Rekomendasi 13 Pekerjaan Freelance Online di Era Digitalisasi 2022

Share

Perkembangan teknologi yang semakin meluas saat ini, membuat pekerjaan freelance online mengalami peningkatan peminat. Pasalnya Anda bisa mengontrol produktivitas individu tanpa harus terikat dengan jam kantor.

Bahkan baiknya, jenis pekerjaan ini tidak memandang ijazah. Semuanya berdasarkan pada minat individu serta keterampilan individu. Sehingga, dapat dikatakan bahwa freelance merupakan profesi menantang di era digitalisasi saat ini.

Anda bahkan bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan menekuni pekerjaan freelance online. Bekerja dari rumah sekarang bukan hanya angan-angan saja.

Mengenal Apa itu Pekerjaan Freelance Online

Di era digitalisasi saat ini mungkin terdapat banyak kosakata baru yang tidak semua orang memahaminya. Salah satu yang paling sering didengar adalah pekerjaan freelance online.

Lantas apakah freelance itu? Jika didefinisikan secara sederhana, freelance merupakan sebuah pekerjaan yang tidak memiliki ikatan kontrak resmi. Sehingga siapapun pelaku di dalamnya dapat memutuskan pekerjaan kapan saja.

Baca juga : Ketahui 17 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Umumnya, jenis pekerjaan ini dilakukan dalam waktu singkat. Namun, beberapa juga memberikan kontrak jangka panjang yang tidak mengingat. Sehingga, ketika ingin lepas dari pekerjaan ini tidak akan terjadi pelanggaran kontrak apapun.

Seorang pekerja lepas sering disebut sebagai freelancer. Umumnya jenis pekerjaan ini dilakukan secara online. Sehingga, Anda bisa menjadi pekerja freelance online di rumah. Bahkan juga terdapat pekerjaan freelance online untuk mahasiswa.

Rekomendasi Pekerjaan Freelance Online untuk Mendapat Penghasilan Tambahan

Jika Anda berniat untuk mencoba banyak hal baru. Di mana hal tersebut sesuai dengan minat dan bakat Anda, memulainya dengan pekerjaan freelance online merupakan pilihan tepat.

Sebab selain menyalurkan minat Anda untuk mendapatkan penghasilan. Hal tersebut juga tidak akan membuat Anda jenuh selama menyelesaikan pekerjaan.

Berikut ini beberapa rekomendasi pekerjaan freelance online yang dapat Anda coba dan terapkan untuk memperoleh penghasilan tambahan :

1. Web Development

Freelance Web Developer

Memulai pekerjaan freelance online menjadi seorang web developer tentu hal menakjubkan untuk dilakukan. Sebab, memiliki kemampuan khusus dalam bahasa pemrograman yang hanya bisa dipahami oleh seseorang di bidangnya.

Menjadi seorang web developer, Anda wajib memiliki kemampuan khusus seperti front end dan backend. Sebab, pada masing-masing bidang ilmu tersebut terdapat bahasa pemrograman yang nantinya digunakan untuk membentuk web.

Pada front end, Anda akan memerlukan bahasa markup seperti HTML serta CSS dengan bahasa program Javascripts. Sedangkan bahasa program pada Backend adalah PHP, Java, Python, serta framework seperti Laravel.

2. Android Developer

Freelance Android Developer

Jenis pekerjaan freelance online selanjutnya adalah Android Developer. Bagi Anda yang memiliki basic IT, maka pekerjaan ini sangat cocok dikerjakan sebab saat ini sedang naik daun karena permintaan proyek cukup banyak.

Baca juga : 6 Penghasilan Sampingan Programmer

Mengapa demikian? Sebab pengguna perangkat mobile mengalami peningkatan seiring bertambahnya tahun. Sehingga, bagi Anda pemilik basic IT mempelajari bahasa pemrograman mobile penting dilakukan selain website.

Biasanya, profesinya ini memanfaatkan tools Android studio dengan bahasa program Kotlin dan Java.

3. Content Writer

Freelance Content Writer

Pernah mengenal atau mendengar profesi content writer? Pekerjaan freelance online ini mengharuskan seseorang memiliki kemampuan dalam dunia tulis menulis. Dalam era digitalisasi saat ini, menjadi penulis artikel atau content writer merupakan pekerjaan bagus.

Sebab, tingkat persaingan website dalam memberikan konten terbaik semakin ketat. Adanya content writer ini memungkinan sebuah website masuk pada halaman pertama mesin pencari. Tentunya ketika Anda berhasil menerapkan kaidah SEO atau search engine optimization.

Menjadi content writer tidak bisa dibilang susah, tetapi juga bukan berarti mudah dilakukan. Sebab, Anda harus mempelajari banyak konten sebelum menghasilkan tulisan berkualitas. Tujuannya agar hasil tulisan Anda mampu menyaingi situs lain pada mesin pencari

4. Copywriting

Anda memiliki public speaking yang bagus? Mampu menganalisa dan memberikan kalimat pengikat pada setiap produk? Maka, pekerjaan freelance online sebagai copywriting merupakan pilihan tepat.

Sebab, copywriting merupakan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan iklan. Tujuannya untuk membentuk ketertarikan seseorang terhadap produk maupun brand yang ditawarkan.

5. Web Design

Situs website saat ini menjadi poin utama kebutuhan banyak orang. Tidak hanya pada blogger saja, seorang pebisnis sekarang ini juga membutuhkan website untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu, keberadaan website mampu memberikan kepercayaan terbaik pada para konsumen. Sehingga, menjadi web design dalam memulai pekerjaan freelance online bukanlah hal yang buruk.

6. Animator

Tidak bisa dipungkiri pengembangan animasi hingga saat ini masih sangat dibutuhkan. Sebagai animator Anda bisa memulai pekerjaan dengan memproduksi film, iklan, maupun permainan.

Baca juga : Ketahui 9 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Jika di Indonesia jenis pekerjaan ini kurang begitu up di public. Anda bisa memulai pekerjaan freelance online di luar negeri melalui beberapa situs pembantu. Sehingga, ilmu yang Anda miliki dapat memberikan Anda penghasilan meskipun dilakukan secara daring.

7. Desain Grafis

Freelance Design Grafis

Memiliki bakat dalam menggambar juga bisa membuat Anda mendapatkan pekerjaan freelance online. Saat ini terdapat banyak situs yang mencari tenaga tambahan untuk pembuatan desain logo, poster, hingga banner.

Anda bisa memanfaatkan skill yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi jika kemampuan menggambar Anda telah diakui oleh banyak pihak. Maka, seiring berjalannya waktu, fee yang diterima juga akan bertambah.

8. Business Analyst

Business Analyst

Pekerjaan freelance online selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan menjadi business analyst. Sesuai dengan namanya, pekerja lepas akan diminta untuk melakukan analisa bisnis terhadap sebuah perusahaan maupun instansi.

Bahkan tidak jarang Anda juga harus melakukan penilaian terkait model bisnis yang dijalankan. Kemudian, Anda bisa mengintegrasikan dengan teknologi untuk mendapatkan solusi terbaik.

Jika mengambil freelance ini, Anda harus memiliki basic pendidikan IT. Soft skill tuntutan lainnya yaitu memiliki pemikiran kritis dan mampu mengambil keputusan untuk kemajuan bisnis. Pastikan public speaking Anda cukup baik di bidang ini.

9. Data Entry

Mengenal kalimat Admin pada setiap pekerjaan. Mungkin data entry tidak memiliki pengertian yang jauh berbeda. Jenis pekerjaan ini sangat diminati oleh beberapa mahasiswa perkuliahan maupun fresh graduate.

Pasalnya meskipun termasuk dalam jenis pekerjaan lepas, tugas yang diberikan bisa terbilang mudah. Cara kerja yang umum terjadi yaitu Anda akan disuruh untuk memasukkan data pada database melalui form online. Pekerjaan freelance online ini cocok untuk menambah penghasilan anak muda yang masih kuliah.

10. Data Scientist

Scientist sangat identik dengan pengetahuan dan perhitungan. Jika Anda salah satu dari beberapa orang yang menyukai kalkulasi, maka memulai pekerjaan freelance online sebagai data scientist sangat cocok dicoba.

Sebab, perkembangan bisnis yang semakin meluas ini tentu tidak lepas dari sebuah data. Data scientist sangat dibutuhkan untuk melakukan algoritma dalam menangkap data yang relevan.

Anda nantinya juga harus menyusun dan melakukan analisa data terlebih dahulu sebelum melaporkannya. Di mana, melihat kerumitan prosesnya sudah bisa dipastikan bahwa pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

11. Digital Marketer

Digital Marketing

Mungkin Anda sering mendengar istilah marketing sejak beberapa tahun belakangan. Namun, mengenal digital marketing apakah masih sangat asing? Jika iya, maka perhatikan kalau pengertian sederhananya adalah seseorang yang melakukan tugas pemasaran melalui jaringan internet.

Dalam melakukan pekerjaannya, Anda harus memahami berbagai macam strategi pemasaran di dunia daring. Sebagai pelaku pekerjaan freelance online, Anda wajib mengerti apa itu email marketing, PPC atau pay per click, search engine marketing (SEM), search engine optimization (SEO), maupun media sosial.

12. SEO Specialist

Freelance SEO Specialist

Setelah memahami jenis pekerjaan digital marketer. Anda juga perlu mengerti bahwa setiap pekerjaan dalam dunia digital saling bergantung. Salah satunya SEO specialist yang mampu memberikan dampak kepopuleran terhadap sebuah situs.

Baca juga : 6 Cara mendapatkan uang dari blog

Teknik SEO yang tidak lagi asing bagi pelaku pekerjaan freelance online ini mampu meningkatkan posisi sebuah situs untuk naik di tangga mesin pencarian. Sehingga, hal tersebut akan memudahkan user menemukan akun atau halaman bisnis yang Anda jalankan.

Menjadi SEO Specialist, Anda harus siap-siap mendapatkan gaji lebih dari rata-rata. Sebab, karena pekerjaan ini tidak bisa dibilang mudah dan membutuhkan effort lebih untuk melaksanakan kaidahnya. Maka, beberapa perusahaan berani membayar mahal untuk hal tersebut.

13. Financial Advisor

Financial Advisor

Rekomendasi terakhir dari pekerjaan freelance online adalah financial advisor. Tidak ada salahnya memanfaatkan kemampuan Anda dalam merencanakan keuangan dengan baik untuk mendapatkan penghasilan.

Anda bisa memberikan nasihat maupun gambaran kepada klien terkait perencanaan serta tujuan finansial kedepannya. Selain itu, solusi dari setiap permasalahan klien bisa Anda berikan dengan cara lebih baik.

Contoh pekerjaan ini bisa dikerjakan dengan membuat skema skala prioritas terhadap pengeluaran bulanan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan saran terkait penyisihan penghasilan untuk dana darurat.

Terakhir, pastikan untuk mengarahkan klien agar segera memulai investasi. Dan jelaskan secara detail alasan serta tujuan investasi di masa depan.

Memulai Karir dengan Pekerjaan Freelance Online

Menjadi seorang pekerja lepas tentu tidak menjadi masalah. Pasalnya pekerjaan ini juga mampu memberikan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan. Anda hanya perlu ketekunan serta ketepatan dalam mengerjakannya.

Baca juga : Rekomendasi 13 Tools untuk Digital Marketing

Apalagi berbagai rekomendasi yang telah disebutkan di atas sangat banyak. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan minat dan bakat. Sehingga, menjalani pekerjaan akan lebih enjoy dibanding terpaksa hadir di dalam kantor.

Beberapa rekomendasi Pekerjaan Freelance Online tersebut bisa Anda jadikan acuan. Apabila Anda membutuhkan informasi terbaru terkait teknologi, bisnis, serta tutorial lainnya Anda bisa mendapatkannya berdasarkan update terkini dari Tutorialae.

4 pemikiran pada “Rekomendasi 13 Pekerjaan Freelance Online di Era Digitalisasi 2022”

Tinggalkan komentar