Cara Memilih Skincare Pemula yang Efektif untuk Mencerahkan Wajah

Share

tutorialae.com

Cara memilih skincare pemula menjadi topik yang banyak dicari oleh usia remaja ke atas. Sudah mulai memahami pentingnya perawatan pada kulit wajah, membuat Anda berbondong-bondong mengikuti berbagai tips yang dijelaskan.

Padahal, untuk mendapatkan hasil maksimal. Anda perlu memperhatikan jenis skincare yang digunakan. Sebab, jika salah pilih dan tidak sesuai dengan kebutuhan kulit nantinya dapat memberi pengaruh pada tekstur dan juga tingkat kecerahan.

Kesalahan dalam pemakaian produk kecantikan, justru dapat memberikan dampak buruk. Sebab, tidak sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. Sehingga, kinerja produk tidak berjalan maksimal. Namun, jika Anda menemukan tips memilih skincare dengan baik dan akurat. Maka efektifitas penggunaan produk akan memberikan manfaat yang cukup besar.

Mengenal Apa itu Skincare

Banyaknya pencarian mengenai cara memilih skincare pemula membuat beberapa orang yang tidak memahami menjadi bingung. Pasalnya, penyebutan nama tersebut sering dilakukan namun tidak banyak dipahami terutama bagi orangtua.  Apa itu skincare dan bagaimana cara kerjanya?

Skincare merupakan rangkaian produk yang digunakan dalam keseharian untuk menyehatkan dan menutrisi kulit. Pemakaiannya bertujuan meningkatkan penampilan agar terlihat lebih menarik dan bersih. Biasanya digunakan pada saat siang dan malam hari dengan komposisi yang berbeda.

Meskipun fungsi utama dari penggunaan skincare yaitu untuk merubah penampilan menjadi lebih baik. Namun, tidak jarang beberapa orang yang mengalami ketidakcocokan pada saat pemakaian produk. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan kulit dengan nutrisi yang ditawarkan oleh produk.

Oleh karena itu, pastikan Anda teliti dalam melakukan pemilihan produk. Sebab produk perawatan muka terbaik bagi masing-masing orang berbeda. Hal ini berkaitan dengan jenis, kebutuhan, dan perawatan yang dilakukan.

4 Cara Memilih Skincare Pemula untuk Mendapatkan Kulit Glowing

Setelah mengetahui pengertian skincare. Tentu Anda ingin mengetahui cara memilih skincare pemula agar tidak salah pilih. Selain itu, pastinya bertujuan agar hasil yang didapat setelah proses perawatan dilakukan akan maksimal. Oleh karena itu, simak dalam pembahasan berikut ini :

1. Memastikan Produk Sesuai Jenis Kulit

Cara memilih skincare pemula pertama yang dapat Anda jadikan acuan yaitu memastikan produk sesuai dengan jenis kulit. Sebab, jika mengambil produk untuk melembabkan sedangkan jenis kulit Anda berminyak. Maka cara ini tidak akan memberikan dampak signifikan terhadap perubahan wajah.

Penting diketahui oleh pemula, bahwa tipe kulit dibedakan menjadi 3 jenis. Beberapa diantaranya yaitu normal, kering, dan juga berminyak. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca detail penawaran produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.

Namun, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah. Anda dapat melakukan pengetesan terhadap tekstur kulit. Apalagi pada cuaca terik, kulit Anda baik-baik saja maka kemungkinan jenisnya adalah normal.

Namun, apabila di cuaca terik. Setelah melakukan olahraga, kulit wajah terasa berminyak dan terus keluar maka dapat dipastikan bahwa jenis kulit yang dimiliki adalah kulit berminyak. Berbeda dengan kulit kering, dimana pada cuaca panas akan membentuk crack hingga kulit wajah terasa seperti ditarik.

2. Memiliki Perizinan yang Akurat

Hal wajib yang harus Anda cek sebelum membeli produk kecantikan adalah perizinan yang dimiliki. Sebab, banyaknya kebutuhan skincare yang mulai membludak beberapa tahun terakhir. Membuat banyak pedagang nakal melakukan kecurangan terhadap produknya dengan penawaran ekstrim.

Cara memilih skincare pemula dalam hal ini yaitu memastikan bahwa produk yang beredar sudah mendapatkan izin BPOM. Brand atau produk yang sudah lolos dari seleksi BPOM, maka memiliki tingkat keamanan pemakaian cukup tinggi. Legalitas yang dipunyai juga jelas.

Sehingga, kandungan yang terdapat dalam produk kecantikan akan disampaikan secara informatif. Bagaimana cara pembuatannya, lokasi produksi, serta dokter peracik untuk memastikan keakuratan produk yang dihasilkan.

3. Menghindari Produk dengan Hasil Instan

Produk perawatan muka terbaik tidak pernah memberikan penawaran instan dalam pemakaiannya. Hal tersebut wajib ditekankan bagi pemakai skincare pemula. Sebab, hingga saat ini masih banyak beberapa orang yang tergiur dengan hasil cepat, padahal efek jangka panjang yang bisa didapat cukup besar.

Setiap komposisi dari produk skincare selalu membutuhkan waktu untuk dapat terserap penuh oleh kulit wajah. Jika hasil yang didapat terlihat berbeda dalam waktu dekat, dapat dipastikan bahwa produk itu termasuk abal-abal.

Cara memilih skincare pemula yang tepat yaitu dengan memastikan bahwa produk yang dipakai tidak memberikan efek buruk kedepannya. Pilih bahan-bahan alami yang minim akan resiko. Seperti produk dengan kandungan vitamin C yang baru dapat terserap penuh setelah pemakaian 6 bulan.

4. Pelajari Komposisi Skincare

Cara memilih skincare pemula yang terakhir dan sangat penting diperhatikan yaitu pemahaman terkait komposisi pada produk.  Dengan mengetahui kandungan skincare yang digunakan, Anda dapat memahami efek samping penggunaan produk dalam jangka waktu lama.

Hal tersebut juga berperan penting dalam meminimalisir pemakaian produk skincare abal-abal. Mempelajari komposisi ini memang terkesan sepele, namun membawa dampak cukup besar. Apalagi bagi Anda dengan jenis kulit sensitif.

Beberapa bahan dalam produk kecantikan yang sering menjadi penyebab iritasi sebagai berikut :

Paraben

Bahan yang paling banyak digunakan dalam produk kecantikan adalah paraben. Anda bisa mencarinya dalam berbagai komposisi produk seperti pelembab, sampo, sabun, maupun make up. Selain itu, paraben juga bisa terdapat pada gel cukur.

Tingkat konsentrasi pada masing-masing produk berbeda. Namun, jika digunakan dalam jangka panjang, penggunaannya dapat memberikan efek samping seperti gangguan kesuburan dan juga kanker payudara.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Selain paraben, bahan yang juga sering menyebabkan iritasi pada kulit adalah SLS. Jenis bahan ini banyak digunakan pada produk sampo, sabun, obat kumur, hingga foundation. Meskipun hanya diberikan dalam konsentrasi kecil, penggunaanya juga dapat menjadi penyebab iritasi, sariawan, hingga gangguan keseimbangan minyak.

Phthalates

Bahan lain yang juga terdapat pada produk seperti cat kuku, parfum, lotion bahkan hair spray adalah phthalates. Tingkat bahaya yang dimiliki cukup besar, pada produk anak bahan ini benar-benar tidak diizinkan beredar. Penggunaan jangka panjangnya berefek pada kanker payudara.

Fragrance

Memiliki produk kecantikan dengan bau yang harum tentu menjadi idaman. Sebab, selain tampil harum, Anda juga bisa menonjolkan kesan percaya diri dengan look face yang mendukung.

Namun, ternyata skincare dengan kandungan fragrance yang memiliki alkohol dan senyawa sintetis juga dapat berdampak pada alergi hingga keseimbangan hormon. Melihat tingkat bahaya yang cukup tinggi, pastikan Anda mengikuti cara memilih skincare pemula yang tepat dan efektif.

Tinggalkan komentar