Cara Meningkatkan Pikiran Positif agar Lebih Produktif

Share

Menemukan cara meningkatkan pikiran positif menjadi salah satu kebutuhan bagi beberapa orang. Sebab, seringkali perasaan buruk terhadap beberapa hal sangat mempengaruhi kinerja maupun mood harian seseorang.

Bahkan, kegiatan ini kerap menjadi salah satu faktor produktivitas. Pasalnya, seseorang menjadi lebih mudah melakukan atau mengerjakan banyak hal dengan pikiran fresh. Berbeda dengan seseorang yang penuh dengan mindset negatif.

Pengertian Pikiran Positif

Pengertian singkat terkait pikiran positif merupakan cara melihat seseorang tanpa memandang sisi buruk, serta mengambil kebaikan dari sesuatu yang telah terjadi.

Salah satu ilmuan pernah menyatakan bahwa pikiran positif merupakan sebuah kemampuan atau pemusatan perhatian terhadap sisi positif dari situasi diri sendiri. Dalam hal ini, tentu saja Anda membutuhkan sebuah cara meningkatkan pikiran positif.

Pada dasarnya kemampuan berpikir seseorang dalam membangun kenyamanan sangat ditentukan dari pribadi masing-masing. Namun, kembali lagi bahwa pengendalian diri selalu membutuhkan bantuan atau media seperti keterampilan untuk dapat mengontrol perilaku buruk tersebut.

Penyebab Pikiran Positif Susah Terbentuk

Hal yang Anda butuhkan sebelum membentuk pribadi lebih baik dengan memiliki pikiran positif. Sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi penyebab susahnya pembentukan pikiran positif di dalam diri.

Pasalnya, tidak hanya kesulitan sebab tidak mau. Terkadang beberapa perilaku yang menjadi kebiasaan juga menunjang dalam pembentukan mindset positif terhadap diri seseorang.

Beberapa penyebab pikiran positif susah terbentuk, dapat Anda simak dalam pembahasan berikut ini :

Baca juga : Tips Tetap Produktif

1. Memiliki pemikiran berlebih

Hal pertama yang membuat Anda memiliki mindset negatif adalah pemikiran berlebih. Pasalnya, Anda memandang sesuatu sebagai sesuatu yang susah untuk diterima. Selain itu, pandangan terhadap berbagai hal seolah merupakan hal yang sangat besar.

Kebiasaan ini apabila Anda lakukan secara berkelanjutan tentunya sangat tidak baik. Bahkan bisa mempengaruhi psikologis. Sebab, terlalu memikirkan sesuatu dengan tekanan yang mungkin tidak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

2. Tidak mampu mengendalikan ego

Ego merupakan hal yang wajib Anda minimalisir ketika berkeinginan untuk menerapkan cara meningkatkan pikiran positif. Sebab, keberadaan ego atau amarah akan menimbulkan perasaan buruk dan membuat mindset baik ini tidak segera terbentuk.

3. Menganalisa berbagai hal secara berlebihan

Meneliti sesuatu secara detail memang merupakan hal yang sangat baik. Namun, berbeda ketika Anda menganalisa secara berlebihan dengan ambisi yang buruk.

Sebab, kemampuan analisa Anda terkadang tanpa sadar akan membentuk pikiran yang buruk. Seperti, bagaimana hal tersebut terjadi? mengapa tidak denganku? Hal-hal ringan tersebut tanpa sadar dapat menjadi pion yang membentuk keburukan berpikir.

4. Lingkungan negatif

Tanpa disadari, lingkugan negatif sangat berpengaruh terhadap pembentukan mindset positif seseorang. Pasalnya, kebiasaan bergabung dengan lingkungan yang kurang mendukung, akan sedikit banyak akan mempengaruhi bagaimana cara berpikir Anda.

5. Terlalu keras terhadap diri sendiri

Memiliki pikiran negatif mungkin bisa saja menjadi tekanan bagi sebagian orang. Pasalnya, hampir seluruh manusia selalu ingin didekatkan dengan hal-hal positif.

Meski begitu, Anda tidak dianjurkan untuk bersikap keras terhadap diri sendiri. Hal tersebut tidak membuat pembentukan pikiran positif berhasil. Justru, akan berdampak terhadap cara berpikir Anda mengenai positif thinking.

Cara Berpikir Positif agar Lebih Produktif dalam Kehidupan

Memiliki pikiran positif tentu menjadi harapan dan keinginan banyak orang. Apalagi hal tersebut sangat berpengaruh terhadap produktivitas sebagain orang dalam melakukan pekerjaan.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti setiap pembahasan mengenai cara meningkatkan pikiran positif berikut ini :

1. Membiasakan diri mengucap kalimat positif kepada diri sendiri

Terkadang bagi beberapa orang, memberi umpatan kepada diri sendiri lebih sering dilakukan daripada kepada orang lain. Padahal, tanpa disadari hal tersebut justru membuat Anda semakin overthinking.

Cara meningkatkan pikiran positif dalam hal ini adalah membiasakan diri untuk mengucapkan kalimat positif. Anda dapat memulainya dengan “its okay, no problem, you can do it’.

Kalimat positif yang singkat dan ringan itu, mungkin tidak bisa begitu menenangkan ketika Anda masih memiliki masalah. Namun, seiring berjalannya waktu, hal tersebut justru menjadi dorongan bagi Anda untuk terus melangkah dengan memikirkan berbagai hal positif kedepannya.

2. Memperbanyak tersenyum

Hal yang sangat jarang dilakukan sebagai orang ketika menatap diri sendiri adalah tersenyum. Pasalnya, pemberian mimik muka ini memberikan memori kepada otak bahwa semangat terbentuk dengan melihat diri sendiri.

Oleh karena itu, pastikan Anda untuk memperbanyak tersenyum. Baik kepada diri sendiri maupun pada beberapa orang yang Anda temui.

3. Menikmati kehidupan dengan sederhana agar pikiran positif terbentuk

Memandang kehidupan sebagai perjalanan yang sangat sulit untuk dilakukan merupakan contoh negatif thinking dan perlu dihilangkan secepatnya. Sebab, hal tersebut akan memicu perasaan lelah dan ingin menyerah terhadap kehidupan.

Mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan cara meningkatkan pikiran positif dengan mengubah cara pandang. Mulai dengan memaknai sesuai menjadi lebih sederhana. Dan rasakan kebiasaan ini sehingga pribadi lebih baik dapat Anda rasakan.

4. Meningkatkan perasaan optimis

Membangun perasaan percaya diri merupakan salah satu langkah menuju pikiran positif. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan perasaan optimis.

Sebab, hal tersebut dapat membuat Anda menjadi pribadi tidak takut akan kegagalan. Berani mencoba dan memiliki keyakinan bahwa apa yang Anda lakukan merupakan hal yang benar dan terbaik, terlepas dari hasil yang di dapatkan.

Baca juga : Cara Meningkatkan Soft Skill

5. Istirahat cukup sebagai cara meningkatkan pikiran positif

Dalam meningkatkan pikiran positif, Anda juga membutuhkan jeda waktu. Oleh karena itu, istirahat menjadi salah satu pilihan yang tidak boleh Anda lewatkan.

ketika seseorang memiliki kebiasaan dengan tidur terbatas, otomatis adrenalin akan meningkat. Hal tersebut memicu ego menjadi lebih mudah naik. Hal ini lah yang menyebabkan mindset buruk lebih cepat terbentuk dibanding pikiran positif.

6. Lakukan olahraga sebagai kebutuhan pribadi

Olahraga membuat aliran darah dan oksigen menjadi sangat lancar. Sehingga, pikiran menjadi lebih fresh dan Anda mindset positif mudah terbentuk.

Anda dapat mealkukan olahraga pada waktu senggang. Jika tidak memungkinkan, minimal usahakan untuk melakukan kegiatan olahraga sekali dalam seminggu.

7. Membayangkan masa depan sebagai sesuai yang baik

Beberapa orang kehilangan pikiran positif sebab terlalu membayangkan masa depan sebagai sesuatu yang menakutkan. Mulai dari mencari pekerjaan yang susah, produktifitas di lingkungan kantor, tekanan pekerjaan, dan beberapa hal lain.

Cara meningkatkan pikiran positif dapat Anda lakukan dengan memandang masa depan sebagai sesuatu yang baik. Hal ini akan meminimalisir mindset buruk Anda terkait permasalahan hidup di usia produktif seperti saat ini.

8. Meningkatkan pikiran positif dengan cara bersyukur

Terakhir, Anda dapat menjadi pribadi dengan lebih banyak bersyukur. Pasalnya, hal ini dapat memicu perasaan pasrah dan berterimakasih terhadap berbagai nikmat yang telah Anda dapatkan.

Dengan bersyukur Anda memahami makna penting. Di mana hal ini yang menjadi pemicu meningkatnya pikiran positif di dalam diri. Di mana, Anda percaya bahwa sesuatu yang terjadi hari ini, telah diatur dan sesuai dengan apa yang Maha Diatas perintahkan.

Manfaat Berpikiran Positif dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain memberikan pengaruh terhadap produktifitas seseorang. Memiliki pikiran positif juga membawa dampak baik dalam kehidupan Anda.

Beberapa manfaat berpikiran positif yang dapat Anda rasakan sebagai berikut :

1. Memiliki hubungan baik dengan banyak pihak

Menerapkan cara meningkatkan pikiran positif dalam kehidupan sehari-hari ternyata membawa beberapa dampak baik. Salah satunya hubungan baik terhadap beberapa pihak dapat Anda miliki.

2. Pengontrolan stress berjalan lebih cepat dengan berpikir positif

Memiliki mindset sehat akan membuat Anda lebih cepat mengendalikan stress. Sehingga, Anda tidak akan melakukan sesuatu secara berlebihan terlepas dari hal apa yang biasa dilakukan ketika pikiran sedang penuh di kepala.

3. Berpikiran positif dapat meningkatkan konsentrasi

Manfaat lain dari penerapan cara berpikir positif adalah konsentrasi Anda akan semakin meningkat. Sebab, mindset yang terbentuk adalah bagaimana cara Anda menyikapi setiap permasalahan dengan lebih tenang agar tidak mempengaruh mood.

4. Membentuk kepercayaan diri

Kepercayaan diri seseorang juga dapat terbentuk dengan berpikiran positif. Hal ini dikarenakan Anda merasa yakin terhadap kemampuan diri sendiri dibanding meniru kebiasaan atau hal yang dilakukan oleh orang lain.

5. Menjaga kesehatan fisik maupun mental melalui pikiran positif

Memiliki pikiran yang tenang, nyaman, dan tidak khawatir berlebih terhadap banyak hal merupakan dampak baik dari berpikiran positif.

Hal tersebut dapat menjaga kesehatan fisik maupun mental seseorang. Pasalnya, sesuatu yang biasanya terpikirkan secara penuh, mengubah seseorang menjadi lebih banyak bersyukur dengan melakukan pengendalian stress.

Melakukan berbagai macam cara untuk berpikiran positif akan memberikan Anda banyak manfaat. Tidak hanya untuk pribadi masing-masing, tetapi juga lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, pastikan untuk menerapkan setiap cara meningkatkan pikiran positif agar kehidupan menjadi lebih produktif setiap harinya.

Tinggalkan komentar