Membangun Finansial Sehat? Inilah Cara Mengatur Keuangan Pribadi Cerdas dan Efektif

Share

Jika Anda ingin memiliki finansial yang sehat, maka tentu membutuhkan sebuah cara mengatur keuangan pribadi. Pasalnya, jika Anda berhasil menerapkannya dengan baik. Maka, keuangan Anda hingga akhir bulan akan baik-baik saja dan tersisih dengan rapi.

Keuangan sendiri penting sekali untuk diatur sedemikian rupa, sebab berkaitan erat dengan kehidupan. Meskipun terkesan rumit di awal, namun jika Anda mengetahui cara mengatur keuangan pribadi yang tepat.

Maka, seluruh keuangan Anda bisa termanajemen dengan baik.

Metode Pengelolaan Keuangan Pribadi

Berdasarkan beberapa referensi, tutorialae telah merangkum beberapa metode pengelolaan uang yang bisa Anda terapkan berikut ini :

1. Metode Budget Jar

Jika Anda ingin menerapkan cara mengatur keuangan pribadi dengan metode budget jar. Maka, hal pertama yang harus Anda tanamkan bagaimana konsistensi dalam membagi budget bulanan menjadi 6 atau beberapa jenis sesuai kebutuhan pribadi.

Setelah Anda menentukan total kebutuhan, selanjutnya yaitu perlu menyiapkan toples dengan total yang sama. Nantinya jar tersebut akan Anda gunakan untuk menyimpan keuangan.

Baca juga : Kenali 8 Jenis Investasi Paling Menguntungkan

Berikan label tujuan pemakaian uang pada toples agar pembagian lebih jelas. Tips menyimpan uang ini bisa Anda terapkan jika sering menggunakan uang tunai.

Selain itu, metode ini banyak digunakan oleh pekerja yang ingin mengelola keuangan pribadi tetapi dengan gaji kecil.

2. Metode 50-30-20

Metode lain yang bisa Anda terapkan merupakan cetusan dari Elizabeth Warren yaitu 50-30-20. Meskipun terlihat rumit karena menunjukkan perhitungan angka, namun nyatanya metode ini sangat mudah untuk dipahami pemula, loh.

Cara mengatur keuangan pribadi dengan metode ini yaitu dengan membagi penghasilan perbulan secara merata. Pembagiannya dalam bentuk persentase 50% untuk kebutuhan utama, 30% untuk berbagai keinginan, dan 20% sisanya untuk tabungan dan berinvestasi.

Beberapa kebutuhan utama yang bisa Anda masukkan dalam 50% budgeting adalah makan dan minum sehari-hari, tagihan, asuransi, pajak, dan beberapa kebutuhan primer lain.

Untuk persentase 30% atau berdasarkan keinginan pribadi meliputi pembelian barang elektronik terbaru. Liburan juga menjadi salah satu kebutuhan yang masuk dalam keinginan individu. Bisa juga menghibur diri dengan menonton bioskop atau keliling.

20% sisanya harus masuk ke dana tabungan darurat. Di mana Anda bisa memilih untuk menabungkannya atau melakukan investasi. Namun, cara mudahnya yaitu dengan 10% untuk tabungan darurat dan 10% lainnya untuk berinvestasi.

3. Metode Kakeibo

Apakah Anda pernah mengenal metode kakeibo? cara mengatur keuangan pribadi ini merupakan besutan dari negara Sakura, Jepang.

Dalam penerapan metode kakeibo, Anda diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan terlebih dahulu sebelum mengeluarkannya, contohnya seperti :

  • Apakah barang yang ingin Anda beli benar-benar dibutuhkan?
  • Apakah Anda benar-benar memiliki uang cukup untuk membelinya?
  • Apakah membeli barang ini akan memberikan keuntungan?

Beberapa pertanyaan di atas hanya dasar sebelum Anda benar-benar yakin untuk mengeluarkan uang tersebut.

Penerapan metode kakeibo juga mengharuskan Anda untuk menuliskan hal apa saja yang telah dilakukan serta uang yang Anda keluarkan untuk kegiatan tersebut.

Cara ini mengajarkan setiap individu untuk menyadari penggunaan uang secara terperinci dan sekecil apapun itu.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Tepat?

Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan pribadi yang telah tutorialae rangkum secara ringkas agar Anda bisa melakukan pengelolaan finansial dengan baik. Ulasannya sebagai berikut :

1. Memiliki Catatan Keuangan Pribadi dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara paling mudah untuk mengatur keuangan pribadi agar efektif yaitu dengan memiliki catatan sehari-hari. Langkah ini sangat penting untuk Anda terapkan agar memiliki finansial yang baik.

Baca juga : 12 Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik Versi Tutorialae

Sebab, jika Anda konsisten menerapkannya setiap anggaran yang Anda miliki akan tertata dengan baik dan stabil hingga akhir bulan.

2. Mendahulukan Kebutuhan dibanding Keinginan

Perlu Anda ingat bahwa setiap keinginan belum tentu menjadi prioritas kebutuhan. Oleh karena itu, pastikan untuk mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Meskipun akan membuat kesal karena keinginan tidak terpenuhi, namun menerapkannya secara konsisten akan memberikan manfaat sangat besar.

Sebab, Anda bisa melakukan pengelolaan uang dengan baik. Sehingga tidak takut harus mengutang untuk menutupi kebutuhan yang tersisih akibat keinginan.

3. Hindari Hutang untuk Kebutuhan Konsumtif

Kunci utama dari keberhasilan Anda menerapkan cara mengatur keuangan pribadi adalah dengan tidak berhutang apabila tidak mendesak. Terutama jika itu berurusan dengan kebutuhan konsumtif.

Untuk sesaat, mungkin berhutang akan sangat menyenangkan sebab membantu Anda mendapatkan uang dengan cepat. Namun, namanya hutang Anda tetap memiliki kewajiban untuk membayarnya di kemudian hari.

4. Cara Mengatur Keuangan dengan Membuat Budget Bulanan

Berikutnya, Anda bisa melakukan cara mengatur keuangan pribadi dengan melakukan budgeting pada kebutuhan bulanan. Anda bisa mengatur catatan sebelum bulan baru Anda mulai.

Tuliskan apa saja kebutuhan dan keinginan yang ingin Anda penuhi dalam satu bulan. Buat perkiraan budget yang ingin Anda alokasikan pada kebutuhan atau keinginan tersebut.

Baca juga : Rekomendasi 12 Aplikasi Invoice Gratis untuk Pelaku Usaha

Setelah pelaksanaan, pastikan Anda tidak mengeluarkan uang lebih dari yang sudah teranggarkan.

5. Buat Tabungan untuk Gaya Hidup Hemat

Tidak hanya mengatur keuangan, Anda juga membutuhkan rekening khusus untuk menabung. Di mana nantinya tabungan tersebut akan memberikan manfaat kepada Anda.

Untuk meningkatkan konsistensi, Anda bisa menentukan jumlah secara pasti setiap bulannya harus memasukkan dana berapa.

Agar cara mengatur keuangan pribadi ini berjalan dengan lancar. Anda bisa merubah mindset dan menganggap bahwa tabungan ini sebagai investasi jangka panjang. Sehingga perlu untuk Anda prioritaskan dengan baik.

6. Sediakan Dana Darurat

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tentu sangat sulit untuk memprediksi hal apa yang terjadi. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga sebaiknya persiapkan dana darurat.

Tujuannya untuk mengamankan dana yang sudah Anda perkirakan untuk memenuhi kebutuhan harian. Anda bisa membuat dana darurat dari banyaknya pengeluaran setiap bulan. Besarannya harus senilai 6 atau 12 kali pengeluaran Anda.

7. Lakukan Investasi Pada Instrumen Legal

Mengapa harus berinvestasi? Pasalnya, cara mengatur keuangan pribadi dengan berinvestasi akan memberikan banyak keuntungan. Mengingat bunga yang ditawarkan akan berlipat ganda.

Baca juga : 5 Cara Mudah Berinvestasi Bagi Pemula

Apalagi saat ini Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang gencar untuk membantu banyak investor pemula terjun dalam dunia investasi. Anda bisa memanfaatkannya dengan baik untuk membuat dana semakin bertambah.

Nah, itulah beberapa cara mengatur keuangan pribadi versi tutorialae. Anda bisa menerapkannya dengan perlahan hingga tingkat konsistensi telah Anda dapatkan.

Untuk mendapatkan informasi lain mengenai keuangan, bisnis, teknologi hingga tips dan trik terbaru. Jangan lupa untuk terus mendapatkan updatenya dengan mengikuti Tutorialae.com.

Tinggalkan komentar