Kenali 8 Jenis Investasi Paling Menguntungkan

Share

Apakah Anda sudah mengetahui berbagai jenis investasi paling menguntungkan? Jika tidak, maka pastikan untuk mempelajarinya dengan seksama pada pembahasan lengkap yang telah dirangkum oleh tutorialae.

Pasalnya, jenis investasi ini sangat banyak pilihannya. Anda sebagai seorang investor dapat memilih apa saja kebutuhan dan tujuan pelaksanaan investasi. Sehingga, nantinya akan mendapat solusi paling tepat dari jenis yang dipilih.

Baca juga : 6 Penghasilan Sampingan Programmer di Tahun 2022

Namun meski begitu Anda tetap harus bisa memahami, bahwa disetiap pilihan yang diambil tentu memiliki sebuah risiko. Pasalanya, dalam konsep berinvestasi, semakin tinggi nilai keuntungan yang didapatkan, maka risiko kegagalan juga mengimbangi. Sehingga keduanya sangat berkesinambungan.

Inilah Jenis Investasi Menguntungkan di Tahun 2022

Membangun financial freedom tentu menjadi impian banyak orang. Tidak terkecuali Anda generasi muda yang memiliki semangat untuk bebas dari permasalahan ekonomi yang sangat menggelitik.

Untuk merealisasikan hal tersebut, maka penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja jenis investasi menguntungkan. Tutorialae telah merangkum berbagai materi pada pembahasan lengkap berikut ini :

1. Investasi Reksadana

Memiliki budget rendah tetapi ingin mencoba investasi? Tidak perlu khawatir sebab Anda dapat memanfaatkan jenis investasi reksadana. Meskipun hanya membutuhkan modal kecil, Anda juga tetap berprospek mendapatkan keuntungan terbaik hingga 20% per tahunnya.

Pada reksadana pasar uang, dana yang Anda masukkan akan dikelola langsung oleh manajer investasi professional. Tentunya seseorang yang sudah paham pada ranah dan pergerakan saham.

Baca juga : 6 Cara Mendapatkan Uang dari Blog untuk Pemula

Manajer investasi akan menyebar modal pada beberapa titik di pasar uang. Tujuannya untuk meminimalisir kerugian bersamaan. Sekarang ini Anda sudah bisa melakukan investasi reksadana online dengan mudah.

Beberapa platform besar telah menyediakan banyak kemudahan. Tentunya dengan fasilitas masing-masing pada tiap perusahaannya. Contoh platform reksadana yang bisa Anda pilih adalah Ajaib dan Bibit.

2. Deposito

Pernah mendengar investasi deposito? Deposito merupakan jenis investasi berjangka dengan keuntungan yang bisa diperoleh setelah jangka waktu tertentu. Mulai dari  1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 hingga 24 bulan.

Keuntungan pada jenis investasi deposito sangat berbeda-beda. Hal ini tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Biasanya nilai keuntungan bisa Anda dapatkan mulai 4-7% per tahunnya. Tentunya dengan tambahan pajak 20% apabila nilai deposito di atas Rp. 7 juta.

Deposito sendiri menjadi salah satu investasi paling aman dan minim resiko. Sebab, keberadaannya telah terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Sehingga, apabila bank tempat Anda menyimpan deposito bangkrut, Anda tetap bisa mendapatkan dana deposito secara utuh dengan nilai maksimal Rp 2 miliar dari LPS.

Bagi Anda yang berencana melakukan investasi jangka pendek, maka memilih deposito adalah pilihan tepat. Seperti penyimpanan dana dengan tujuan pendidikan anak, dana melahirkan, atau beberapa kepentingan lain.

3. Saham

Maraknya generasi muda yang turut andil dalam dunia investasi membuat jenis saham tidak lagi asing. Pasalnya, saham menjadi banyak pilihan sebab mampu memberikan keuntungan cukup besar. Bahkan, beberapa pengusaha kaya raya mampu menjalani kehidupan mewahnya berdasarkan keuntungan dari investasi saham.

Namun, dibalik keuntungannya yang cukup besar. Jangan sampai Anda melakukan investasi ini menggunakan modal pinjaman dengan nilai banyak. Apalagi jika belum memahami bagaimana tata kelola yang baik serta analisa dari prospek jangka panjangnya.

Hanya tergiur dengan keuntungan tinggi tanpa mempelajari konsep. Hanya akan membuat Anda terjun tapi tidak tahu langkah selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara riset saham yang tepat, nilai return yang sehat berapa, dan konsep jual beli yang harus dilakukan seperti apa.

4. Valuta Asing

Berikutnya Anda juga bisa mencoba investasi menguntungkan dari valuta asing atau sering disebut valas. Di mana konsepnya adalah investasi ini memanfaatkan momentum naik turunnya suatu nilai tukar mata uang atau kurs.

Baca juga : 9 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Sehingga, Anda harus melakukan pembelian mata uang asing pada saat harga terendah. Kemudian melakukan penjualan kembali ketika harganya mengalami kenaikan. Anda bahkan bisa melakukan pencairan dengan mudah sehingga efektivitas investasi ini dapat terjamin.

5. Emas

Jenis investasi yang tidak pernah terdampak fluktuasi juga dapat menjadi pilihan sangat bagi bagi Anda. Di mana memulai investasi emas akan memberikan Anda banyak keuntungan. Pasalnya, nilai pada prospek jangka panjangnya tidak pernah mengalami kemerosotan.

Meskipun sempat naik turun, tapi pergerakan grafik pada akhirnya akan meningkat. Selain itu, emas juga bisa digunakan sebagai salah satu dana darurat. Apalagi kemudahannya kini bisa ditukar menjadi uang tunai.

Untuk harga emas murni, nilai per gramnya saat ini telah mencapai jutaan. Namun, pada sistem tabungan, Anda bisa melakukan proses mencicil. Bahkan, beberapa bank yang ada di Indonesia juga menyediakan bentuk tabungan emas dengan modal paling ringan. Sehingga transaksi ini dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mudah.

6. Peer 2 Peer atau P2P Lending

Apakah Anda memahami apa itu peer to peer lending? Jika tidak, maka penjelasan sederhananya merupakan suatu jenis investasi yang sangat menguntungkan bagi pemula. Poin investasinya adalah Anda sebagai peminjam modal pada sebuah UMKM yang mengajukan pinjaman dana.

Baca juga : Ketahui 9 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Saat ini banyak sekali jenis investasi P2P Lending yang dapat Anda pilih. Tentunya dengan keterjaminan perusahaan yang telah terdaftar dan dibawah pengawasan langsung dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga P2P lending ini legal digunakan.

7. Properti

Memiliki dana lebih tapi bingung digunakan sebagai apa? Manfaatkan untuk investasi saja! Salah satunya dengan berinvestasi properti, di mana Anda hanya mengeluarkan biaya sebagai bagian dari proses pengembangan.

Properti merupakan bagian dari aset yang sangat produktif. Sebab, Anda bisa menyewakannya apabila tidak memanfaatkan sebagai lokasi tempat tinggal. Contohnya seperti aset rumah dan kos-kosan untuk mendapatkan passive income perbulan maupun tahun.

Membeli properti di masa sekarang juga akan mendapatkan keuntungan pada beberapa tahun ke depan. Sebab, nilainya akan semakin bertambah mengingat lokasi yang semakin menipis.

Tetapi perlu diingat bahwa menjalankan investasi ini Anda tentu membutuhkan modal cukup besar. Termasuk berbagai surat perizinan serta dokumen penting lainnya. Meski begitu tidak ada salahnya untuk mencoba, sebab nilai aset ini terus mengalami kenaikan dengan sangat cepat.

8. Surat Berharga Negara (SBN)

Tidak hanya saham dan reksadana yang menjadi ketertarikan generasi muda saat ini. Surat Berharga Negara atau SBN juga banyak diminati sedikit demi sedikit. Hal ini dikarenakan akses pembelian semakin luas dan mudah dilakukan secara online.

Surat Berharga Negara sendiri merupakan jenis surat utang yang bisa Anda beli dari pemerintah. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai pemodal cukup besar. NIlainya mencapai 6% dan sangat aman sebab di bawah pengawasan dan pengelolaan pemerintah.

Baca juga : Ketahui 17 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Beberapa jenis surat berharga negara yang dapat Anda pilih :

  • Sukuk tabungan berupa investasi surat berharga syariah negara
  • Obligasi negara ritel (ORI) yaitu Surat Utang Negara yang bisa Anda jual pada investor ritel
  • Saving bond ritel (SBR) berupa obligasi negara.

Investasi ini bisa Anda lakukan dengan modal minimum yang harus Anda keluarkan Rp. 1 juta rupiah. Nilai ini cukup ringan mengingat keuntungan dan terjaminnya investasi tersebut.

Keuntungan memilih investasi Surat Berharga Negara :

  • Menyimpan surat berharga negara (SBN) hingga jatuh tempo, kemudian mendapatkan keuntungan berdasarkan nilai bunga sesuai kesepakatan di awal investasi
  • Melakukan penjualan surat berharga negara (SBN) pada pasar sekunder dengan harga tertentu, sehingga Anda tetap memperoleh keuntungan.

Investasi Menguntungkan Apa yang Anda Pilih?

Berdasarkan review pada pembahasan mengenai jenis investasi menguntungkan, Anda bisa memilih beberapa sebagai berikut :

  • Investasi Reksadana
  • Deposito
  • Saham
  • Valuta Asing
  • Emas
  • Peer to peer
  • Property
  • Surat Berharga Negara

Dari beberapa rekomendasi terkait cara kerja serta prospek keuntungan, apakah Anda sudah menentukan pilihan untuk berinvestasi pada produk yang mana? Terlepas dari apapun pilihan Anda, pastikan untuk mempelajarinya lebih lanjut terlebih dahulu.

Baca juga : 12 Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik Versi Tutorialae

Mengingat setiap pilihan memiliki risiko, pastikan Anda paham pada cara kerjanya. Untuk informasi lain mengenai tutorial, teknologi, bisnis, maupun finansial. Pastikan untuk mencarinya hanya di Tutorialae.

2 pemikiran pada “Kenali 8 Jenis Investasi Paling Menguntungkan”

Tinggalkan komentar