dari tutorialae.

Satu pemikiran pada “Berapa Gaji Freelancer? Inilah 12 Perkiraan Berdasarkan Profesi!”

Tinggalkan komentar