8 Cara Membangun Personal Branding Terbaik

Share

Bagi generasi muda saat ini, mungkin cara membangun personal branding sedang menjadi topik pencarian utama. Pasalnya, hal tersebut dapat menjadi penilaian tersendiri apa bagaimana Anda dan seperti apa di hadapan orang lain.

Bahkan, CEO dari Amazon pernah mengatakan bagaimana personal branding menjadi sesuatu yang sangat penting. Sebab, merupakan penilaian orang lain ketika Anda tidak berada di dalam satu ruangan yang sama.

Adanya personal branding akan membantu setiap orang dalam mengembangkan potensi dirinya. Baik untuk membangun sejak dari posisi terendah, hingga mampu memimpin sebuah team di dalam sebuah industri.

Oleh karena itu, keberadaan personal branding memiliki peranan signifikan di dalam kesuksesan karir seseorang. Sebab, akan memberikan Anda kesempatan dalam meraih tujuan.

Memahami Lebih Jelas Apa itu Personal Branding?

Mungkin Anda sering mendengar kata personal branding di era sekarang ini. Namun, memahami detail dan maksudnya, bisa saja belum sepenuhnya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan pengertian jelas mengenai apa itu personal branding.

Baca juga : 9 Tips Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah

Personal branding merupakan salah satu bentuk aktivitas atau strategi yang banyak digunakan oleh seseorang untuk mempengaruhi cara pandang orang lain. Penilaian ini nantinya dapat memberikan pengaruh terhadap kesuksesan Anda di dalam dunia kerja.

Keberadaan dari personal branding ini sangat penting sebab sebagai media untuk menciptakan hubungan baik dengan orang lain. Selain itu, nilai ini juga dapat membangun kepercayaan seseorang.

Cara Membangun Personal Branding Secara Tepat

Jika Anda saat ini sedang berusaha untuk membangun personal branding yang tepat dan efektif. Berikut ini tutorialae telah merangkum beberapa langkah paling efisien yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan image terbaik.

1. Menjadi Pribadi Sendiri

Dari kata personal saja, tentu Anda sudah bisa mengetahui bahwa hal ini berhubungan dengan individu masing-masing. Sehingga salah satu cara membangun personal branding yaitu dengan menjadi diri sendiri dengan versi terbaik.

Anda bisa membentuknya dengan membangun potensi pribadi, tanpa melibatkan atau meniru orang lain secara berlebihan. Dengan begitu, Anda akan memiliki konsistensi terhadap ciri khas atau otentikasi yang telah dibuat.

Mungkin Anda bisa membangunnya mulai dari style penampilan yang cenderung rapi. Murah senyum dan ramah kepada semua orang juga bisa menjadi salah satu cara Anda dalam membangun branding. Terlebih pada tingkat kejujuran yang dimiliki.

2. Membangun Mindset Orang Lain dari Cerita Anda

Tips berikutnya bisa Anda lakukan dengan membangun mindset dari orang lain. Caranya dengan mengenalkan siapa pribadi Anda dan bagaimana kepribadian yang dimiliki. Langkah ini sebenarnya cenderung kurang diperkenankan, sebab bisa saja seseorang menilai kesombongan di dalam pribadi Anda.

Tetapi, melalui cara ini Anda juga sedang mengembangkan langkah untuk lebih dekat dengan beberapa orang sejenis. Seperti pada beberapa pihak dengan tujuan dan passion yang dimiliki.

Oleh karena itu, ketika ingin membangun branding dengan cerita persuasive pastikan Anda sudah memahami siapa lawan bicara. Sehingga, Anda dapat mengatur setiap kata yang akan dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan audiens untuk menangkap cerita.

3. Bangun Profil Melalui Platform Digital

Perkembangan teknologi yang terus meluas ini, membuat berbagai jenis pekerjaan semakin mudah didapat secara online. Namun perlu diingat, bahwa hal tersebut juga membuat persaingan semakin besar.

Baca juga : Rekomendasi 13 Tools untuk Digital Marketing Terbaik

Oleh karena itu, untuk menyiasatinya Anda bisa membangun personal branding melalui beberapa platform digital. Hingga saat ini selain sosial media untuk menjelaskan siapa diri Anda kepada teman digital.

Anda bisa memanfaatkan platform digital dengan kesan positif untuk membangun portofolio. Mulai dari Github, Linkend, hingga beberapa website sejenis lainnya. Pastikan portofolio yang Anda tulis sesuai dengan pengalaman dan kemampuan melakukan pekerjaan tersebut.

4. Fokus Terhadap Potensi Diri

Berkembangnya platform digital memudahkan seseorang melakukan manipulasi terhadap kemampuan yang dimiliki. Padahal hal tersebut bisa merugikan diri sendiri ketika sampai pada titik penerimaan kerja.

Jangan sampai Anda menjadi pribadi seperti itu, sebab tidak akan membuat Anda berkembang melainkan justru tertekan. Cara efektif yang bisa Anda lakukan yaitu fokus terhadap potensi diri sendiri.

Jika Anda memiliki potensi dalam bidang IT, fokuskan diri Anda untuk berkembang di sana. Sebab nantinya setiap pekerjaan atau pengalaman yang telah dibuat bisa Anda ajukan sebagai portofolio. Hal ini bahkan dapat menjadi salah satu media branding terbaik ketika recruiter melihat pengalaman yang Anda miliki dengan potensi tertentu.

5. Bangun Jaringan Lebih Luas

Selain Anda perlu mengembangkan profil terbaik di platform digital. Anda juga perlu fokus pada pembangunan jaringan lebih luas. Sebab, hal tersebut sedikit banyak akan membantu Anda dalam menemukan pasar terbaik.

Jaringan yang luas akan membantu Anda menemukan informasi lebih mudah. Tentunya dengan tingkat keakuratan yang lebih tinggi. Sehingga, Anda bisa memperoleh pekerjaan dengan karir lebih hebat lagi.

6. Berani Memegang Prinsip Positif

Menjadi seseorang dengan karir yang sukses, Anda harus berani memegang prinsip positif. Sebab, dalam industri selalu ada namanya persaingan. Pastikan Anda tidak terjerumus dalam hal yang buruk ketika mencapainya.

Tanamkan kepada diri sendiri, bahwa branding ini akan memberikan hasil terbaik pada akhirnya. Tentunya dengan terus mengembangkan ide kreatif untuk keperluan industri.

7. Mampu Menetapkan Prioritas

Membangun personal branding bisa Anda lakukan dengan kemampuan dalam menentukan prioritas. Sebab, pada setiap tujuan hidup Anda tentunya memiliki gambaran prioritas mana yang ingin tercapai lebih dulu.

Baca juga : Rekomendasi 12 Tools Terbaik Peningkat Produktivitas

Pastikan Anda memiliki kemampuan untuk menetapkan pilihan prioritas. Hal ini dilakukan untuk menghindari pikiran bercabang. Sehingga Anda tidak membuang banyak waktu untuk pekerjaan sia-sia.

Ketika Anda telah bisa menentukan prioritas tujuan. Maka, saatnya untuk membangun branding agar keputusan prioritas ini cepat Anda raih. Tentunya dengan kepribadian terbaik pada saat Anda telah memilikinya.

8. Konsistensi

Membangun personal branding tidak bisa hanya Anda lakukan pada satu atau dua kali perlakuan. Anda harus menerapkannya secara terus menerus dengan tingkat konsistensi tinggi.

Sebab kepribadian ini menjadikan seseorang mengenal siapa Anda, bagaimana, dan apa saja kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda tidak bisa menerapkan personal branding ini setiap harinya. Maka sudut pandang seseorang mengenai diri Anda akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Sudah Siap Membangun Personal Branding?

Beberapa pembahasan terkait cara membangun personal branding di atas merupakan salah sedikit dari pentingnya sikap perorangan. Sebab untuk mendapatkan tujuan karir yang jelas, Anda membutuhkan banyak poin di belakangnya.

Baca juga : Rekomendasi 15 Aplikasi Bisnis Terbaik untuk Anda

Anda dapat menerapkan setiap poin di atas sedikit demi sedikit. Pasalnya, jika Anda mampu menerapkannya dengan konsisten, maka kemudahan dalam mendapatkan karir terbaik bisa Anda rasakan.

Pastikan untuk terus mengikuti setiap pembahasan terbaru terkait produktivitas, tutorial, dan teknologi hanya di tutorialae.

2 pemikiran pada “8 Cara Membangun Personal Branding Terbaik”

Tinggalkan komentar