Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Trello di Laptop Terbaru

Share

Apakah Anda sedang mencari cara menggunakan aplikasi Trello di laptop? Tidak perlu khawatir, sebab Tutorialae akan memberikan informasi lengkap terkait aplikasi berbasis web ini. Khususnya bagi Anda yang ingin meningkatkan produktivitas kerja.

Mengapa demikian? Sebab, Trello merupakan sebuah aplikasi pendukung yang biasanya digunakan untuk kerjasama tim. Di mana fungsinya untuk menyusun manajemen kerja dan dapat diselesaikan bersama-sama.

Mengenal Aplikasi Trello

Trello adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengatur sebuah jobdesk atau kerangka kerja, baik untuk kepentingan individu maupun kelompok. Aplikasi ini memudahkan siapa saja pengguna dalam tim untuk mengetahui jenis pekerjaan, siapa yang mengerjakan, dan pekerjaan apa saja yang sudah selesai dikerjakan.

Baca juga : Cara meningkatkan soft skill di era digitalisasi

Trello bisa Anda anggap sebagai papan tulis dalam bentuk sticky notes. Nantinya tiap notes akan tertulis berbagai tugas, foto, hingga lampiran yang menyatakan sumber.

Fitur Aplikasi Trello

Meskipun Trello menjadi aplikasi dengan basis website. Perangkat satu ini memberikan Anda cukup banyak fitur. Beberapa diantaranya sebagai berikut ini :

1. Board

Fitur unggulan pertama dari Trello adalah Board. Anda dalam membuat to do list proyek secara lengkap dengan berbagai sumber informasi. Jika Anda melakukan kerjasama tim, maka keseluruhan anggota dapat melihat proyek secara bersamaan.

Efisiensi penggunaan aplikasi satu ini, Anda bisa melakukan pendataan proyek tanpa ada batasan pengguna. Sehingga, Anda bisa memasukkan seluruh tim di dalam tools ini.

2. Cards

Fitur dari Trello berikutnya adalah Cards. Fitur ini memiliki peranan sangat penting sebab berfungsi untuk menampilkan jobdesk. Contohnya seperti pencatatan tugas dengan deadline tertentu.

Anda juga bisa menggunakan card untuk mencatat peraturan maupun kebijakan perusahaan. Card dapat digunakan oleh siapa saja tanpa batasan fitur. Sehingga pencatatan informasi terkait jobdesk maupun informasi lainnya bisa Anda lakukan dengan mudah.

Cara penggunaannya, Anda dapat klik “Add a card..” pada bagian bawah list. Selanjutnya Anda bisa memberikan sama sesuai dengan jobdesk maupun informasi yang perlu dicatat.

3. List

Fitur list disediakan oleh Trello sebagai media untuk membuat tampilan cards menjadi lebih rapi. Anda bisa menganggapnya semacam workflow. Di mana, pada tiap list Anda bisa membuat kategori mulai dari Page 1 (proyek yang akan berjalan), Page 2 (proyek yang saat ini sedang berjalan), dan Page 3 (pekerjaan yang telah selesai dikerjakan).

Tampilan dari workflow pada fitur list sangat sederhana. Tetapi, peranannya dalam membantu keberhasilan kolaborasi proyek cukup besar.

Anda bisa melakukan pemindahan data terkait aktivitas proyek yang saat ini berjalan. Contohnya, ketika projek pada list Page 1 sedang berjalan, maka Anda dapat memindahkan data pada list Page 2. Jika pekerjaan selesai sesuai deadline, segera pindah ke list Page 3.

4. Menu

Fitur lain yang tidak kalah menarik terdapat pada Trello adalah Menu. Anda bisa mendapatkan fitur ini pada bagian kanan Board Trello. Di mana fungsinya sebagai pusat pengaturan board. Sehingga, keseluruhan aktivitas, filter card, dan pemantauan dapat Anda lihat melalui tools ini.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Trello untuk Produktivitas Kerja

Aplikasi berbasis web ini memiliki memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Beberapa diantaranya dapat Anda simak pada penjelasan lengkap berikut ini :

1. Memiliki Sistem Penggunaan Fleksibel

Efisiensi penggunaan Trello membuat aplikasi satu ini sangat fleksibel untuk siapa saja pemakainya. Mulai dari untuk kepentingan pribadi, kantor, maupun urusan bisnis.

Memanfaatkan aplikasi gratis ini, Anda bisa membuat management task dengan lebih efektif. Selain itu, Anda juga bisa mengatur dan memantau kinerja proyek melalui pembuatan board. Sehingga, setiap catatan bisa Anda list dengan penjelasan secara detail.

2. Meningkatkan Produktivitas Menggunakan Fitur Power-Ups

Trello memiliki fitur unik Bernama Power-Ups. Pembuatannya berdasarkan data penggunaan banyak pihak yang tidak hanya memakai satu aplikasi. Sehingga, untuk meningkatkan efisiensinya aplikasi ini mengeluarkan fitur unggulan tersebut.

Baca juga : Tutorial Install Notion di Windows 11

Power-Ups bisa Anda gunakan untuk integrasi pada aplikasi pendukung lainnya. Mulai dari Slack, Evernote, Notion, dan beberapa aplikasi produktif lainnya. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu berganti situs berkali-kali, cukup lakukan semua pekerjaan dalam satu tempat saja.

3. Memudahkan Pengguna Mencari Inspirasi dari Orang Lain

Manfaat lain dari penggunaan Trello, Anda bisa mengambil berbagai inspirasi dari sesama pengguna aplikasi ini. Sehingga, meskipun masih awam pada penggunaan Trello. Anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk memulai membuat board dengan tampilan menarik.

4. Memudahkan Pengguna Menata To Do List dengan Sticky Notes Rapi

Apakah Anda masih menggunakan sticky notes manual dan menempelkannya pada dinding kamar? Di era digitalisasi saat ini, sudah saatnya untuk memanfaatkan teknologi dengan baik. Salah satunya dengan menggunakan Trello.

Pada aplikasi satu ini, Anda bisa membuat sticky notes dengan akses mudah kapan saja. Setiap catatan yang Anda buat bisa diatur dengan rapi. Sehingga, tampilannya dapat lebih menarik sesuai kreatifitas pengguna masing-masing.

5. Memberikan Fitur Pengingat Deadline

Tidak hanya membuat jadwal pengerjaan, Anda juga bisa mengaktifkan fitur pengingat deadline. Pada fungsi ini Anda bisa melakukannya di menu Cards.

Sistem kerjanya, ketika waktu deadline sudah dekat. Cards akan berubah warna menjadi kuning. Selain itu, Trello juga akan memberikan peringatan melalui email sehingga pengerjaan projek akan sesuai dengan deadline.

6. Memiliki Fitur Checklist 

Berapa banyak aplikasi yang memberikan fasilitas checklist? Menggunakan Trello Anda bisa memanfaatkannya untuk setiap pekerjaan yang telah Anda buat to do list dalam satu cards. Sehingga, progress pekerjaan dapat Anda cek dengan mudah.

Cara Menggunakan Aplikasi Trello di Laptop

Untuk dapat merasakan berbagai manfaat dan fitur yang diberikan oleh Trello. Anda wajib mengetahui beberapa cara menggunakan Aplikasi Trello di laptop berikut ini :

1. Membuat Akun

Buat Akun Aplikasi Trello

  • Buka halaman Trello pada situs pencarian, baik menggunakan Google maupun Mozilla Firefox

Anda dapat membuka Aplikasi Trello berbasis web disini

  • Klik Login jika sudah memiliki akun

Jika Anda belum memiki akun, pastikan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan akun Google, Microsoft, maupun Apple pada bagian Sign Up. Dalam hal ini Tutorialae menggunakan akun Google.

Baca juga : Cara Daftar Akun Telegram di Laptop

  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk membuat tim.

Isi keseluruhan data mulai dari Name your team, choose your team type, kemudian klik tombol biru continue.

  • Tampilan Free team dan Business Class Team

Pada halaman ini, Anda dalam menekan tombol abu-abu ‘start without business class’ di bagian bawah.

  • Berikutnya, Anda sudah bisa melakukan pembuatan board

2. Membuat Board

Membuat Board di Trello

Setelah selesai mendaftarkan akun pada aplikasi berbasis web ini. Selanjutnya, Anda bisa langsung menggunakannya dengan membuat board.

  • Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu klik Create a New Board pada halaman utama untuk membuat personal board maupun tim board.
  • Kemudian isi kolom sesuai dengan perintah. Mulai dari nama, tingkat privasi, serta background pada board. Jika Anda menggunakan tim board, maka seluruh anggota dapat melihat tugas pada board ini
  • Pada bagian privasi, usahakan Anda memilih Team Visible untuk meminimalisir Google melakukan indeks dan projek dapat diketahui oleh banyak pihak.

3. Membuat List Pada Aplikasi Trello

Membuat List di Trello

Jika tahap board sudah berhasil Anda lakukan. Sekarang, Anda bisa membuat Lists pada aplikasi Trello.

  • Klik menu “Add a list” yang terletak dibagian kanan samping cards.
  • Anda bisa melakukan pembuatan Lists berulang, hingga mendapatkan catatan sesuai dengan kebutuhan

List dengan fungsi sebagai workflow, Anda bisa mengatur setiap perkembangan projek di dalam halaman ini. Mulai dari ide konten, proses penulisan, hingga uploading pada website.

4. Menambahkan Cards di Halaman Aplikasi Trello

Membuat Cards di Trello

Terakhir, Anda bisa mengikuti perintah penambahan Cards. Caranya dengan mengklik “Add a card” pada kolom bagian bawah list. Kemudian, Anda bisa mengatur pekerjaan dan menyimpannya agar dapat dikerjakan oleh tim.

Pada menu ini, Anda bisa menambahkan berbagai macam informasi :

  • Project per Member

Pada halaman ini Anda dapat mengatur setiap anggota tim yang akan bertanggung jawab pada pekerjaan projek. Klik Members di Cards, kemudian pilih setiap anggota dengan menekan foto profil miliknya.

  • Menambahkan Catatan maupun Lampiran untuk Pemberian Informasi

Efisiensi penggunaan Trello, memudahkan Anda untuk mencatat setiap informasi penting agar tidak terlewat. Hal ini bisa berguna sebagai pengingat terkait detail projek.

Baca juga : Rekomendasi 12 Tools Terbaik Peningkat Produktivitas

Lampiran biasanya digunakan sebagai referensi maupun penunjang untuk menyelesaikan projek.

  • Mengatur Deadline Proyek

Deadline pekerjaan setiap anggota, bisa Anda atur pada masing-masing tugas menggunakan opsi Due Date. Untuk meminimalisir keterlambatan, Anda bisa mengirim peringatan 1-2 hari sebelum deadline.

Informasi ini nantinya akan tersampaikan melalui alamat email dan perubahan warna kuning di bagian cards.

  • Penambahan Label

Pada fitur ini, Anda bisa memanfaatkannya sebagai ‘pembeda’. Di mana nantinya Anda dapat melakukannya untuk memisahkan setiap kategori

  • Checklist Pada Cards

Checklist akan memudahkan banyak pihak mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan. Pada aplikasi ini, Anda bisa memanfaatkannya dengan mencentang perintah untuk membantu menyelesaikan tugas.

  • Diskusi Bersama Tim Melalui Kolom Komentar

Jika Anda membutuhkan forum diskusi di Aplikasi ini. Anda bisa memanfaatkan kolom komentar untuk saling berbagi informasi.

  • Pengecekan Riwayat Aktivitas

Melakukan pengecekan produktivitas kerja sangat penting dilakukan. Hal ini berfungsi untuk memantau progress pekerjaan. Anda dapat melihatnya dengan mengklik Show Details, kemudian riwayat lengkap aktivitas akan muncul.

  • Move and Copy Cards

Opsi terakhir ini berfungsi untuk melakukan pemindahan ataupun menyalin card yang telah Anda buat. Di mana, isinya berupa Lists maupun Board.

Penutup

Penjelasan di atas memberikan banyak informasi penting mengenai penggunaan Aplikasi Trello. Mulai dari pengertian singkat, fitur apa saja yang bisa Anda dapatkan pada Aplikasi, manfaat penggunaan, hingga cara menggunakan Aplikasi Trello berbasis web di Laptop.

Baca juga : Tutorial Install Zoom di Windows 11

Bagi Anda yang ingin meningkatkan produktivitas kerja menjadi lebih efisien. Aplikasi Trello bisa Anda pertimbangkan dengan baik. Sebab, selain memudahkan proses management task, Anda bisa mengatur setiap schedule dengan mudah.

Tutorialae akan selalu berusaha memberikan informasi penting mengenai tutorial, cara, serta tips and trik dalam bidang teknologi dan produktivitas. Sehingga, Anda bisa mengetahui banyak hal melalui situs kami. Semoga informasi di atas memberikan manfaat dan terus ikuti artikel terbaru dari Tutorialae.com.

Tinggalkan komentar