Cara Meningkatkan Soft Skill di Era Digitalisasi 2022

Share

Cara meningkatkan soft skill- menjadi kebutuhan banyak orang. Apalagi bagi beberapa orang yang sudah mulai terjun ke dalam dunia kerja.

Memiliki kemampuan interpersonal skill yang baik, dapat memberikan Anda banyak manfaat. Mulai dari peningkatan karir, hingga langkah dalam membangun hubungan yang baik bersama tim.

Memiliki keterampilan interpersonal, juga memudahkan Anda dalam membentuk relasi. Sehingga tidak hanya hubungan baik bersama rekan kantor saja. Anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan rekan dari dunia luar.

Pengertian Soft Skill

Sebelum membahas Cara meningkatkan soft skill. Sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu, apa itu soft skill? Soft skill adalah  kemampuan seseorang dalam membangun sebuah hubungan. Mulai dari kemampuan dalam berkomunikasi, kecerdasan, maupun kecerdasan sosial.

Sedangkan, definisi soft kill menurut para ahli berbeda satu dengan yang lainnya. Beberapa pendapat dapat Anda lihat pada penjabaran berikut ini :

  • Giblin dan Sailah (Sucipta, 2009) menyampaikan bahwa soft skill merupakan kunci untuk menuju kehidupan lebih baik. Mulai dari relasi, peningkatan kesuksesan, hingga kebahagian yang lebih luas.
  • Kaipa dan Milus (2005: 3-6) mengungkapkan opini, apabila softkill adalah bagian dari langkah penting dalam meraih kesuksesan.

Hal ini berpacu pada jiwa kepemimpinan, kemampuan presentasi, sikap rendah hati, dan rasa percaya diri yang tinggi.

Secara garis besar, keseluruhan pengertian mengacu pada arti bahwa softskill memberi pengaruh besar terhadap keterampilan bersosial. Di mana kemampuan ini akan memberikan manfaat terhadap perkembangan karier seseorang.

Cara Meningkatkan Soft Skill dengan Contoh Nyata

Biasanya banyak orang lebih mudah belajar dari contoh yang disajikan. Oleh karena itu, sebelum mengikuti cara dalam meningkatkan soft skill.

Anda dapat melihat contoh soft skill yang wajib dimiliki untuk menunjang karir. Berikut ini penjelasan lengkapnya :

1. Public Speaking

Contoh pertama dari kepemilikan soft kill adalah kemampuan public speaking. Meskipun tidak semua orang memilikinya. Namun public speaking yang baik dan santun sangat penting dalam dunia kerja.

Apalagi jika Anda seorang pegawai kantor. Maka skill untuk menyampaikan materi, pendapat, serta menerima setiap sanggahan akan menjadi poin plus untuk Anda.

2. Managemen Waktu

Kemampuan dalam time management, tidak semua orang bisa melakukannya. Sebab kemampuan ini kebanyakan dimililiki oleh sebagian orang yang produktif dalam bekerja.

Memiliki managemen waktu yang baik. Tentu setiap pekerjaan yang Anda lakukan akan terlihat perfect.

3. Contoh dari Cara meningkatkan soft skill dengan Berdaptasi Terhadap Lingkungan

Contoh soft skill berikutnya adalah kemampuan beradaptasi. Hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan perusahaan. Sebab mengingat tidak semua orang merasa cocok dengan beberapa pihak.

Namun melakukan ini, Anda perlu beberapa dorongan kemampuan lain. Seperti komunikasi, waktu fleksibel, hingga managemen waktu yang baik.

4. Negosiasi

Contoh dari penetapan Cara meningkatkan soft skill lain adalah negoisasi. Kemampuan ini sangat jarang dimiliki beberapa orang.

Sebab biasanya seseorang memiliki kemampuan berkomunikasi. Tetapi tidak mampu mengimbangi dengan skill negosiasi yang baik.

5. Networking

Memiliki networking yang luas memberikan pengaruh cukup besar. Sebab, jaringan yang melebar akan memudahkan Anda dalam mendapatkan informasi.

Sehingga ketika ada pihak yang membutuhkan. Memanggil rekan yang sudah dikenalnya jauh lebih mudah dibanding harus merekrut orang yang tidak di kenal, bukan?

6. Kemampuan Mengambil Keputusan

Pada keadaan tertentu, Anda juga harus memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan. Namun, banyak orang tidak mengerti bagaimana cara mengasahnya.

Oleh karena itu, cara meningkatkan soft skill banyak dicari beberapa dekade terakhir. Memahami contoh ini, seharusnya Anda menjadi lebih giat dalam meningkatkan soft skill.

7. Critical Thinking and Problem Solving

Selanjutnya, contoh dari penerapan cara meningkatkan soft skill adalah critical thinking and problem solving. Sebab kemampuan ini berkaitan dengan keterampilan dalam berpikir logis, analisa, kreatifitas serta rasa ingin tahu yang besar.

Baca juga : Tips tetap produktif saat bekerja

Cara Meningkatkan Soft Skill dan Mudah Dilakukan

Setelah mengetahui beberapa contoh kebutuhan soft skill dalam dunia kerja. Tentu Anda mulai berpikir bagaimana cara meningkatkan soft skill.

Pada dunia kerja, poin ini berbeda dengan cara meningkatkan soft skill mahasiswa. Namun secara konsep tetap sama. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai berikut :

1. Mengikuti Boothcamp atau Kegiatan Bermanfaat Lain

Ada banyak sekali kegiatan bermanfaat yang dapat Anda pilih. Mulai dari boothcamp berbayar atau gratis, online couse, seminar, serta workshop.

Anda dapat memilih kelas dengan materi sesuai dengan bidang. Dengan melakukannya secara tidak sadar kemampuan Anda akan bertambah sedikti demi sedikit.

2. Mencari Mentor Sesuai Bidang

Mungkin Anda berpikir bahwa belajar sendiri akan terasa menyenangkan. Tetapi tanpa mentor, pelajaran akan terasa sia-sia sebab tidak akan ada koreksi dari pekerjaan yang telah Anda lakukan.

Memiliki mentor akan membangun personal branding lebih kuat. Selain itu, Anda juga dapat meminta saran terhadap sebuah kasus atau keinginan untuk mempelajari ilmu terbaru lainnya.

3. Mengajukan Diri Bergabung dalam Project Tim

Berikutnya, cara meningkatkan soft skill dapat Anda lakukan dengan mengajuan diri bergabung. Sebab pada perusahaan besar tentunya sering dibentuk sebuah tim pada tiap project.

Jika Anda ingin memahami pekerjaan lebih cepat dengan skill yang luas. Mengajukan diri untuk bergabung dalam project meskipun melelahkan, akan memberi banyak manfaat kedepannya.

4. Berpikiran Terbuka

Selanjutnya, berpikiran terbuka merupakan salah satu contoh soft skill yang sangat baik untuk Anda. Apalagi jika Anda tipikal orang yang mau mengambil risiko terhadap pengetahuan dan ilmu.

Maka kedepannya, akan menjadi lebih mudah dalam memahami berbagai hal. Contohnya terhadap perkembangan teknologi.

5. Cara Meningkatkan Soft Skill dengan Meningkatkan Kemampuan Mendengar yang Baik

Dalam mempelajari hal baru, Anda harus lebih banyak menutup mulut. Tetapi membuka telinga dengan lebar.

Ketika seseorang merasa didengar, maka perasaannya menjadi lebih tenang. Mungkin terkesan sepele, tetapi jika menerapkannya dengan tepat Anda akan memperoleh banyak manfaat ketika melakukan negosiasi.

6. Memiliki Rasa Percaya Diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu poin penting dalam skill yang diperlukan dunia kerja. Sebab, ekspresi yang dikeluarkan akan mempengaruhi suasana dan hubungan Anda dengan lingkungan sekitar.

7. Bersikap Empati

Ketika Anda sedang menghadapi sebuah masalah. Sikap empati menjadi salah satu cara untuk mengambil keputusan yang tepat. Sebab, kesalahpahaman dapat terjadi dengan mudah di mana saja.

Kemampuan interpersonal dalam memahami perasaan orang lain dengan baik. Anda akan memiliki skill ini untuk membantu seseorang dalam berbagai situasi.

Manfaat Meningkatkan Soft Skill

Manfaat yang akan Anda rasakan ketika soft skill meningkat adalah pekerjaan menjadi lebih mudah. Relasi juga mendekat lebih cepat daripada ketika Anda tidak memiliki soft skill.

Selain itu, kemampuan Anda dalam bernegosiasi menjadi sebuah kelebihan. Sebab, banyak sekali perusahaan yang gagal melakukan kontrak hanya karena proses negosiasi yang tidak sesuai.

Anda juga akan menjadi pribadi rendah diri. Tidak tergantung kepada orang lain, dan tidak mudah marah terhadap keputusan masing-masing orang.

Pada dasarnya peningkatan soft skill yang dilakukan, akan memberikan dampak positif kepada pribadi maisng-masing. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk mengikuti cara meningkatkan soft skill untuk menunjang karir semakin baik.

Tinggalkan komentar