Perbedaan dan Kelebihan Jaringan 5G di Indonesia

Share

Meluasnya perkembangan teknologi saat ini, membuat Anda harus mengetahui apa saja kelebihan jaringan 5G di Indonesia. Pasalnya, meluasnya pengguna internet membuat berbagai inovasi semakin marak digencarkan.

Salah satunya terkait inovasi pembaharuan dari jaringan sebelumnya yaitu 4G. Mengetahui apa saja perbedaan dan kelebihan dari masing-masing akses internet tersebut akan membuat Anda memiliki gambaran.

Baca juga : Tutorial Cara Install Trello di Android Cepat dan Mudah

Baik dari segi pemakaian, dan bagaimana sistem penggunaannya. Pasalnya, tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh perorangan, jaringan ini meluas hingga berbagai segmen industry. Hal tersebut tentu membuat Anda semakin penasaran seperti apa jaringan 5G di Indonesia.

Apa itu 5G?

Bagi Anda yang masih belum memahami apa itu 5G tidak perlu khawatir. Di sini kami akan menjelaskannya secara detail dan akurat. Di mana 5G merupakan generasi kelima dari jaringan seluler yang sebelumnya telah ada. Mulai dari 1G, 2G, 3G, hingga 4G.

Perkembangan generasi teknologi jaringan ini membuat sebuah standar sinyal komunikasi pada perangkat seluler. Di mana ketentutan tersebut telah ditetapkan dalam International Telecommunication Union (ITU).

Sehingga perlu Anda pahami, penggunaan ‘G’ atau generasi merupakan ketetapan standar dalam skala Internasional. Jika terjadi pembaharuan pada pasar global, maka penggunaan generasi sebelumnya akan mulai melemah.

Perbedaan Jaringan 4G vs Jaringan 5G

Sebelum mengetahui apa saja kelebihan dari jaringan 5G, ada baiknya Anda paham terlebih dahulu poin apa yang membedakan keduanya. Jika dikalkulasikan berdasarkan perkembangan generasi, maka sudah pasti dari kecepatan jaringan akan sangat berbeda.

Baca juga : Tutorial Install Notion di Android Terbaru 2022

Apabila Anda menemukan kecepatan di angka 49-50 Mbps pada jaringan 4G. Kini, memanfaatkan jaringan 5G, nilai kecepatannya akan naik 100x lipat hingga 10 Gbps. Hal ini tentu sangat menguntungkan di era digitalisasi, bukan?

Perbedaan lain bisa Anda temukan pada latensi. Teknologi pembaharuan pada 5G memanfaatkan latensi atau ultra-reliable, low-latency connection (URLLC) jauh lebih rendah. Hal ini dilakukan sejak informasi atau media dikirim dan diterima.

Sehingga, proses unduh dengan memanfaatkan jaringan 5G akan jauh lebih cepat dibandingkan 4G. Meskipun sebenarnya penggunaan latensi di 4G sudah rendah, namun pada teknologi 5G pemanfaatan latensi hampir bernilai nol.

Kenali Apa Saja Kelebihan Jaringan 5G di Indonesia

Mengetahui apa saja kelebihan jaringan 5G akan memberikan Anda pengetahuan terkait perkembangan teknologi. Tentunya bisa Anda manfaatkan untuk perkiraan masa depan.

Beberapa kelebihan dapat Anda simak pada pembahasan berikut :

1. Memiliki Latensi Rendah

Kelebihan jaringan 5G yang pertama adalah kepemilikan latensi yang sangat rendah. Latensi sendiri merupakan suatu jeda waktu untuk mentransfer data dari pengirim kepada penerima atau sebuah perangkat.

Jika jeda waktu tersebut tinggi, maka respon yang diterima akan semakin lambat. Sehingga, penggunaan latensi rendah ini untuk mengurangi nilai minus pada daya tangkap dan respon tersebut. Bahkan, jaringan ini memiliki transmisi sangat cepat kurang dari lima milidetik.

Kelebihan dari latensi 5G ini juga bisa dirasakan pada pemrosesan visual manusia. Sehingga, proses control perangkat dari jarak jauh hampir secara real-time. Sehingga manfaatnya akan sangat berguna bagi berbagai sektor, mulai dari pekerjaan, bisnis, hingga gamer.

2. Mampu Mengendalikan Drone

Kelebihan jaringan 5G berikutnya yaitu Anda bisa mengendalikan drone. Tentunya hal ini sangat berguna bagi berbagai sektor pekerjaan. Mulai dari pertanian, pemetaan, hingga militer.

3. Memiliki Koneksi Internet Lebih Cepat

Setiap inovasi dari perkembangan jaringan tentu memiliki peningkatan signifikan. Hal ini tidak berbeda pada teknologi 5G yang telah meningkat melampaui 4G LTE. Bahkan, nilai kecepatannya mencapai 100x lipat dibandingkan sinyal pada 4G, yaitu setara dengan penggunaan 10 Gbps.

Baca juga : Cara Install Telegram di Laptop Windows 11

Nilai yang sebesar itu akan sangat bermanfaat untuk melakukan berbagai aktivitas terutama dalam sektor industri. Bahkan bagi Anda pengguna individu, aktivitas harian seperti menonton dan mengunduh film akan jauh lebih cepat dan mudah,

4. Meningkatkan Teknologi VR

Tidak hanya berbagai keuntungan di atas yang bisa Anda dapatkan. Perkembangan teknologi VR juga memungkinkan Anda untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Apalagi jika dikombinasikan dengan koneksi serta latensi, permainan game berbasis AR akan semakin mudah di akses.

Sehingga untuk Anda yang membutuhkan kualitas video terbaik. Bahkan lebih realistis, tidak perlu mengalami lag terlebih dahulu.

5. Kecepatan Transmisi

Meskipun pada jaringan sebelumnya 4G, kecepatan transmisi sudah baik. Namun, penggunaan 5G akan meningkatkan kecepatan jauh lebih baik. Sehingga, Anda bisa menikmati kecepatan lebih ekstra saat mengakses file, program, maupun aplikasi remote secara langsung tanpa menunggu.

Hal ini juga berlaku pada Anda yang melakukan intensif pada cloud. Maka seluruh perangkat baik ponsel, komputer maupun jenis lainnya yang tergantung pada memori internal akan terakumulasi.

6. Operasi Jarak Jauh

Pernahkah Anda mengetahui kegiatan operasi jarak jauh? Jika tidak, maka perkembangan teknologi melalui pembaharuan jaringan 5G akan membantu Anda untuk mewujudkannya.

Baca juga : Cara Daftar Akun Telegram di Laptop

Pasalnya teknologi yang semakin canggih ini, memungkinkan seorang ahli bedah untuk melakukan operasi di daerah terpencil. Tentunya tanpa fasilitas atau kekurangan layanan kesehatan.

Hal ini pernah dibuktikan oleh salah satu tim medis asal Cina. Di mana mereka melakukan operasi kistektomi atau pengangkatan kandung kemih jarrah jauh pada pasien. Lokasinya sekitar 3.000 kilometer dengan bantuan robot bedah yang telah memanfaatkan jaringan 5G tersebut.

7. Mobil Tanpa Pengemudi

Berkendara bukankah semacam makanan sehari-hari? Hampir setiap aktivitas tanpa kendaraan akan terasa melelahkan. Sehingga transportasi menjadi salah satu bagian penting dalam inovasi perkembangan teknologi.

Salah satunya bentuk peningkatan program ini yaitu dengan memanfaatkan jaringan 5G. Di mana, Anda bisa menemukan sebuah mobil tanpa adanya pengemudi atau mobil otonom.

Mobil ini dapat bergerak dengan kemampuan proses data banyak dengan kecepatan yang mampu meniru waktu refleks manusia. Bahkan, Anda juga bisa menikmati komunikasi satu sama lain secara real time. Tidak hanya itu, pembacaan sensor pada sekitar kota seperti lampu jalan, atau pom bensin juga bisa Anda lakukan.

8. Peningkatan Kapasitas Internet

Memiliki kecepatan dengan nilai 100x lebih dari 4G, maka tidak heran jika kapasitas internet yang ditawarkan jaringan ini senilai 1000x lipat lebih besar. Bahkan, jika kapasitas ini mencapai ribuan perangkat untuk komunikasi secara mulus.

Penambahan kapasitas jaringan 5G ini akan memberikan dampak berbeda pada setiap orang di berbagai sektor. Jika Anda misalnya memanfaatkan teknologi, maka penyelesaian ribuan sensor menggunakan ratusan mesin akan secara otomatis selesai tepat waktu.

9. Menghubungkan Perangkat Lebih Banyak

Memiliki kecepatan dan keunggulan lain yang mendominasi. Tentunya nilai ini memungkinkan teknologi 5G untuk menghubungkan banyak perangkat. Peningkatan pesat ini bisa terjadi hingga skala jutaan per kilometer persegi.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Rapi

Di mana setiap perangkat yang terhubung akan mampu mendapatkan akses koneksi instan pada internet. Tentunya secara real time untuk saling bertukar informasi. Bahkan, untuk menghubungkan lebih dari puluhan rumah dalam mengirim dan menerima informasi bisa saja dilakukan.

Jika dilakukan dengan bijak, maka penggunaan dan pemanfaatan jaringan ini memungkinkan terbentuknya kota pintar. Seperti penempatan sensor pada berbagai titik dan juga objek kota.

10. Cloud Gaming

Kelebihan terakhir dari pemakaian jaringan 5G adalah Anda bisa memanfaatkannya untuk streaming game berbasis Cloud. Di mana Anda bisa melakukan pengiriman input kendali pada server.

Nantinya, respon tersebut akan diproses, dilakukan render, dan kemudian mengirimkan hasilnya pada stream tampilan yang telah dikompres kembali pada perangkat kita. Teknologi ini memberikan kualitas gambar lebih baik. Selain itu, ponsel dan baterai tidak cepat panas, bahkan lebih awet.

Sudah Mengenal Pembaharuan Teknologi 5G?

Apakah Anda sudah mengenal pembaharuan dari teknologi ini? Tentunya dengan berbagai kelebihan jaringan 5G di Indonesia. Beberapa informasi di atas hanya beberapa yang bisa kami jabarkan.

Baca juga : Apa itu Programming? Berikut Pengertian dan Penjelasannya!

Mulai dari tingkat latensi yang rendah, cloud gaming, kecepatan jaringan, dan beberapa keunggulan lain. Pastikan di era digitalisasi saat ini, Anda bisa memanfaatkan peningkatan teknologi dengan baik.

Selain itu, untuk mendapatkan berbagai informasi terkait teknologi, tutorial, tips n trik, maupun bisnis. Anda bisa mengikuti perkembangan terbarunya hanya di Tutorialae.

Tinggalkan komentar