5 Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik Bagi Pemula

Share

Memilih perusahaan sekuritas terbaik menjadi jembatan paling penting bagi seorang investor. Pasalnya, semua berkas dan keperluannya dalam dunia investasi bergantung pada perusahaan yang menanganinya.

Anda tidak bisa asal memilih sekuritas. Saat ini cukup banyak penipuan terjadi baik di sosial media maupun di dunia nyata. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan mempelajari dengan seksama sebelum memutuskan.

Baca juga : 12 Layanan Pinjaman Online Bunga Rendah Terpercaya

Perkembangan ekonomi yang melesat, membuat Indonesia mengembangkan banyak kantor sekuritas. Hal ini bertujuan sebagai bentuk fasilitas kepada calon investor. Semakin banyak yang tertarik, maka perekonomian akan semakin membaik.

Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik, Ikuti Cara Ini!

Sebelum melangkah pada investasi, pastikan untuk memilih sekuritas yang berkualitas. Beberapa diantaranya dapat disimak pada ulasan berikut ini :

1. Terdaftar OJK dan BEI

Melakukan investasi, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mendaftarkan akun sekuritas. Jika belum mengetahui latar belakang perusahaan, Anda dapat memilih perusahaan sekuritas terbaik dengan melakukan pengecekan pada OJK dan BEI.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan sebuah lembaga yang memiliki tugas untuk melakukan penyidikan, pengawasan, dan pemeriksaan. Sedangkan BEI (Bursa Efek Indonesia) adalah pihak penyelenggara untuk investor dan penjual saham.

Jika sekuritas sudah terdaftar pada kedua lembaga tersebut, maka dipastikan perusahan tersebut aman. Anda dapat melakukan pembukaan rekening investasi dengan tenang dan nyaman. Perusahaan akan mengaturnya dengan cepat.

2. Perusahaan Sekuritas Terbaik Memiliki Catatan yang Baik

Cara kedua untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik adalah dengan melihat catatan perkembangannya. Jika sebuah lembaga memiliki catatan baik bagi investor sebelumnya, maka dapat dipertimbangkan dengan baik.

Memilih dengan teliti merupakan sebuah bentuk kewaspadaan. Anda harus memastikannya dengan seksama. Sebab hal ini bertujuan untuk menghindari tindakan penipuan pada investor baru.

Baca juga : Rekomendasi Investasi Emas Digital untuk Pemula

Tidak menutup kemungkinan hal buruk dapat terjadi jika dilakukan dengan ceroboh dan tergesa-gesa. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan riset hingga Anda percaya bahwa kantor yang dipilih adalah yang terbaik. Jangan lupa, untuk

3. Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik dengan MKBD Tinggi

Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah melihat MKBD yang tinggi. MKBD sendiri merupakan singkatan dari modal kerja bersih disesuaikan. Melalui MKBD, Anda dapat melihat kebersihan keuangan dari perusahaan tersebut.

Perusahaan dengan MKBD tinggi berhasil menunjukkan bahwa kinerja dan manajemen yang dilakukannya sangat baik. Hal tersebut merupakan pandangan dari berbagai sisi, baik dari dalam maupun luar.

Berdasarkan Bursa Efek Indonesia (BEI) nilai minimal MKBD sebesar Rp. 25 miliar. Tetapi, jika ingin memilih perusahaan sekuritas terbaik dengan MKBD tinggi. Pastikan untuk mencari sekuritas dengan minimal MKBD sebesar Rp. 250 miliar.

4. Memberikan Pelayanan dengan Mudah

Dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik, penting untuk mempertimbangkan segi pelayanan awal. Pastikan lembaga yang dipilih tidak melakukan tindakan berbelit-belit. Sehingga tidak akan memakan banyak waktu.

Pembukaan rekening ini biasanya cukup mudah dilakukan melalui aplikasi. Tetapi, beberapa kantor mengharuskan calon investor untuk datang ke lokasi. Jika merasa berat untuk datang ke kantor, Anda dapat mempertimbangkannya kembali.

Pada sistem pembukaan rekening, masing-masing lembaga memiliki ketentuan berbeda. Anda bisa mendapatkan akses sebagai investor mulai dari Rp. 100 ribu hingga jutaan rupiah. Pastikan, untuk menyesuaikan dana dengan modal invest yang dipilih.

5. Pastikan Fasilitas dan Riset yang Ditawarkan Sesuai

Cara terakhir untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik adalah dengan mengetahui fasilitas dan riset yang ditawarkan. Kantor yang baik tentunya akan memberikan fasilitas terbaik untuk memudahkan nasabahnya.

Menggunakan aplikasi dalam bertransaksi juga sebagai bentuk fasilitas yang harus ditanyakan. Pasalnya, di era digitalisasi saat ini aplikasi sangat memudahkan investor dalam bertransaksi. Selain itu, perkembangan bursa efek juga dapat dilihat dengan cepat.

Baca juga : 12 Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik Versi Tutorialae

Mudahkan analisis data, Anda bisa mencari kantor yang menyediakan riset serta pembaharuan bursa efek secara real time. Sehingga hal ini nantinya akan membuat Anda lebih efisien dalam melakukan rekap 70% IHSG.

Anda juga dapat memilih lembaga dengan fasilitas pinjaman margin untuk memudahkan investor menguasai saham. Namun, jika tipikal investor saham syariah, Anda dapat memilih perusahaan sekuritas terbaik dengan fasilitas rekening saham syariah.

Penutup

Setelah mengetahui beberapa cara memilih perusahaan sekuritas terbaik di atas. Apakah Anda telah mendapatkan gambaran perusahaan mana yang memikat dengan portofolio terbaik untuk mempercayakan investasi?

Ikuti terus perkembangan informasi terkait investasi bersama Tutorialae. Sebab situs resmi ini tidak hanya membagikan informasi mengenai tutorial teknologi saja, melainkan juga financial, bisnis, dan juga tips n trik lainnya.

Tinggalkan komentar