Rekomendasi 13 Tools untuk Digital Marketing Terbaik 2022

Share

Tools untuk digital marketing menjadi kebutuhan banyak pelaku bisnis. Terutama dalam meningkatkan brand awareness. Biasanya penggunaan beberapa aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan traffic website.

Apalagi pasar digital yang merambah pada berbagai aspek. Sehingga, memanfaatkan teknologi dengan baik tidak akan membuat Anda ketinggalan perkembangan.

Mengenal Apa itu Marketing Tools?

Mendengar kata marketing tools saat ini tentu tidak asing lagi. Terutama pada generasi milenial yang sudah canggih dan melek terhadap perkembangan teknologi.

Marketing digital tools adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Kebanyakan aplikasi ini dipakai untuk menunjang promosi suatu brand.

Tetapi meski begitu, aplikasi ini tidak selalu membahas mengenai iklan maupun sosial media saja. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan dalam bentuk digital marketing platforms maupun marketing tool online.

4 Jenis Marketing Tools Dunia Digital

Sebelum menggunakan beberapa aplikasi yang akan direkomendasi. Sebaiknya, Anda mengetahui jenis marketing tools berikut ini :

1. Website

Salah satu jenis marketing tools pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk adalah Website. Pasalnya, media satu ini memberikan layanan penuh selama 24 jam.

Tidak bisa dipungkiri, memiliki website akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand ataupun produk yang Anda kenalkan. Selain itu, penggunaan website akan bermanfaat dalam pemberian informasi secara detail.

2. Sosial Media

Jenis kedua Anda dapat memanfaatkan sosial media. Platform satu ini memiliki persentase peluang penjualan cukup tinggi dalam memasarkan atau mengenalkan produk kepada beberapa pihak.

Baca juga : Rekomendasi Tools Terbaik Peningkat Produktifitas

Anda dapat melakukannya dengan posting beberapa materi penjualan. Platform satu ini merupakan salah satu jenis digital marketing tools free yang patut untuk Anda terapkan.

Anda juga dapat memperluas pasar dengan media promosi ini. Sehingga traffic website akan terus mengalami kenaikan. Namun, pastikan konten yang Anda buat mampu menarik calon pembeli.

3. Merchandise

Berikutnya, Anda dapat mengenal salah satu teknik marketing yaitu dengan menggunakan merchandise. Tidak bisa dipungkiri, langkah ini cukup efektif dalam meningkatkan minat konsumen.

Anda dapat membagikan merchandise pada beberapa event. Selain itu, memanfaatkan sosial media dengan mengadakan giveaway juga merupakan langkah tepat.

4. Web Banner

Jenis marketing terakhir yaitu web banner. Di mana, ini merupakan suatu iklan yang terbuat dari suatu objek maupun gambar multimedia dan ditampilkan pada suatu halaman website. Anda dapat memuat informasi jelas terkait bisnis yang dijalankan.

Inilah Contoh Digital Marketing Tools untuk Optimasi Bisnis

Perkembangan teknologi membuat konten digital marketing selalu mengalami perubahan. Pasalnya hal ini membuat catatan dan kualitas yang dibuat semakin kompleks.

Memanfaatkan tools untuk digital marketing akan memudahkan pekerjaan Anda. Sebab, penggunaannya sangat ringan dan efisien. Beberapa rekomendasinya dapat Anda simak dalam pembahasan berikut ini :

1. Hootsuite

Tools Hootsuite

Contoh marketing tools yang dapat Anda pilih untuk optimasi bisnis adalah Hootsuite. Sebab, aplikasi ini menjadi salah satu media paling populer beberapa dekade  terakhir.

Memanfaatkan Hootsuite, Anda bisa melakukan monitoring dan mengatur jadwal secara otomatis pada tiap postingan akun di sosial media dalam satu dasbor saja. Nantinya, konten akan disimpan pada Cloud dan dapat diakses 24 jam.

Hootsuite juga menawarkan keunggulan dalam hal analisa. Hal ini berguna dalam mengukur performa dari media sosial yang Anda miliki. Biaya berlangganan tools ini sekitar US$29.

2. Buffer

Tools Digital Marketing Buffer

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan Buffer. Tidak berbeda jauh dengan Hootsuite, aplikasi satu ini juga menawarkan keunggulan dalam hal manajemen marketing pada media sosial.

Tampilan yang diberikan pun sangat simpel serta intuitif. Selain itu, juga terdapat beberapa fitur canggih lainnya. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur untuk merencanakan strategi, pembuatan konten, jadwal posting, hingga interaksi followers melalui Direct Message.

Situs ini dapat Anda akses dengan biaya berlangganan mulai dari US$199. Tetapi, penggunaan awal bisa digunakan secara gratis. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk bekerja bersama tim.

3. Ahrefs

Ahrefs Tools

Dapat meningkatkan personal branding maupun brand awareness, Anda membutuh suatu SEO (search engine optimization). Sebab, prinsip ini akan memudahkan pelaku usaha untuk meningkatkan traffic pada website yang dibangunnya.

Baca juga : 10 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Optimasi Website

Ahrefs fokus pada pencarian kata kunci. Sehingga, Anda dapat melakukan analisis terhadap kompetitor website. Selain itu, Ahrefs juga memberikan kemudahan dalam melacak ranking.

4. Canva

Canva Tools

Bagi pelaku bisnis yang tidak memiliki kemampuan dalam mendesain. Tidak perlu khawatir, sebab Anda dapat mengoptimalkan usaha dengan memanfaatkan Canva.

Aplikasi satu ini memberikan kemudahan dalam memberikan visual konten berkualitas. Sistem kerjanya yaitu dengan drag and drop. Anda bisa menemukan berbagai image, icon, font, hingga templates secara gratis.

5. Unsplash

Tools Unsplash

Apabila dalam membuat konten marketing digital Anda tidak menemukan image sesuai kriteria. Anda bisa memanfaatkan Unsplash dan mengkombinasikan bersama Canva.

Meski beberapa mengharuskan Anda membayar. Tetapi situs ini memberikan banyak pilihan visual yang bisa di akses secara luas dan gratis.

6. Google Analytics

Google Analytics

Pelaku digital marketing tentu tidak lagi asing dengan tools satu ini. Merupakan cabang dari perusahaan Google, membuat banyak pihak dapat memanfaatkannya secara gratis.

Google analytics memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis terkait promosi. Mulai dari demografi audiens, perilaku, bounce rate, hingga berbagai daftar kata kunci.

7. MixPanel

Digital Marketing MixPanel

Meskipun sering dikabarkan menjadi kompetitor utama Google Analytics. Kedua tools ini tetap bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk menunjang pemasaran brand.

Beberapa fitur yang ditawarkan MixPanel sebagai berikut :

– Kemudahan dalam melakukan pelacakan secara realtime

– Memudahkan pelaku usaha dalam melihat tingkat konversi, registrasi pengguna, hingga performa kampanye

– MixPanel bisa Anda manfaatkan secara gratis dengan fungsi terbatas.

8. Facebook Ads

Facebook Ads

Memanfaatkan sosial media sebagai tempat untuk menjaring konsumen merupakan langkah tepat. Apalagi saat ini Facebook telah menyediakan fitur Facebook Ads untuk memudahkan pengguna dalam memasarkan brand.

Menggunakan Facebook Ads akan memberikan akses kepada pelaku usaha untuk menemukan pasar sesuai brand. Sebab, nantinya penggolongan dapat dipilih berdasarkan lokasi, minat, hingga perilaku pengguna.

9. Monday

Platform Monday

Dalam menjalankan online marketing tools, biasanya pelaku usaha membutuhkan media untuk melakukan manajemen dan kolaborasi. Salah satu platform yang dapat memberikan Anda kemudahan akses tersebut adalah Monday.

Baca juga : Tutorial Install Notion Pada Windows 11

Pada aplikasi tersebut Anda akan melihat papan tugas dengan label working on hingga done. Selain itu, untuk memudahkan koordinasi Anda juga bisa memberikan deskripsi agar keseluruhan tim dapat melihat.

Beberapa fitur pada aplikasi Monday, sebagai berikut :

– Memiliki board sebagai media untuk mendeskripsikan task. Board ini bisa Anda atur secara umum maupun private. Anda juga dapat memberikan timeline dan status untuk melakukan manajemen kerja lebih baik

– Monday memudahkan pengguna dengan memberikan fitur automation notifikasi pada taks yang akan dikerjakan

– Kemudahan berikutnya dapat dirasakan sebab fitur checklist untuk memberikan tanda pada task yang telah selesai

10. SurveyMonkey

SurveyMonkeys

Melakukan survey untuk mengetahui keinginan pasar sangat jarang dilakukan oleh pelaku bisnis. Padahal hal ini sangat menunjang dan mempengaruhi tingkat keberhasilan usaha.

Saat ini, Anda dapat melakukan survey secara online dengan memanfaatkan marketing tools dari SurveyMonkey. Sehingga, Anda tidak perlu melakukannya secara manual.

Beberapa fitur unggulan SurveyMonkey dapat Anda simak berikut ini :

– SurveyMonkey memiliki beragam koleksi template, sehingga Anda dapat membuat berbagai jenis pertanyaan, format jawaban hingga kotak esai.

– Analisa dan hasil survey bisa Anda dapatkan secara real-time. Sehingga bisa Anda undur dan salin kapan saja

– SurveyMonkey memberikan kemudahan pelanggan untuk mengakses tools selama 24 jam penuh

11. Feedly

Aplikasi Feedly

Salah satu tools untuk melakukan riset konten dengan pengguna cukup banyak adalah Feedly. Tools satu ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki penggunaan cukup mudah.

Menggunakan Feedly, Anda bisa melakukan monitoring pada setiap konten marketing yang dibuat. Hal ini akan memberikan Anda kemudahan dalam menemukan trend topic serta konten yang efektif dalam meningkatkan traffic.

12. HubSpot

Tools HubSpot

Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan HubSpot yang merupakan tools esensial bagi pelaku digital marketing. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan kepada pelaku bisnis dalam mengembangkan usaha.

Fitur yang ditawarkan antara lain :

– HubSpot memiliki formulir web, formulir pop-up, dan software live chat

– Kemudahan dalam mengirimkan surat email marketing

– Analisa perilaku pengunjung dapat dilakukan dengan cepat dan mudah

– Akses bisa Anda lakukan secara gratis

13. Google AdWords

Tools Marketing Google AdWords

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan Google AdWord untuk meningkatkan optimasi pemasaran. Tools satu ini merupakan salah satu produk kesayangan Google, sebab mampu menjaring banyak pihak untuk melakukan iklan pada Google.

Google Adwords memberikan banyak fitur yang memberikan Anda kemudahan. Salah satunya adalah keberadaan Google Keyword Planner yang bisa pengguna manfaatkan untuk melakukan riset keyword.

Selain itu, proses pendaftaran bisa Anda lakukan secara gratis. Nantinya biasa perhitungan iklan setelah pemasangan selesai dilakukan.

Penutup

Perkembangan teknologi membuat banyak pelaku usaha melakukan upaya untuk memasarkan brand-nya. Mulai dari membentuk strategi, pengumpulan informasi hingga melakukan marketing secara tepat.

Baca juga : Cara Meningkatkan Soft Skill di Era Digitalisasi

Beberapa tools untuk digital marketing di atas bisa Anda manfaatkan dengan tujuan menunjang usaha. Pastikan Anda memanfaatkan setiap tools sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba dan semoga traffic bisnis Anda mengalami peningkatan.

3 pemikiran pada “Rekomendasi 13 Tools untuk Digital Marketing Terbaik 2022”

Tinggalkan komentar