Tutorial Input Data di Excel Otomatis dan Cepat 2022

Share

Beberapa tahun belakangan, tutorial input data di excel otomatis menjadi topik pencarian banyak orang. Pasalnya, tools ini memiliki nilai fungsi cukup tinggi. Terutama dalam pengolahan data yang berkaitan dengan angka.

menginput data merupakan suatu kegiatan untuk memasukkan berbagai macam data dalam satu file. Biasanya tugas ini dilakukan oleh seorang admin dalam sebuah perusahaan. Mempercepat proses pengerjaan, tentu membutuhkan suatu tools atau alat bantu agar sistem dalam perusahaan dapat berjalan dengan lebih efektif.

Berdasarkan permasalahan tersebut, excel merupakan jenis tools untuk mempermudah pekerjaan. Pengoperasiaan aplikasi ini sendiri juga cukup mudah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fitur secara lengkap dibandingkan dengan tools jenis lain. Sehingga, pemilihan aplikasi olah data ini memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan.

Mengenal Fitur Flash Fill dan Manfaatnya Dalam Melakukan Input Data di Excel

Flash fill merupakan salah satu penawaran fitur dari microsoft excel untuk memudahkan Anda dalam melakukan olah data secara cepat. Menggunakan fitur ini, Anda bisa menginput data mulai dari nama lengkap dengan pembagian nama depan dan nama belakang secara terpisah secara otomatis.

Jika masih bingung dengan konsep flash fill. Anda dapat mempelajarinya secara perlahan, sebab fitur ini tidak jauh berbeda dari Auto fill. Di mana, cara autofill di excel lebih menjurus kepada pembentukan pola berdasarkan baris maupun kolom. Sedangkan, pada flash fill Anda dapat melakukan olah data dengan lebih kompleks lagi.

Beberapa manfaat dari penggunaan Flash Fill dalam fitur excel antara lain :

  1. Perubahan format data secara cepat
  2. Mengambil teks dan huruf dalam satu pilihan
  3. Memisahkan teks dalam satu kolom
  4. Menggabungkan kembali teks dari beberapa kolom
  5. Mengubah huruf menjadi bentuk kapital maupun kecil
  6. Membuat akronim
  7. Melakukan pengambilan angka dari beberapa isian dalam 1 kolom yang sama
  8. Membuat format date seperti pada data tanggal, bulan, dan tahun

Tutorial Input Data di Excel Otomatis dengan Memanfaatkan Fitur Flash Fill

Sebelum melakukan olah data, pastikan Anda mengetahui cara mengaktifkan fitur flash fill terlebih dahulu. Beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mengikuti tutorial input data di excel otomatis lebih cepat sebagai berikut :

  1. Tab Home -> Editing -> Fill -> Flash Fill
  2. Masuk ke DATA kemudian pilih Group Data Tools Kemudian Aktifkan Flash Fill
  3. CTRL + E

Jika Anda sudah berhasil mengaktifkan fitur Flash Fill, sekarang lakukan proses olah data yang sudah dibahas sebelumnya dengan lebih mudah. Beberapa contoh input data dengan memanfaatkan fitur Flash Fill sebagai berikut ini :

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

1. Melakukan Pengubahan Format Pada Data

Tutorial input data di excel otomatis yang pertama terkait pengubahan format pada data dapat menggunakan fitur Flash Fill. Tidak hanya berupa teks saja, Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk keperluan format angka.

Contoh jika dalam pembuatan data pada kolom A2 berisikan sebuah angka dengan format penomoran “081-234-672-552”, namun dapat beberapa kondisi ternyata diharuskan menulis dengan format “6281234672552”. Maka kamu dapat memanfaatkan fitur Flash Fill untuk memudahkan pengerjaan.

Teknik memasukkan data pada microsoft excel hanya perlu Anda lakukan dengan menekan Ctrl+E pada kolom B3. Kemudian, untuk penulisan kebawah akan mengikuti klausa atau rumus yang sudah dibuat pada kolom sebelumnya.

2. Memisahkan Teks ataupun Huruf

Dalam beberapa pengerjaan, Anda tentu membutuhkan cara membuat tabel di excel dengan rumus. Namun, dengan menggunakan fitur Flash Fill, Anda bisa melakukan input data dengan tutorial lebih ringkas dan simpel.

Contoh pengerjaan seperti ketika ingin memisahkan kategori nama depan dan nama belakang. Jika dalam kolom A terdapat nama lengkap, dan Anda ingin membaginya pada kolom B dan juga C.

Maka hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menuliskan nama depan pada kolom B2 misal Anggela, dan nama belakang pada kolom C2 seperti Putri Cantika.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menekan Ctrl + E pada kolom di bawahnya yaitu B3 dan C3 untuk mendapatkan hasil sesuai format tutorial input data di excel otomatis pada kolom di bagian atasnya.

3. Membuat Akronim

Excel merupakan jenis tools yang memanfaatkan banyak rumus ‘fungsi’ dalam pengolahan datanya. Namun, jika Anda belum terbiasa dalam menghapalkan rumus tersebut. Anda dapat mencoba tutorial input data di excel otomatis.

Pada kasus pembuatan akronim, Anda bisa memulainya dengan menulis nama barang pada kolom A2 ke bawah dan B2 untuk kode akronim yang Anda inginkan. Seperti contoh pensil warna dengan akronim ‘pw’.

Setelah itu, Anda bisa langsung menekan Ctrl+E pada kolom B3. Maka data dengan akronim yang Anda inginkan akan otomatis mengikuti jenis singkatan yang sudah pernah Anda buat sebelumnya.

Beberapa langkah lain dengan pemrosesan format berdasarkan data pembahasan di atas, dapat Anda lakukan seperti penerapan sebelumnya. Anda hanya perlu menekan ctrl+E pada kolom di bawah format yang sudah tertulis.

Cara ini cukup efektif dan mudah untuk Anda. Selain itu, juga menghemat banyak waktu sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan atau editing versi data lain. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti setiap tutorial input data di excel otomatis agar mendapatkan tips pengerjaan bermanfaat dan efektif dilakukan.

2 pemikiran pada “Tutorial Input Data di Excel Otomatis dan Cepat 2022”

Tinggalkan komentar