Ketahui 15 Tips Public Speaking yang Baik Penunjang Karir

Share

Membuat penampilan di hadapan banyak orang berhasil tanpa keraguan, tentu Anda membutuhkan sebuah tips public speaking yang baik. Pasalnya, kunci ini sangat penting untuk membangun interaksi antara presentator dengan audiens.

Tidak hanya itu, memiliki public speaking yang baik dapat membuat Anda memiliki keberanian untuk berbicara di hadapan umum. Baik untuk menyampaikan sebuah ide atau pemikiran secara verbal dan non verbal.

Jika Anda mengalami kendala dalam teknik penguasaan public speaking. Tidak perlu khawatir, sebab skill ini dapat dipelajari asalkan Anda memiliki semangat untuk mau belajar dan berlatih.

Inilah Tips Public Speaking yang Baik untuk Anda

Membuat seseorang mengerti dengan maksud pembicaraan kita, ternyata bukanlah hal yang mudah. Anda membutuhkan sebuah skill public speaking yang baik untuk menyampaikan sebuah gagasan secara tepat dan sederhana.

Tujuannya agar apa yang Anda sampaikan mampu diterima oleh audiens dengan baik. Oleh karena itu, beberapa tips berikut ini dapat Anda ikuti untuk membuat skill komunikasi meningkat.

1. Gunakan Kalimat Bijak di Awal Pembicaraan

Memulai sebuah presentasi dengan kalimat pengenalan tentu sudah biasa. Hal tersebut tidak membuat Anda terlihat istimewa dibandingkan presentator lain. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sesuatu yang berbeda agar orang langsung terfokus pada Anda sejak pertama kali kalimat terucap.

Baca juga : 8 Cara Membangun Personal Branding Terbaik

Salah satu tipsnya, Anda bisa memulai dengan memberikan kalimat bijak. Tidak perlu quotes yang panjang, Anda hanya perlu memberikan sedikit kalimat istimewa dari beberapa tokoh terkenal. Di mana tentunya sesuai dengan topik yang sedang Anda jalankan.

Contohnya, ketika Anda berada pada sebuah acara atau seminar untuk membangkitkan motivasi kepada audiens. Anda bisa memilih kalimat bijak dari Les Brown “Jangan biarkan pendapat orang lain menjadi kenyataanmu.”

Atau bisa juga mengutip dari kalimat terkenal Albert Einstein “Terpuruk dalam masalah merupakan peluang hebat untuk kita.”

2. Percaya Diri

Tampil Percaya Diri di Hadapan Audiens

Mungkin tujuan Anda mempelajari public speaking adalah untuk membangun kepercayaan diri. Sebab, poin ini menjadi sangat penting karena berkaitan dengan keyakinan dan kepercayaan terhadap kemampuan diri sendiri.

Ketika Anda memiliki tingkat percaya diri yang baik. Maka, untuk memulai pembicaraan dengan rilex bisa Anda rasakan. Tentunya tanpa perasaan cemas apakah audiens mampu menerima materi yang dijelaskan.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, Anda bisa mengatasinya dengan mempelajari materi yang akan disampaikan. Oleh karena itu, Anda wajib mempersiapkan diri dengan baik sebelum presentasi berlangsung.

3. Lakukan Eye Contact dengan Audiens

Membangun public speaking yang bagus tidak selalu dengan komunikasi verbal saja. Dengan melakukan eye contact secara berkala dengan audiens, Anda juga sedang menerapkan tips public speaking yang bagus.

Sebab, hal ini menunjukkan bagaimana Anda merupakan pribadi percaya diri untuk saling mengenal. Selain itu, kunci ini berguna untuk memberi penekanan terhadap materi yang Anda sampaikan kepada beberapa audiens. Oleh karena itu, lakukan eye contact ketika melakukan presentation.

4. Intonasi

Intonasi merupakan tinggi rendahnya nada pada sebuah kalimat yang sedang Anda utarakan. Dalam membentuk public speaking yang bagus, sebaiknya beri penekanan pada beberapa kata penting.

Hal tersebut akan membentuk mindset dari audiens terhadap makna kalimat yang Anda sampaikan. Sehingga, materi bisa sampai kepada audiens lebih efektif. Selain itu, cara ini penting untuk membantu audiens memahami maksud dari apa yang telah Anda jelaskan.

5. Beri Jeda Sebelum Bicara

Terkadang bagi beberapa orang yang kurang percaya diri untuk tampil di hadapan public. Seringkali melakukan penjelasan dengan cara berbicara cepat. Padahal hal tersebut tidak baik untuk dilakukan.

Selain membuat audiens bingung dan tidak memahami apa yang telah Anda bicarakan. Menjelaskan materi tanpa jeda, hanya akan membuat audiens bosan. Hal tersebut justru menggagalkan presentasi Anda.

Baca juga : 9 Tips Tetap Produktive Saat Bekerja di Rumah

Jadi, pastikan untuk memberi jeda antara penjelasan satu dengan materi lain yang akan Anda sampaikan. Tujuannya untuk menata intonasi dan juga penyerapan audiens terhadap materi.

6. Bicara Perlahan

Seorang pembicara terbaik adalah mereka yang mampu memberikan materi dengan tingkat penyampaian menyesuaikan pemahaman audiens. Salah satu caranya yaitu dengan membuat penjelasan melalui bicara perlahan.

Hal tersebut akan membantu audiens untuk memahami dan mengingat setiap poin yang telah Anda jelaskan. Pastikan Anda mengingat bahwa setiap pendengar memiliki daya tangkap sendiri-sendiri.

Anda sebagai fasilitator harusnya memahami bagaimana permasalahan tersebut. Sehingga, mampu mengambil titik tengah untuk memberikan pemahaman pada banyak pihak dengan tingkat penerimaan berbeda-beda.

7. Perhatikan Bahasa Tubuh

Mengapa bahasa tubuh menjadi sangat penting diperhatikan dalam public speaking? Sebab, poin ini akan membuat audiens Anda merasa lebih nyaman. Begitupun dengan Anda sebagai fasilitator untuk menyampaikan materi.

Ketika Anda berbicara dihadapan umum, audiens akan selalu memperhatikan tingkah laku. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak terlihat gugup, atau ragu dalam menyampaikan materi.

Gunakan bahasa tubuh ringan yang dapat menghangatkan suasana. Misalnya seperti tersenyum ketika audiens merespon apa yang telah Anda sampaikan. Hal ini akan membantu penyerapan materi lebih kuat. Sebab, kesan yang Anda berikan dapat tertangkap dengan mudah.

8. Lakukan Interaksi dengan Audiens

Membangun Public Speaking dengan Berinteraksi Langsung

Jika Anda berpikir tugas seorang presentator hanya menyampaikan materi saja. Maka, Anda harus kembali belajar. Pasalnya, presentator tidak hanya bertugas memberikan penjelasan, tetapi memastikan audiens menangkap apa yang telah tersampaikan.

Cara membangun pemahaman tersebut bisa Anda lakukan dengan melibatkan audiens. Pasalnya, mereka akan lebih senang sebab dapat berinteraksi secara langsung dengan Anda.

Beri sedikit games kecil yang berhubungan dengan materi. Setelah itu, ambil kesimpulan ringan yang dapat tertangkap oleh audiens. Sehingga, penjelasan Anda tidak hanya berjalan satu arah, tetapi juga membangun arus balik dan membuat suasana kelas menjadi lebih fresh dan menyenangkan.

9. Melatih Kemampuan Secara Bertahap

Cara public speaking yang baik harus Anda lakukan dengan mulai melatih kemampuan komunikasi secara bertahap. Anda bisa belajar menyampaikan pendapat di dalam ruangan pribadi.

Baca juga : Rekomendasi 12 Tools Peningkat Produktivitas 

Pastikan untuk menyesuaikan inotasi dan juga mimik muka sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Lakukan setidaknya sehari satu kali untuk membentuk habits. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih percaya diri untuk menyampaikan pendapat atau bersuara di hadapan publik.

10. Sampaikan Topik Sesuai dengan Acara

Public speaking yang baik tentunya penyampaian materi sesuai dengan topik. Oleh karena itu pastikan untuk mengetahui Anda akan berbicara untuk acara apa. Seperti apa suasana dan juknis acaranya, sehingga apa yang Anda sampaikan tidak keluar dari tema.

11. Enjoy Saat Presentasi

Tingkat kenyamanan dan enjoy pada saat melakukan presentasi, sedikitnya tetap menjadi penilaian bagi seorang audiens. Sebab, ketika Anda tidak bisa bersikap tenang dan takut menyampaikan materi. Maka, pendengar juga akan menganggap Anda kurang menguasai dan tidak sepenuhnya paham terhadap konteks pembahasan.

Mereka akan malas mendengarkan, dan hal ini justru merugikan Anda. Sehingga, ketika berbicara dihadapan public, pastikan untuk bersikap tenang dan enjoy. Atur napas dan bersikap senatural mungkin.

12. Kuasai Materi

Kuasai Materi Presentasi

Penguasaan materi akan membantu Anda dalam menjalin komunikasi kepada audiens. Tentunya dengan pemahaman topik yang sudah Anda pelajari terlebih dahulu. Sehingga, ketika berbicara Anda akan lebih enjoy dan percaya diri.

Hal ini meminimalisir perasaan ragu, takut, dan juga grogi pada beberapa pembicara. Sebab, merasa apa yang akan disampaikan masih kurang. Namun, Anda tetap bisa mengatasinya dengan cara membuat catatan kecil berbentuk poin-poin agar penyampaian menjadi lebih luwes.

13. Minimalkan Kata Pengisi atau Filler Word

Apakah Anda sering mendengar seorang pembicara mengeluarkan kata seperti ‘eehhh’, ‘hmmm’, dan beberapa pengisi lainnya? Jika iya, maka ketahui bahwa kata tersebut merupakan salah satu pengisi atau sering disebut filler word.

Pengucapan kata ini biasanya dilakukan oleh beberapa pembicara yang merasa grogi, takut, dan lupa akan materi. Kegiatan berpikir ini tanpa sadar membuat mereka mengeluarkan kata pengisi agar tidak menghilangkan topik yang kosong.

Baca juga : Rekomendasi 15 Aplikasi Bisnis Terbaik untuk Anda

Namun, jika Anda ingin memiliki skill public speaking yang baik. Sebaiknya hindari penggunaan kalimat sejenis secara berulang dalam sebuah presentasi. Hal tersebut akan mengganggu audiens dalam menangkap materi.

Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, Anda bisa melakukan Latihan sesering mungkin. Tujuannya untuk mengontrol bahasa yang akan dikeluarkan ketika presentasi. Minimalkan kekosongan kalimat pada jeda satu hingga dua detik saja.

14. Perhatikan Penampilan

Saat ini siapa yang tidak melihat seseorang dari penampilannya? Tidak bisa dipungkiri memiliki style busana yang rapi dan licin akan membuat pandangan pertama seseorang menjadi sangat jernih. Sebab, Anda akan terlihat sebagai pribadi yang bersih dan berkualitas. Sehingga langkah ini menjadi salah satu tips public speaking yang wajib untuk Anda pertimbangkan.

Apalagi jika Anda diundang sebagai seorang pembicara. Sebelum mempraktikkan ilmu public speaking dalam hal komunikasi, pastikan audiens terpusat lebih dulu kepada Anda. Caranya tentu saja dari penampilan yang menonjol.

15. Ingatkan Kembali Materi

Diakhir kalimat ketika Anda ingin menyelesaikan sebuah presentasi. Reminder kembali materi apa saja yang sudah Anda sampaikan kepada pendengar. Cara ini terbukti efektif untuk membangun daya ingat serta kedekatan Anda kepada audiens.

Pasalnya, Anda terlihat sangat peduli terhadap penguasaan materi. Sehingga, pendengar akan lebih menyukai Anda dengan bahasa penyampaian yang ringan. Pastikan untuk menekankan kembali beberapa poin penting yang harus dikuasai oleh setiap pendengar.

Ingin Meningkatkan Skill Public Speaking?

Upgrade skill tidak hanya mengenai kemampuan dalam bidang yang dikuasai saja. Untuk membentuk etos kerja yang baik, serta kemampuan dalam menyampaikan pendapat. Anda membutuhkan tips public speaking yang baik.

Baca juga : 15 Situs Freelance Terbaik dan Menguntungkan

Melalui halaman Tutorialae, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru seputar produktivitas, blogging, tips and trik, hingga perkembangan teknologi. Oleh karena itu, terus pantau dan ikuti update terbaru setiap harinya.

Tinggalkan komentar