Tutorial Cara Install Trello di Android Mudah dan Cepat

Share

Menjadi salah satu aplikasi to do list dengan segudang manfaat, membuat banyak pihak mencari cara install Trello di android. Pasalnya, melakukan pengecekan terhadap progress kinerja melalui smartphone jauh lebih mudah dibandingkan harus membuka laptop setiap saat.

Bahkan, aplikasi ini sendiri sudah memiliki pengguna lebih dari jutaan orang di seluruh dunia. Selain karena fitur yang terdapat pada Trello terbilang lengkap. Memiliki tampilan sederhana menjadi nilai unggul dari Aplikasi satu ini.

Cara Install Trello di Android

Untuk memudahkan Anda dalam membuat management task. Ikuti proses penginstallan Trello di Android dengan mudah berikut ini :

Baca juga : Cara install Notion di Android

1. Pertama, Buka Aplikasi Playstore di ponsel

Playstore merupakan sebuah aplikasi pendukung bawaan handphone. Di mana tugasnya untuk memudahkan pemakai perangkat untuk menemukan berbagai aplikasi terbaru sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

2. Ketik ‘Trello’ pada kolom pencarian

Search Trello di Playstore

Hal ini akan memudahkan sistem untuk menampilkan jenis aplikasi sesuai dengan apa yang telah Anda tuliskan.

3. Install Aplikasi

Cara install Trello di Android

Setelah Anda selesai mendapatkan aplikasi usai mengisi kolom pencarian. Perangkat akan menampilkan halaman install. Anda hanya perlu mengklik tombol hijau bertuliskan ‘install’ pada ponsel.

4. Tunggu Beberapa Saat

Proses ini mengharuskan Anda menunggu hingga proses install aplikasi berhasil dilakukan.

5. Terakhir, Open Aplikasi untuk Menggunakan Gmail

Login Akun Aplikasi Trello

Jika keseluruhan proses install berhasil dilakukan. Tampilan pada halaman Trello akan berubah menjadi open pada kolom hijau.

Anda dapat mengklik kolom tersebut, untuk kemudian diarahkan pada proses pembuatan akun dengan pilihan sign in maupun sign up.

Cara Mudah Menggunakan Trello di Android

Jika Anda merupakan pengguna baru dari Aplikasi populer Trello. Pastikan untuk mengikuti cara mudah menggunakannya berikut ini :

Baca juga : Cara Menggunakan Aplikasi Trello di Laptop

1. Pertama, Buka Aplikasi Trello pada Smartphone Anda

Setelah mengikuti cara install Trello di Android. Aplikasi ini akan otomatis berada pada halaman smartphone. Buka perangkat tersebut untuk mulai menggunakannya.

2. Kemudian, Klik icon bertuliskan Sign up atau Log in

Login Akun Aplikasi Trello

Pada halaman ini Anda diminta untuk memasukkan akun agar dapat menggunakan Aplikasi dengan mudah. Caranya cukup tekan Log in dan pastikan untuk mengisi metode yang digunakan.

Biasanya Anda akan diberi pilihan untuk memasukkan email agar proses pendaftaran lebih mudah. Sign up ditujukan bagi Anda yang belum memiliki akun, dan dianjurkan untuk mendaftar terlebih dahulu

3. Lalu, Klik Choose a Browser App

Poin ini akan mengantarkan Anda memasuki halaman pengisian akun. Pastikan untuk mengisi alamat email dan password dengan benar.

Anda juga bisa melakukan penyimpanan akun agar lebih mudah ketika masuk ke dalam Aplikasi.

4. Selanjutnya, Buat Board

Membuat Board di Trello Android

Sama seperti tutorial menggunakan Trello di Laptop berbasis web. Anda bisa memilih icon + dengan tombol hijau. Hal ini akan mengarahkan Anda untuk melakukan penambahan board.

Anda dapat mengisi board name sesuai dengan agenda yang akan dikerjakan. Pada bagian team dan visibility, Anda bisa memasukkan nama kelompok kerja.

Terakhir, jangan lupa untuk menekan tombol ceklis pada bagian pojok kanan atas.

5. Penambahan Cards

Membuat Cards di Trello Android

Setelah berhasil membuat board. Anda kini dapat menambahkan card dengan cara yang sama pada pembuatan board.

Klik icon + dengan tombol hijau. Kemudian pada halaman Add Card, Anda bisa memilih jenis board dan list yang akan dibutuhkan untuk berdiskusi.

Selanjutnya, isikan card name dan description sesuai dengan perencanaan komunikasi bersama tim. Selain itu, Anda juga bisa melakukan penambahan terhadap member baru serta perubahan due date.

6. Proses Penggunaan Trello di Android Selesai Anda Lakukan

Setelah keseluruhan proses Anda ikuti, kini tampilan to do list, jadwal kinerja, dan penyelesaian tugas bisa Anda dapatkan. Caranya cukup mudah, bukan?

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Trello

Setiap perkembangan teknologi dalam pembuatan sebuah perangkat. Tentu terdapat kelebihan dan kekurangan. Tidak terkecuali pada Trello, beberapa kelebihan dan kekurangannya dapat Anda simak pada pembahasan berikut ini :

Kelebihan Trello

Menggunakan sebuah aplikasi, tentunya Anda membutuhkan sebuah keunggulan untuk menarik minat mendownloadnya. Menggunakan Aplikasi Trello, Anda bisa mendapatkan kelebihan seperti :

Baca juga : Rekomendasi 12 Tools Terbaik Peningkat Produktivitas

1. Penggunaan secara fleksibel

Trello merupakan sebuah aplikasi dengan keunggulan pada komponen aksesnya. Apalagi fasilitas penggunaan pada berbagai media.

Anda bisa memanfaatkan Aplikasi ini mulai dari smartphone, desktop dalam bentuk web, maupun Apple. Tentu saja penggunaannya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

2. Pengatur Tepat Deadline

Jika Anda merupakan pribadi yang membutuhkan pengingat pada setiap pekerjaan. Menggunakan Trello akan memudahkan Anda untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang harus disegerakan.

Pasalnya, Anda bisa melakukan pengaturan untuk memberikan peringatan terkait deadline pekerjaan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan over deadline terhadap proyek.

3. Mendapat Sticky Notes dengan Tampilan Lebih Rapi

Trello memudahkan siapa saja untuk mengatur to do list, jadwal, hingga perencanaan proyek. Mungkin Anda sering menempelkan berbagai sticky notes pada tampilan layar desktop.

Hal tersebut selain memenuhi layar dan terkesan tidak rapi, terkadang akan membuat Anda malas membuka laptop. Tetapi, dengan hadirnya Trello tampilan sticky notes bisa diatur dengan baik dan rapi.

Sehingga setiap pekerjaan yang perlu segera di proses, bisa Anda kerjakan dengan efektif.

4. Memudahkan Checklist Pada Satu Tempat

Fitur yang diberikan oleh Trello terkait adanya checklist memberikan kemudahan kepada penggunanya. Sebab, setiap pemakai dapat mengetahui semua to do list pada satu cards dan bisa melakukan checklist pada pekerjaan yang telah selesai.

Kekurangan Trello

Meskipun Aplikasi Trello memiliki banyak kelebihan dan penggunaan yang sangat mudah. Anda dapat memperhitungkan beberapa kekurangan dari Aplikasi ini, diantaranya :

  1. Penggunaan aplikasi hanya bisa terjadi selama pemakai terkoneksi dengan internet
  2. Fitur gratis dari Trello hanya bisa didapatkan pada versi trial. Setelah masa percobaan selesai, pengguna harus melakukan pembayaran untuk menikmati berbagai fasilitas dari Trello.
  3. Jika pencatatan proyek terlalu banyak. Maka, pengguna akan lebih sulit untuk mengontrol pengaturan proyek
  4. Kekurangan lain dari Trello adalah komentar yang telah dituliskan tidak dapat diubah ataupun dihapus.

Penutup

Setelah mengetahui penjelasan lengkap di atas. Kini Anda sudah bisa mulai untuk mengikuti cara install Trello di Android dengan mudah. Tentunya setelah memperhitungkan tiap poin-poin dari penggunaan Aplikasi ini.

Baca juga : Tutorial Install Zoom di Windows 11

Meskipun memiliki beberapa kekurangan yang dapat mempengaruhi ketertarikan Anda. Namun, perhitungkan juga berapa banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memanfaatkan Aplikasi tersebut.

Semoga pembahasan dari artikel di atas mampu memberikan Anda referensi terkait penggunaan Aplikasi Trello. Kami, akan berusaha untuk terus memberikan informasi terbaru mengenai teknologi. Pastikan Anda tidak lupa untuk mengikuti setiap update dari tutorialae.

2 pemikiran pada “Tutorial Cara Install Trello di Android Mudah dan Cepat”

Tinggalkan komentar