Tips Memilih Makanan Sehat Ibu Hamil Bergizi Seimbang

Share

Bagi Anda yang saat ini sedang mengandung, mengetahui tips memilih makanan sehat ibu hamil akan memberi banyak keuntungan. Selain, Anda mengetahui jenis makanan apa saja yang bagus untuk dikonsumsi. Anda juga jadi lebih dapat mengontrol pola makan.

Apalagi pemberian nutrisi selama kehamilan memberi pengaruh cukup besar terhadap kesehatan dan tumbuh kembang janin. Di mana, pada tiap perkembangan usia janin selalu membutuhkan berbagai asupan yang lebih banyak.

Selain fokus dalam menjaga kesehatan selama mengandung. Saran yang harus diterapkan oleh Ibu hamil yaitu terkait pemahaman terhadap pola makan bergizi. Mulai dari kebutuhan pokok seperti karbohidrat, hingga konsumsi zat mikro seperti vitamin dan mineral.

8 Tips Memilih Makanan Sehat Ibu Hamil Bagi Pemula

Beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat ibu hamil muda dan tua, bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini :

1. Memiliki Kandungan Karbohidrat Komplek

Karbohidrat merupakan zat gizi makro yang menjadi kebutuhan dasar sebab perannya sebagai sumber energi. Memiliki kandungan serat, membuat zat gizi ini menjadi penekan rasa lapar. Anda dapat menjumpai zat gizi ini dalam bentuk produk seperti nasi, gandum, dan juga beras merah.

Tips memilih makanan sehat ibu hamil paling direkomendasikan adalah terpenuhinya kebutuhan gula sederhana dari karbohidrat. Sebab, hal ini sangat berfungsi untuk menjaga keseimbangan ibu agar tidak cepat lelah dan lesu.

Selain serat, dalam karbohidrat yang sering Anda makan juga terdapat selenium dan vitamin E yang berguna untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, Anda wajib memperhatikan konsumsi karbohidrat harian. Sebab, kebutuhan ini tidak hanya terserap oleh ibu tetapi juga janin.

2. Terdapat Asupan dari Protein Hewani dan Nabati

Berikutnya tips memilih makanan sehat ibu hamil adalah protein. Salah satu zat makro ini dibagi menjadi dua yaitu hewani dan nabati. Dalam proses tumbuh kembang bayi di dalam rahim, protein hewani memiliki peranan lebih penting dibanding nabati.

Sebab, berasal dari hewan yang memiliki kandungan asam amino. Membuat protein hewani berfungsi dalam membantu pembentukan otak janin. Selain itu, juga berperan penting dalam pertumbuhan selama kehamilan berlangsung.

Meski begitu, tubuh tetap membutuhkan protein nabati. Sebab berasal dari kacang-kacangan dengan kandungan serat cukup tinggi. Membuat makanan ini tinggi akan kalsium, folat, seng, dan juga zat besi.

3. Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral

Buah dan sayuran merupakan salah satu pilihan dari makanan tinggi vitamin dan mineral. Meskipun termasuk dalam zat gizi mikro, apabila kebutuhannya pada janin tidak terpenuhi tetap akan membawa pengaruh cukup besar.

Salah satu jenis mineral yang banyak dibutuhkan pada proses kehamilan adalah zat besi. Sebab berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga nantinya selama proses melahirkan dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, tips memilih makanan sehat ibu hamil salah satunya dengan memastikan kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi. Anda bisa mendapatkan zat gizi ini dari konsumsi buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan papaya. Sedangkan sayur sebaiknya Anda konsumsi lebih banyak bayam dan daun kelor.

4. Kaya Serat

Bagi ibu hamil, mengonsumsi makanan kaya serat menjadi suatu kewajiban. Sebab, dapat mengurangi risiko terjadinya preeklamsia selama kehamilan. Oleh karena itu, tips memilih makanan sehat ibu hamil yang penting diperhatikan. Terlepas dari konsumsi buah dan sayur adalah mencari makanan kaya serat.

Melakukan hal tersebut sangat bermanfaat dalam meminimalisir rasa bosan terhadap makanan. Terlebih ibu hamil sangat sensitif terhadap banyak hal. Beberapa makanan yang bisa Anda coba seperti jenis sereal, kacang-kacangan, gandum, dll.

5. Makanan Tinggi Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu mineral yang memiliki peran penting saat kehamilan. Peranannya sangat efektif jika Ibu mengkonsumsinya bersamaan dengan vitamin C. Sehingga, Anda dapat menggabungkan jenis makanan ini untuk memperbaiki kadar hemoglobin.

6. Makanan Rendah Gula dan Lemak

Selama hamil, Anda tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan. Namun, ada baiknya jika memilih jenis makanan rendah lemak dan gula. Sebab, hal ini berkaitan dengan kenaikan berat badan selama kehamilan.

Pada tiap orang, pengukuran ini berbeda-beda. Selain tergantung pada BB awal, perkiraan jangkauannya juga berdasarkan dari analisa berat janin. Sehingga, ketika melahirkan nanti akan berlangsung mudah dan dapat berjalan normal.

7. Produk Pasteurisasi

Tips memilih makanan sehat ibu hamil lainnya adalah produk pasteurisasi. Melalui proses pemanasan tinggi, membuat produk makanan memiliki keamanan dari segi kebersihan bakteri dan juga kuman. Sehingga, tidak rawan dan khawatir terhadap asupan yang akan diterima janin.

8. Batasi Konsumsi Fast Food

makanan yang sebaiknya tidak ibu hamil konsumsi, ternyata memang benar ada. Pasalnya, selama mengandung sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan fast food. Sebab, produk tersebut biasanya memiliki kandungan seperti senyawa nitrat dan juga pengawet.

Rekomendasi Menu Makanan Ibu Hamil

Mengikuti tips memilih makanan sehat ibu hamil tentu memberikan gambaran menu dengan gizi seimbang. Namun, pada kenyataannya tiap trimester ibu hamil memiliki jenis kebutuhan pokok yang berbeda.

Beberapa rekomendasi menu makanan ibu hamil yang dapat Anda jadikan referensi, sebagai berikut :

Contoh Menu Ibu Hamil Trimester 1

Pada awal kehamilan 3 bulan pertama, tumbuh kembang janin sangat penting Anda perhatikan. Sehingga, kebuhan nutrisi optimal sangat penting agar organ plasenta berfungsi maksimal. Pasalnya, nutrisi yang dikonsumsi ibu terserap atau tidaknya sangat di tentukan oleh plasenta janin.

Contoh menu ibu hamil trimester 1 antara lain pemenuhan zat gizi dari sayuran hijau seperti bayam, dan brokoli. Sebab asam folat sangat penting dalam program hamil. Kebutuhan gizi asam folat selama kehamilan sendiri sekitar 400 mcg.

Anda juga perlu makanan dengan sumber kolin alami seperti produk daging, maupun telur. Kolin dalam kehamilan membawa peranan terhadap pengaruh sistem saraf bayi pada masa perkembangan.

Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 2

Mulai trimester kedua, perut akan mulai tampak membesar. Dalam periode ini, menu makanan ibu hamil trimester 2 yaitu yang memiliki tinggi zat besi. Anda dapat memenuhi kebutuhan harian 45 mg zat besi dengan konsumsi makanan seperti daging, roti gandum, ikan, dan telur.

Selain itu, untuk memaksimalkan perkembangan otak, penglihatan, dan sistem saraf. Anda dianjurkan untuk memenuhi asupan asam lemak omega 3 agar resiko prematur dapat dihindari. Vitamin D juga sangat diperlukan pada periode ini.

Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 3

Periode terakhir pada masa kehamilan sering kali menimbulkan rasa mudah lelah, sudah tidur, dan terlihat tidak bugar. Oleh karena itu, Anda wajib untuk menghindari konsumsi makanan yang memiliki kandungan coklat dan juga kafein.

Menu wajib makanan ibu hamil trimester 3 adalah tinggi zat besi dan protein. Sebab, zat besi yang terpenuhi akan memberikan efek baik terhadap kadar haemogoblin di dalam darah. Selain itu, protein juga sangat penting untuk menjaga jaringan ibu dan pertumbuhan janin.

Pentingnya pola makan dan menu sehat bergizi bagi ibu hamil harus Anda pahami sedini mungkin. Sebab, hal ini memberikan pengaruh cukup besar terhadap tumbuh kembang dan keutuhan jaringan ibu. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti tips memilih makanan sehat ibu hamil dengan baik dan bijak.

Tinggalkan komentar