Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Rapi di Microsoft Word

Share

Cara membuat daftar isi otomatis sering menjadi topik pencarian khususnya bagi beberapa mahasiswa di semester akhir. Pasalnya, meski terlihat sepele jika Anda harus mengerjakan satu persatu dalam pembuatan kolom, hal tersebut tentu sangat melelahkan.

Sedangkan dalam membuat makalah atau skripsi saja, Anda sudah lelah. Oleh karena itu, untuk meminimalisir waktu Anda dapat mengikuti beberapa tips dan trik mudah untuk dilakukan. Salah satunya dengan mengikuti cara membuat daftar isi otomatis.

Mengenal Daftar Isi Dalam Sebuah Karya Tulis

Daftar isi merupakan urutan dari banyaknya bab di dalam sebuah karya tulis. Di mana tujuannya untuk memudahkan pembaca dalam memahami struktur kepenulisan.

Biasanya di dalam sebuah skripsi atau karya tulis, umumnya daftar isi terletak pada halaman depan setelah cover. Tujuannya untuk memudahkan pembaca segera menemukan poin of view dari topik yang Anda bahas.

Cara membuat daftar isi otomatis saat ini bisa Anda ketahui dengan mudah melalui media sosial. Anda hanya perlu ketelitian dan kesabaran untuk mengikuti setiap step by step-nya.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Setelah memahami daftar isi dalam sebuah karya tulis maupun skripsi. Sekarang Anda dapat mempraktikkan cara membuat daftar isi otomatis dengan mudah dan cepat. Beberapa langkah yang dapat Anda ikuti sebagai berikut :

1. Membuka Microsoft Word

Langkah pertama untuk membuat daftar isi yaitu dengan membuka halaman word terlebih dahulu. Kemudian, Anda dapat memilih dokumen mana yang akan dibuat daftar isi.

Mempersiapkan langkah ini sangat penting. Sebab jika tidak terdapat dokumen Anda tidak akan bisa membuat daftar isi yang baik dan cepat. Jangan lupa untuk memastikan, file untuk daftar isi sudah Anda siapkan dengan baik dan hanya perlu mengikuti step berikutnya.

2. Buat Judul dan Sub judul Pada Dokumen

Selanjutnya, Anda dapat membuat sub judul dan judul pada halaman kosong di microsoft word. Jika Anda telah memiliki sebuah dokumen, maka tidak perlu untuk membuat judul dan sub judul ulang.

Namun, apabila ingin mencoba melakukan cara membuat daftar isi otomatis sebagai pembelajaran. Maka pastikan untuk membuat judul dan sub judul pada dokumen untuk memudahkan proses pembuatan.

3. Blok Judul dan Sub Judul

Setelah melakukan pembuatan atau menyiapkan dokumen dengan judul dan sub judul. Langkah selanjutnya adalah melakukan blok pada setiap bagian yang harus ada di dalam daftar isi makalah, karya tulis maupun skripsi.

Pada masing-masing jenis PC atau laptop mungkin langkah melakukan blok berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti langkah sesuai dengan kebiasaan penggunaan.

Biasanya cara blok dilakukan dengan select atau klik langsung pada kata atau kalimat.

4. Memilih Heading Sesuai dengan Judul atau Sub Judul

memilih heading microsoft

Cara membuat daftar isi otomatis berikutnya yaitu dengan melakukan pemilihan heading sesuai judul maupun sub judul makalah. Heading 1 biasanya digunakan untuk judul utama. Heading 2 untuk subjudul, sedangkan heading 3 untuk sub-sub judul.

Anda juga dapat mengatur model ataupun tipe heading sesuai keinginan. Di mana, Anda harus memastikan pemilihan ini berdasarkan kesesuaian model terhadap jenis kepenulisan karya ilmiah maupun skripsi.

5. Ulangi Langkah ke-empat Pada Tiap Judul atau Sub Judul

membuat sub heading

Setelah melakukan proses pembuatan heading pada bab awal. Anda dapat mengulangi hal yang sama pada bab-bab berikutnya. Hal ini sangat bermanfaat dalam membentuk daftar isi secara runtut.

Tetapi, jika Anda melakukan proses ini secara manual, maka kelemahan yang terjadi yaitu pengeditan juga dilakukan satu persatu. Berbeda dengan cara membuat daftar isi otomatis.

Anda dapat merombak tanpa merusak tatanan sebelumnya dengan mudah dan lebih cepat. Sehingga, tidak banyak waktu terbuang pada proses saat membuat makalah.

6. Pilih Halaman Kosong Setelah Cover

blank page

Jika keseluruhan sub judul telah aktif pada semua heading. Anda dapat memilih halaman kosong yang biasanya di letakkan di bawah cover. Hal ini untuk memudahkan menemukan halaman.

Baca Juga : Tutorial Input Data Excel Otomatis

Selanjutnya, cara membuat daftar isi skripsi dapat Anda lakukan dengan menambahkan halaman kosong. Caranya cukup mudah yaitu dengan memilih pada menu insert.

Anda dapat memilih fitur Blank Page pada bagian kiri dan halaman baru. Kemudian, pada page yang saat ini Anda kerjakan akan muncul dengan sendirinya.

7. Klik Referensi Pada Menu Bar

Setelah berhasil menambahkan halaman kosong. Cara membuat daftar isi otomatis selanjutnya Anda dapat memilih fitur referensi yang berada di menu bar. Anda dapat mengekliknya dua kali.

8. Kemudian, Klik Table of Content dan Pilih Format yang Diinginkan

 

daftar isi di microsoft word

 

Setelah Anda klik fitur referensi, pada ujung kiri akan terdapat sebuah icon bertuliskan Table of Content. Anda dapat memilih icon tersebut dan menemukan beberapa referensi format daftar isi. Sebaiknya Anda pilih model yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Biasanya, dalam cara membuat daftar isi otomatis format Automatic Table 1 atau Automatic Table 2 merupakan pilihan yang banyak dipakai. Dengan begitu, Microsoft secara otomatis dan cepat akan menampilkan daftar isi berdasarkan data yang telah Anda tulis sebelumnya.

9. Klik Update Table Jika Ingin Melakukan Perubahan

Jika setelah hasil keluar masih terdapat kekurangan data. Anda dapat melakukan perubahan kembali pada daftar isi yang telah dibuat. Caranya dengan memilih bagian update table yang tertera pada kotak di bagian atas kiri.

Setelah di klik Anda harus memilih antara update page numbers only or update entire table. Jika Anda hanya ingin melakukan update pada nomor halaman yang salah, maka dapat memilih update page numbers only.

Namun, jika keseluruhan bagian daftar isi ingin di update ulang. Anda dapat memilih opsi update entire table

10. Atur Format Tulisan

format penulisan daftar isi

Biasanya hasil dari automatic daftar isi memiliki format tulisan Calibri. Sedangkan pada penulisan karya tulis ilmiah maupun laporan, Anda sering kali memilih jenis format Times New Roman.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir berlebih. Proses pembuatan daftar isi dapat dilakukan secara ulang dengan melakukan update kembali.

Caranya cukup mudah dan cepat. Anda hanya perlu blok keseluruhan daftar isi, kemudian pilih bentuk tulisan dan ukuran sesuai kebutuhan. Hal ini juga berlaku pada format lain yang ingin di ubah.

11. Teliti Kembali Pada Masing-masing Bagian

Jika keseluruhan proses telah Anda lakukan, maka hal terakhir adalah meneliti ulang. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi kerancuan dalam menulis. Sehingga, hasil penataan menjadi lebih akurat. Selain itu, kemudahan menemukan page sesuai petunjuk daftar isi bisa dirasakan pembaca.

Pastikan Anda mengikuti setiap langkah di atas dengan hati-hati. Sebab, jika salah satu saja poin tertinggal, maka proses pembuatan daftar isi tidak akan berhasil. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menerapkan cara membuat daftar isi otomatis agar mempercepat proses penyusunan karya tulis ilmiah maupun skripsi Anda.

 

Tinggalkan komentar